Beberapa Tips Berkendara Di Bulan Puasa Dengan Mobil Ala Toyota

15/05/2018

Bulan ramadhan hampir tiba, yang dimana umat Islam akan berpuasa sebulan penuh karena merupakan suatu kewajiban. Pada saat berpuasa akan ada waktu berbuka yaitu setelah magrib datang dan sahur sebelum subuh. Dengan berpuasa memang tidak seperti hari-hari sebelumnya, energi akan lebih cepat berkurang begitu juga dengan tenaga yang ada pada tubuh. Berkendara di bulan puasa juga harus lebih berkonsentrasi dan menjaga stamina supaya tetap fokus.

Berkendara di bulan puasa biasanya akan lebih berat, hal tersebut dikarenakan mudah terserang rasa kantuk dan lelah. Apabila terserang masalah ini bisa membahayakan ketika sedang mengemudikan Mobil Toyota.

Untuk menjaga kondisi tubuh dan tetap dapat berkendara dengan baik meskipun sedang berpuasa, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk dapat berkonsentrasi saat berkendara meskipun sedang berpuasa adalah dengan berolahraga ringan. Anda bisa melakukannya di pagi hari sebelum melakukan segala aktivitas yang Anda miliki. Apabila terasa mengantuk maka jangan dipaksakan untuk mengemudi Mobil, namun beristirahatlah sejenak agar stamina tetap terjaga.

Gambar ini menunjukkan sebuah jalanan yang sedang macet dari kedua arah

Bulan puasa saat menjelang berbuka jalanan sering macet

Pada saat rasa kantuk melanda ketika sedang berkendara, maka sebaiknya menepikan Mobil dan beristirahat sejenak, pastikan tempat Anda meminggirkan Mobil aman dan tidak mengganggu pengendara lain. Tujuannya adalah supaya tubuh kembali segar dan dapat berkendara di bulan puasa kembali dengan lebih segar.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang review Mobil terbaru

Untuk menghilangkan rasa kantuk bisa juga dengan mencari udara segar dengan berjalan-jalan sebentar. Selain itu jika sudah berkendara kembali, Anda harus bersabar dan sebisa mungkin menghindari pertikaian dengan pengguna jalan lain. Melajulah dengan kecepatan yang tidak terlalu tinggi untuk menjaga konsentrasi serta stamina tubuh agar tidak cepat terkuras.

Gambar ini menunjukkan seorang pengemudi sedang mengemudi di dalam mobil dan terdapat banyak pohon di depannya

Mengemudi Mobil saat berpuasa membutuhkan kondisi tubuh yang baik

Saat ingin berkendara di bulan puasa memang diperlukan kondisi tubuh yang baik. Apabila terasa sudah tidak sanggup menahan atau mengatasi rasa lelah yang melanda tubuh, maka sebaiknya memilih jalur yang lebih baik. Jadi Anda bisa menumpang pada Mobil teman atau memanggil taksi untuk mengantarkan menuju tempat tujuan. Dengan begitu Anda bisa beristirahat sebentar di dalam Mobil karena tidak sambil mengemudi.

>>> Baca juga, Beberapa Tips Mudik Ala Bengkel Toyota yang Perlu Diperhatikan

Perlu diperhatikan, saat menjelang azan magrib harus lebih mengingkatkan kewaspadaan. Mengingat berkendara di bulan puasa dalam waktu tersebut sangat rawan kemacetan. Para umat muslim akan berbondong-bondong untuk sampai rumah atau mencari tempat berbuka puasa.

Salah satu cara untuk menghindari kemacetan adalah dengan mencari jalur alternatif. Anda juga bisa menunggu sejenak, karena setelah tiba waktu berbuka biasanya jalanan menjadi agak sepi karena umat muslim akan membatalkan puasa dengan berbuka.

Anda bisa berjaga-jaga untuk persiapan berbuka dengan membawa bekal atau membeli makanan ringan dan minuman sebelum melakukan perjalanan. Apabila tujuan perjalanan Anda ternyata cukup jauh, maka selain menyiapkan bekal harus tahu jadwal berbuka puasa. Tujuannya adalah untuk tidak melewatkan waktu untuk berbuka.

>>> Mungkin Anda tertarik, inilah daftar Harga Mobil Toyota terbaru yang ditawarkan oleh Cintamobil.com

Hal yang terpenting saat berkendara di bulan puasa adalah tetap tenang dan sabar. Apalagi menjelang waktu berbuka puasa, lebih baik tidak terburu-buru agar perjalanan tetap nyaman. Jangan sampai membahayakan keselamatan baik untuk diri sendiri dan pengendara lain.

Gambar ini menunjukkan seorang pria memegang sebuah kertas dengan tulisan takjil gratis

Berbukalah saat waktunya untuk mengisi kembali energi yang hilang selama berpuasa

Berkendara di bulan puasa memang kerap dilakukan untuk tetap melakukan aktivitasnya. Selain itu berbuka saat di perjalanan juga tidak ada salahnya.

Untuk berbuka puasa saat menempuh perjalanan sebaiknya menyiapkan segala sesuatunya, seperti makanan dan minuman. Selain itu Anda juga harus tahu jadwal berbuka, karena tidak semua jalan yang dilewati dapat terdengar suara azan magrib. Tidak hanya itu saja, saat sudah waktunya serta makanan dan minuman sudah disiapkan, alangkah baiknya menepi terlebih dahulu. Untuk keselamatan jangan makan sambil mengemudi Mobil.

Abdul Kosim
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Melirik Perbedaan interior Toyota Calya Tipe E dan G Yang Nyaman Saat Dikendarai

    Melirik Perbedaan interior Toyota Calya Tipe E dan G Yang Nyaman Saat Dikendarai

    Abdul Kosim

    Mobil LCGC merupakan kendaraan ramah lingkungan yang terkenal akan keiritannya dalam konsumsi bahan bakar. Salah satu kendaraan dalam segmen ini adalah Toyota Calya yang dikenal sebagai Mobil keluarga 7 penumpang yang nyaman. Terdapat fitur keselamatan di dalamnya untuk mendukung rasa aman saat mengendarainya. Calya terbagi menjadi 2 tipe yakni E dan G. Jika dilihat dari bagian dalamnya, apa sih perbedaan interior Toyota Calya tipe E dan G?

  • Cara Merawat Toyota Avanza Veloz Agar Tetap Prima

    Cara Merawat Toyota Avanza Veloz Agar Tetap Prima

    Abdul Kosim

    Setiap kendaraan dapat mempunyai kondisi yang baik atau buruk tergantung pemiliknya. Mobil juga membutuhkan perawatan supaya tetap dalam kondisi yang baik. Bahkan ada anggapan dari sebagian orang, bahwa Mobil merupakan rumah kedua bagi seseorang. Jadi bagi pemilik Veloz, merawat Toyota Avanza Veloz sangat diperlukan.

  • Perhatikan Tips Ini Sebelum Membeli Toyota Avanza Veloz Bekas

    Perhatikan Tips Ini Sebelum Membeli Toyota Avanza Veloz Bekas

    Abdul Kosim

    Toyota Avanza Veloz merupakan salah satu kendaraan idaman keluarga besutan Toyota. Mobil ini dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari ataupun keperluan usaha. Hal tersebut dikarenakan Mobil besutan Toyota ini mempunyai beberapa keunggulan seperti mampu menampung banyak penumpang, hemat bahan bakar, desain modern dan harga jual kembali yang cukup tinggi. Bahkan Toyota Avanza Veloz bekas juga kerap dicari oleh para konsumen.