Beberapa Solusi Untuk Pintu Belakang Toyota Avanza Yang Berisik

29/11/2018

Toyota Avanza merupakan salah satu mobil yang digemari oleh masyarakat semua kalangan baik pedesaan ataupun perkotaan. Sebagian orang memang tidak menyukainya, bahkan ada yang mencemoohnya. Namun hal tersebut tidak ada pengaruhnya, karena banyak mobil Avanza yang melaju di jalanan perkotaan maupun pedesaan. Masalah yang kadang bisa terjadi adalah pintu belakang Toyota Avanza yang berisik.

Pada saat berkendara tentunya akan sangat terganggu dengan pintu belakang Toyota Avanza yang berisik. Umumnya bunyi yang dihasilkan seperti kelereng yang sedang beradu. Untuk mengetahui letak permasalahan tersebut perlu ketelitian yang lebih.

Untuk mengatasi masalah pintu belakang Toyota Avanza yang berisik dari beberapa thread yang beredar di internet ada beberapa saran. Saran yang pertama adalah dengan membuka dahulu door trim kemudian melapisinya komponen di dalamnya menggunakan lakban. Apabila ternyata dengan menggunakan cara tersebut tidak berhasil, maka bisa mencoba cara selanjutnya.

Gambat ini menunjukkan pintu belakang Toyota Avanza yang sedang dibuka dan terlihat kursinya

Avanza merupakan mobil Toyota segmen MPV cocok untuk kendaraan keluarga

Untuk cara selanjutnya ada juga yang memberi saran dengan melakukan penggantian karet pintu yang melingkar dengan memakai karet dengan model balon, akan tetapi untuk mendapatkan karet model ini sangat sulit.

>>> Mungkin tertarik, Mengetahui Perbedaan Toyota Avanza Semua Tipe Yang Perlu Diperhatikan

Bahkan dari salah satu tempat servis juga memberikan saran untuk mengatasi masalah tersebut. Jadi apabila pintu belakang bunyi dan terbilang cukup mengganggu maka bisa jadi penyebabnya adalah salah satu karet hilang satu. Untuk bentuknya terbilang kecil namun mempunyai fungsi yang cukup penting yakni sebagai penahan pintu agar tetap tenang dan tidak muncul bunyi yang mengganggu.

Namun ternyata dengan melakukan hal tersebut masih muncul bunyi yang mengganggu saat melewati jalanan yang tidak rata. Setelah beberapa hal di atas dilakukan namun masih tidak hilang suara berisik pada pintu belakang, maka bisa dilakukan dengan cara terakhir. Adapun cara terakhir ini adalah dengan menambahkan lapisan karet dengan memakai potongan ban dalam yang perekatnya menggunakan bantuan velcro type yang dilansir dari halaman resmi Toyota. Dengan menggunakan cara ini masalah pintu Toyota yang berisik dapat terpecahkan.

Nah bagaimana menurut sobat semua, apakah pernah mengalami masalah tersebut. Jika sekarang masih mengalaminya bisa melakukan tips di atas supaya perjalanan lebih nyaman dan perjalanan tetap menyenangkan.

Namun dalam mengatasi pintu belakang Toyota Avanza yang berisik alangkah baiknya untuk membawanya ke bengkel resmi untuk segera dilakukan pengecekan. Karena masalah tersebut bisa juga dikarenakan oleh salah satu bagian atau komponen dari pintu belakang dan sekitarnya sudah aus atau mengalami kerusakan. Jika begitu maka akan dilakukan penggantian komponen yang telah aus dan pintu belakang tidak akan muncul suara berisik lagi.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

Gambar ini menunjukkan sebuah karet yang terdapat pada pintu mobil

Dengan mengetahui masalahnya maka kerusakan dapat ditangani lebih mudah dan cepat

Bahkan dalam masalah ini dari pihak Ahau yang merupakan moderator avanzaxenia.net di Jakarta juga memberikan penjelasan. "Penyebabnya bisa beraneka ragam, salah satunya lantaran ada komponen yang longgar," ujar Ahau.

