Beberapa Persiapan Pada Mobil Sebelum Perjalanan Jauh Yang Perlu Diperhatikan

14/08/2018

Melakukan perjalanan dengan Mobil bagi pengendara mengutamakan kenyamanan. Selain itu, performa yang maksimal dengan fitur keselamatan yang mumpuni akan membuat perjalanan menjadi lebih sempurna. Jika ingin mendapatkan hal tersebut, tentu melakukan persiapan pada Mobil sebelum perjalanan sangatlah diperlukan.

Apabila kendaraan yang ditunggangi dalam keadaan yang baik, maka tidak akan khawatir saat berada di jalanan. Hal tersebut dikarenakan minimnya masalah yang terjadi pada kendaraan. Meskipun kadang kala terjadi juga hal yang tidak diinginkan setelah melakukan persiapan pada Mobil sebelum perjalanan. Namun setidaknya bisa lebih diminimalisir.

Berikut ini persiapan pada Mobil sebelum perjalanan jauh yang perlu diperhatikan.

1. Memeriksa oli mesin

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan sedang memegang stik untuk cek oli dan terdapat kain

Oli yang masih baik dan volumenya ideal membuat performa mesin lebih baik

Sebelum melakukan perjalanan melakukan pengecekan Mobil diperlukan. Seperti memeriksa oli mesin Mobil, apakah volumenya masih cukup dan di atas batas minimal atau sudah berkurang banyak. Dalam melakukan pemeriksaan bisa dilakukan dengan mengecek stik oli. Biasanya terdapat tanda F dan L yang dijadikan tanda untuk volume oli. Oli yang volumenya masih baik adalah berada sedikit di bawah tanda F.

 2. Memeriksa air radiator dan juga air reservoir

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang tutup radiator dan terlihat komponen mesin lainnya

Gunakan air coolant khusus radiator saat pengisian atau penambahan

Memastikan air radiator dalam kondisi penuh sebelum melakukan perjalanan juga diperlukan. Selain itu, untuk air reservoir tidak terlalu penuh tapi sesuai batas level. Tidak hanya itu saja, memeriksa selang radiator dan juga yang terhubung menuju selang reservoir juga diperlukan. Tujuannya agar tidak ada kebocoran yang dapat mengganggu perjalanan. Jika ditemui selang yang telah retak ataupun menggelembung, maka sebaiknya dilakukan penggantian.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

3. Memeriksa filter dan selang bahan bakar

Gambar ini menunjukkan selang bahan bakar dan terlihat beberapa kabel

Periksa dengan teliti jangan sampai selang bahan bakar bocor

Persiapan pada Mobil sebelum perjalanan jauh selanjutnya adalah memeriksa kondisi filter dan selang bahan bakar. Apabila kondisinya baik maka suplai bahan bakar juga maksimal dan tidak ada kebocoran serta filter dalam keadaan bersih.

4. Memeriksa kipas pendingin

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan sedang memegang daun kipas pada Mobil

Kipas pendingan pada Mobil juga perlu dilakukan pengecekan agar performa Mobil terjaga

Dalam pemeriksaan bagian kipas pendingin, jika putarannya dilakukan oleh belt maka memastikan kondisinya baik sangat diperlukan. Apabila sudah retak-retak maka perlu dilakukan pergantian. Selain itu, periksalah ketegangan pada tension beltnya supaya putarannya bisa maksimal. Sedangkan untuk yang dijalankan oleh motor listrik, sebaiknya memastikan kondisinya masih layak sangat diperlukan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil Toyota yang diulas oleh Cintamobil.com

5. Memeriksa aki Mobil

Gambar ini menunjukkan seseorang sedang memegang aki pada Mobil dengan kap terbuka

Memeriksa aki Mobil perlu dilakukan supaya tidak mogok di jalan

Dalam pemeriksaan aki bisa dilakukan dengan membersihkan kutub aki dengan sikat kawat. Jika aki basah perlu pengecekan pada air akinya, apakah masih berada pada batasnya atau sudah berkurang. Jika kurang dapat dilakukan penambahan air aki.

6. Memeriksa ban Mobil

Gambar ini menunjukkan seorang pria sedang mengatur tekanan angin pada ban Mobil

Pastikan tekanan angin ban Mobil ideal sebelum melakukan perjalanan

Ban merupakan satu-satunya yang berhubungan langsung dengan jalanan. Oleh sebab itu kondisinya haruslah baik supaya perjalanan tetap aman dan nyaman. Cek tekanan udara dan juga kembangan pada ban Mobil. Untuk tekanan angin ban normal biasanya 3- sampai 34 psi.

>>> Baca juga, Ingin Mengganti Ban Baru! Berikut Strateginya Yang Disesuaikan Dengan Budget

7. Memeriksa Rem dan lampu

Gambar ini menunjukkan lampu depan mobil sedang menyala dan lampu sein juga menyala

Lampu Mobil memiliki fungsi penting seperti lampu sein untuk tanda akan membelok

Dalam memeriksa sistem pengereman bisa dimulai dengan mengecek minyak rem Mobil. Pastikan masih berada di atas batas minimal. Selain itu memeriksa saluran yang menuju ke bagian master, apakah terjadi kebocoran atau tidak. Cobalah mencoba sistem pengereman dengan melaju maju sedikit dan direm. Dengan begitu akan didapati apakah masih bekerja dengan baik atau tidak.

Untuk bagian lampu juga perlu dicek, pastikan semua lampu menyala baik itu lampu sein ataupun lampu rem dan lampu lainnya.

Apabila masih ragu jika melakukan pengecekan sendiri, maka Anda bisa membawanya ke bengkel resmi. Dengan begitu persiapan pada Mobil sebelum perjalanan jauh akan lebih maksimal.

>>> Ingin beli Mobil bekas dengan harga bagus, kunjungi situs jual beli Cintamobil.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Mobil SUV Keren Toyota Rush 2019, Apa Yang Berubah?

    Mobil SUV Keren Toyota Rush 2019, Apa Yang Berubah?

    Abdul

    Di Indonesia pasar LSUV (Low Sport Utility Vehicle) sudah dimulai sejak tahun 1980. Hanya saja untuk Toyota Rush dihadirkan pertama kali pada tahun 2006. Sampai saat ini sudah dilakukan beberapa pembaruan sehingga tampil semakin modern dan juga menarik. Lantas apa yang baru pada Toyota Rush 2019?

  • Utamakan Keselamatan, Begini Tips Menghindari Pohon Tumbang Saat Musim Hujan

    Utamakan Keselamatan, Begini Tips Menghindari Pohon Tumbang Saat Musim Hujan

    Abdul

    Memasuki musim hujan tentu akan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pada saat kondisi tersebut akan ada potensi yang bisa membahayakan seperti pohon yang tumbang atau objek lain yang ukurannya besar. Apalagi kondisinya dibarengi dengan angin yang kencang, maka resikonya jadi semakin tinggi. Bagi pengendara mobil sebaiknya menghindari pohon tumbang untuk keamanan.

  • Inilah Langkahnya, 5 Tips Membeli Mobil Bekas Supaya Tidak Tertipu

    Inilah Langkahnya, 5 Tips Membeli Mobil Bekas Supaya Tidak Tertipu

    Franky Pratama

    Melihat penjualan mobil bekas yang kian meningkat, tentu pembaca setia juga harus tahu tips membeli mobil bekas supaya tidak tertipu. Akan dijelaskan banyak hal sehingga Anda tidak salah memilih dan merasa puas merasakannya. Untuk selengkapnya, berikut kita simak tips membeli mobil bekas.