Beberapa Tips Menata Barang Bawaan Di Dalam Mobil

28/08/2018

Pada saat ingin melakukan perjalanan wisata atau liburan bersama keluarga menggunakan Mobil pribadi, tentu barang yang dibawa tidaklah sedikit. Ditambah lagi jumlah penumpang yang ikut cukup banyak sehingga jika diperkirakan jok telah penuh terisi. Dalam hal ini menata barang bawaan di dalam Mobil harus dilakukan dengan baik. Tujuannya adalah semuanya terbawa dan tidak ada yang ketinggalan atau mengalami masalah.

Dalam menata barang bawaan di dalam Mobil sebaiknya harus pintar. Kadangkala dalam Mobil terlihat sempit akibat penataan barang yang kurang rapi, sehingga mengurangi terlalu banyak ruang yang sebenarnya dapat digunakan untuk hal lain. Bahkan penataan yang tidak tepat dapat mengganggu dalam hal kenyamanan berkendara, apalagi pada Mobil mini yang tentunya akan lebih rumit.

Nah berikut ini beberapa tips yang dapat dicoba untuk menata barang bawaan di dalam Mobil.

1. Mengutamakan barang yang dibutuhkan

Gambar ini menunjukkan beberapa kotang diletakkan di dalam Mobil

Barang yang penting dan dibutuhkan diletakkan di dalam kabin Mobil dan mudah dijangkau

Ruang kabin Mobil sebenarnya untuk penumpang dan bagasi Mobil adalah tempat barang. Di dalam kabin bisa juga untuk menempatkan beberapa barang, namun jumlahnya tidak banyak. Oleh sebab itu jika ingin menempatkan barang di dalam kabin Mobil sebaiknya yang paling dibutuhkan selama perjalanan. Untuk barang lainnya ditempatkan di bagasi Mobil.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

2. Mengemas dan menatanya dengan rapi

Dalam menata barang sebelum dimasukkan ke dalam bagasi, lebih baik ditata pada tas atau koper yang simpel. Dengan begitu saat proses penempatan di dalam bagasi ataupun kabin untuk barang yang kecil dapat lebih mudah. Selain itu bisa juga menggunakan koper atau travelling bag yang mempunyai roda, dengan begitu akan lebih mudah dalam proses pemindahan dan juga penggeseran.

Gambar ini menunjukkan beberapa koper dan tas serta barang lainnya berada dalam bagasi Mobil

Penataan yang rapi akan leih banyak barang yang dapat dibawa

Dalam penataannya dengan menempatkan pakaian dan juga barang yang paling besar dimasukkan terlebih dahulu di dalam tas, kemudian diikuti dengan yang agak kecil dan paling kecil. Dengan begitu muatan tas akan lebih banyak. Proses penataan di dalam bagasi pun juga sama, taruh koper terbesar atau tas di bagian bawah dan agak ke dalam. Setelah itu diikuti dari yang agak kecil dan terkecil seperti diletakkan di atasnya. Dalam hal ini perlu diingat untuk meletakkan barang yang kerap digunakan di bagian paling atas.

>>> Mungkin tertarik, 6 Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas yang Wajib Diketahui

3. Hindari tumpukan barang menutupi kaca belakang

Gambar ini menunjukkan seorang pria sedang menata barang di bagasi Mobil sampai penuh

Hindari menumpuk barang sampai menutup jendela belakang supaya tetap bisa melihat belakang saat berkendara

Pada saat menata barang bawaan di dalam Mobil harus benar-benar memperhatikan segala sesuatunya dengan baik. Jangan sampai membuat pandangan terhadap keadaan sekitar menjadi terhalang. Kerap terjadi pemilik kendaraan menata barangnya sampai menutupi keca belakang. Tentunya jika sudah begitu akan sulit untuk melihat kondisi belakang Mobil. Untuk meningkatkan kewaspadaan dan juga kenyamanan selama perjalanan, selalu berwaspada di sekitar seperti bagian kanan, kiri, depan dan belakang sangatlah diperlukan. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk tidak menumpuk barang bawaan sampai menutupi kaca belakang. Dalam menumpuk barang dapat diratakan dengan jok bagian belakang di dalam kendaraan.

4. Tumpuk dengan rapat dan tidak bergeser

Gambar ini menunjukkan beberapa barang di bagasi Mobil dan diberi jaring

Pemasangan jaring di bagasi Mobil mengurangi resiko kerusakan barang bawaan

Dalam menata barang bawaan sebaiknya dilakukan serapat mungkin, jangan sampai ada ruang untuk tas atau koper dapat bergeser. Karena jika saat melakukan perjalanan dan barang bawaan bergeser kesana sini bisa beresiko bahaya. Seperti misalnya saat pengemudi melakukan manuver, maka barang bawaan akan bergeser dan bisa juga merusak barang bawaan.

Bisa juga dengan menggunakan jaring untuk pengikat agar lebih kuat dan tidak mudah bergeser. Untuk mendapatkannya bisa didapatkan di toko perlengkapan atau aksesoris Mobil dengan harga cukup terjangkau.

>>> Mungkin tertarik, Melirik Akses Mudah Toyota Sienta Dan Sangat Praktis

5. Gunakan roof rack dengan bijak

Gambar ini menunjukkan seorang pria sedang memegang roof rack pada Mobil

Membawa barang di atas atap juga harus mempertimbangkan berat maksimal yang mampu diangkut kendaraan

Selain memasukkannya ke bagasi Mobil dan juga kabin, terdapat cara lain untuk membawa barang bawaan yaitu menggunakan roof rack. Namun dalam penempatannya terdapat hal yang perlu diperhatikan yakni aspek aerodinamis. Perlu diingat, saat membawa barang di atas atap maka beban akan berpindah. Dengan begitu kestabilan Mobil menjadi kurang maksimal. Jadi jika mungkin tidak menggunakan barang bawaan yang terlalu berat atau berlebihan diletakkan di atas atap atau roof rack.

Itulah beberapa tips menata barang bawaan di dalam Mobil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

International