>>> Mungkin tertarik, Apa Saja Sih Kelebihan Toyota Avanza Sehingga Banyak Peminat?

Jadi umumnya pada belakang trim pintu belakang mempunyai kabel dan juga tuas yang digunakan untuk mengunci dan membuka pintu. Apabila sering terguncang maka bisa membuat pengikatnya menjadi lepas. Jadi ketika sedang melewati jalanan yang kurang bagus suara yang mengganggu akan muncul.

Untuk langkah mengatasi pintu belakang yang berisik pihaknya menambahkan, untuk solusinya adalah dengan mengikat kembali komponen yang telah kendo tersebut dengan menggunakan cable ties atau lakban.

"Yang penting bikin komponen jadi enggak bergoyang, tapi jangan sampai menghambat kerja peranti yang ada," tambah Ahau.

Pihaknya juga memberikan tutorial pengerjaannya dengan mobil yang digunakan adalah Toyota Avanza 2007. Hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan membuka trim pintu, setelah itu dilanjutkan dengan melepas baut pengikatnya dengan bantuan obeng plus (+). Untuk baut ini berada di handle pintu, setelah terlepas barulah door trim ditarik dengan tangan sampai terlepas. Dalam melakukan proses tersebut jangan sampai melupakan untuk melepas soket power window.

>>> Baca juga, Inilah Modifikasi Audio Mobil Toyota Avanza Supaya Lebih Mantap

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang komponen pada pintu belakang mobil bagian dalam

Gunakan cara satu persatu untuk mengatasi masalah pintu belakang mobil yang berisik

Setelah itu dilanjutkan dengan mengikat bagian yang longgar seperti kabel dan juga tuas penarik kunci pintu dengan bantuan cable ties atau isolasi. Untuk tahap terakhir adalah dengan merapikan bagian yang telah diikat dan jangan sampai menjadi penghalang saat memasang trim pintu.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai masalah pintu belakang Toyota Avanza yang berisik. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Belum Tahu Teknologi VSC Dan HSA Pada Mobil Toyota, Berikut Penjelasannya!

    Belum Tahu Teknologi VSC Dan HSA Pada Mobil Toyota, Berikut Penjelasannya!

    Abdul

    Toyota merupakan salah satu pabrikan ternama asal Jepang yang memasarkan produk-produknya di berbagai negara, salah satunya adalah Indonesia. Pihaknya mengutamakan keselamatan dan keamanan untuk para pemilik mobil Toyota dengan memberikan fitur berteknologi mumpuni. Beberapa teknologi yang berguna untuk mencegah terjadinya kecelakaan fatal adalah VSC dan HSA pada mobil Toyota.

  • Hari-Hati, Ada Peringatan Di Fitur SRS Airbag Pada Toyota Fortuner Yang Tidak Boleh Dilakukan

    Hari-Hati, Ada Peringatan Di Fitur SRS Airbag Pada Toyota Fortuner Yang Tidak Boleh Dilakukan

    Abdul

    Berkendara menggunakan mobil tentu menginginkan selamat sampai tujuan tanpa ada masalah. Apalagi kecelakaan yang bisa menimbulkan cedera parah ataupun kematian. Oleh sebab itu dari pihak produsen memberikan fitur SRS Airbag pada Toyota Fortuner. Dengan adanya fitur ini menjadikan pengendara lebih tenang selama perjalanan.

  • Melirik Kelebihan Toyota Hilux S-Cab, Mobil Dengan daya Angkut Yang Besar

    Melirik Kelebihan Toyota Hilux S-Cab, Mobil Dengan daya Angkut Yang Besar

    Abdul

    Toyota Hilux S-Cab merupakan kendaraan komersial yang kerap digunakan untuk bisnis. Jadi dengan menggunakan mobil ini dapat membawa barang untuk kegiatan bisnis atau pindahan rumah. Mobil besutan ini sudah hadir di Indonesia beberapa puluh tahun lalu dengan menggunakan mesin yang cukup tangguh. Banyak kelebihan Toyota Hilux S-Cab sehingga banyak orang yang menyukainya.