Beberapa Tips Mudah Menjaga Aki Mobil Toyota Avanza Dapat Tahan Lama

18/01/2021

Sumber kelistrikan pada mobil adalah aki, oleh sebab itulah pemilik diharapkan untuk melakukan perawatan pada komponen satu ini. Dalam pembahasan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai tips menjaga aki mobil Toyota Avanza supaya tetap awet dan dapat bertahan lama.

Toyota Avanza menjadi salah satu kendaraan MPV yang banyak diminati masyarakat Indonesia. Dari perkotaan sampai ke daerah tergolong mudah untuk menemui mobil besutan Toyota ini. Meskipun begitu saat memilikinya perawatan perlu dilakukan, salah satunya adalah menjaga aki mobil Toyota Avanza supaya dapat bertahan lama.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota avanza

Toyota Avanza mudah ditemukan di perkotaan atau di daerah

>>> Lihat Juga, Mengetahui Tekanan Angin Ban Toyota Avanza? Dan Cara Merawat Ban

Jika pemilik enggan atau tidak memperhatikan bagian ini maka bisa saja merasa kaget apabila aki mati secara tiba-tiba. Apabila mengalami hal tersebut maka mobil akan susah untuk dinyalakan dan jika sedang terburu-buru karena hal penting maka akan sangat merepotkan.

Jika kondisi aki mobil tetap dalam keadaan prima maka perjalanan lebih nyaman dan  menyenangkan. Hal tersebut karena pada kendaraan terdapat banyak komponen yang mengandalkan aki sebagai sumber utama tenaga listrik yang dibutuhkan seperti lampu-lampu dan juga sistem entertainment kendaraan.

Berikut ini merupakan beberapa tips mudah menjaga aki mobil Toyota Avanza tetap awet dan bertahan lama.

1. Menjaga kebersihan Aki Mobil Toyota Avanza

Hal pertama yang dapat dilakukan oleh pemilik mobil adalah dengan melakukan pembersihan. Sobat bisa melakukannya dengan membuka kap mesin terlebih dahulu dan menyiapkan kain lap yang bersih yang berguna untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Umumnya di bagian kutub aki juga terdapat kotoran yang berupa serbuk putih. Bersihkan aki dan juga kutubnya dengan lap, jika serbuk putih tidak hilang bisa mengandalkan sikat besi dilakukan dengan perlahan.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan mesin dan aki mobil Toyota Avanza

Menjaga kondisi aki mobil ditujukan supaya awet dan bisa bertahan lama

>>> Baca Juga, Berniat Memasang Cover Jok Mobil Toyota Avanza, Ini Tahapan Dan Biayanya

2. Pastikan Klem Aki Terpasang Dengan Erat

Jika dilihat memang klem aki terbilang sepele. Namun fungsinya cukup penting karena untuk menjaga aki tetap berada di tempatnya. Pastikanlah bahwa aki terikat dengan kuat di klem dan tidak bergoyang. Jadi jika aki goyang-goyang saat melintasi jalanan yang kurang bagus bisa membuat posisi aki jadi terpengaruh. Adapun kemungkinan terburuk yang dapat terjadi adalah terjadi korsleting atau hubungan arus pendek karena disebabkan getaran yang terjadi saat melintasi jalanan yang kurang bagus. Apabila hal tersebut terjadi maka bisa membuat potensi kebakaran dapat dialami mobil Toyota Avanza. Oleh sebab itu hal ini perlu diperhatikan.

3. Mematikan Lampu Saat Ditinggal

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah ketika selesai berkendara. Jangan lupa untuk mematikan lampu kendaraan sebelum mobil ditinggal. Karena jika lampu masih dalam keadaan on meskipun mesin sudah mati  bisa membuat arus listrik pada aki mobil cepat habis. Jika kehabisan maka nantinya mobil akan sulit distarter ketika berniat menyalakan kendaraan.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar  ini menunjukkan proses pengencangan klem Aki Toyota Avanza

Pasang klem aki harus kencang jangan sampai kendor

Itulah beberapa cara untuk menjaga aki mobil Toyota Avanza tetap awet. Semoga bisa bermanfaat dan selalu jaga kondisi mobil Sobat dengan melakukan servis berkala secara rutin.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Beberapa Alasan Mengapa Punya Alat Pengukur Tekanan Angin Ban Menguntungkan

    Beberapa Alasan Mengapa Punya Alat Pengukur Tekanan Angin Ban Menguntungkan

    Abdul

    Ban mobil mempunyai tekanan angin di dalamnya. Ditambah lagi komponen ini berhubungan langsung dengan aspal jalanan sehingga kondisinya perlu diperhatikan. Pada saat kekurangan angin diharapkan menambahkannya sesuai rekomendasi pihak pabrikan. Untuk bisa mengetahui apakah angin pada ban mobil sudah sesuai atau tidak maka perlu menggunakan alat pengukur tekanan angin ban.

  • Mengetahui Fakta Menarik Toyota Raize 2021, SUV Kompak Dengan Desain Sporty

    Mengetahui Fakta Menarik Toyota Raize 2021, SUV Kompak Dengan Desain Sporty

    Abdul

    Toyota Raize merupakan mobil yang sudah dibekali dengan mesin turbo. Dimana kehadirannya cukup menarik banyak kalangan. Masuk dalam segmen mobil SUV kkompak siap mendukung pengendaraan pemiliknya dalam beraktivitas dan ke tempat yang diinginkan. Nah kali ini kami akan membahas mengenai fakta menarik Toyota Raize 2021.

  • Baru Pertama Kali, Ini Hal Sederhana Dalam Mengemudi Toyota Avanza Matic Tapi Penting

    Baru Pertama Kali, Ini Hal Sederhana Dalam Mengemudi Toyota Avanza Matic Tapi Penting

    Abdul

    Sistem transmisi mobil Toyota Avanza ada yang manual dan ada yang matic. Mobil ini masuk dalam segmen MPV yang banyak dijadikan andalan sebagai kendaraan keluarga. Dari segi kapasitas penumpang terbilang mumpuni, apalagi varian matic dapat mudah untuk dikendalikan. Nah jika mengemudi Toyota Avanza matic maka kepraktisan dan kenyamanan akan dirasakan pengemudi.

International