Beberapa Perawatan Mobil Saat Di Rumah Dan Dilakukan Sendiri

31/03/2020

Mobil menjadi salah satu kendaraan yang nyaman, oleh sebab itu perawatan perlu dilakukan. Bahkan beberapa perawatan juga dapat dilakukan sendiri di rumah sehingga lebih meringankan biaya servis dan menjaga mobil tetap prima. Perawatan mobil yang dapat dilakukan sendiri ada beragam. Kami akan memberikan informasinya pada artikel kali ini.

Perawatan mobil memang sangat penting, beberapa hal bisa dilakukan sendiri. Apalagi saat ini sedang dihimbau untuk tetap berada di rumah terkait penyebaran wabah virus Covid-19. Sobat bisa mengisi kegiatan dengan melakukan beberapa pengecekan pada mobil yang dimiliki.

Berikut ini beberapa perawatan yang bisa dilakukan sendiri di rumah:

1. Mengecek Volume Air Radiator

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang derigen untuk mengisi air radiator

Periksa juga apakah ada kebocoran atau tidak

>>>  Baca Juga, Toyota Home Service, Banyak Keuntungan Didapat Pemilik Mobil

Volume air radiator menjadi salah satu hal yang cukup penting. Bagaimana tidak? fungsinya adalah untuk menjaga mesin mobil dapat bekerja dengan baik dan suhunya tetap stabil. Mengingat saat suhu mesin terlalu panas bisa menjadikannya beresiko terjadi overheat. Untuk penggantian air radiator, masanya ada perbedaan tiap kendaraan. Namun yang umum adalah setiap 20 ribu km dan menggunakan cairan coolant yang memang dikhususkan untuk radiator.

Meskipun begitu, pengecekan juga perlu dilakukan karena bisa saja volumenya berkurang sebelum waktu penggantian. Pengecekan juga dilakukan pada bagian di sekitar seperti selang radiator apakah ada kebocoran atau tidak dan hal lainnya yang berhubungan.

2. Cek Kondisi Aki Mobil

Aki menjadi sumber tenaga listrik pada kendaraan dan fungsinya sangat dibutuhkan. Pemeriksaan perlu dilakukan supaya gangguan dapat diminimalisir. Untuk caranya terbilang mudah yakni memastikan cairan berada di atas batas minimal yang terdapat pada aki. Jika kurang maka sebaiknya dilakukan penambahan supaya performa aki tetap terjaga untuk aki basah.

Sedangkan pada aki kering tidak ada batas minimal atau maksimal karena cairannya bentuknya adalah gel. Untuk aki kering ini cukup simple, tinggal memakainya saja sampai drop kemudian dilakukan penggantian.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

3. Cek Tekanan Angin Ban Dan Ganti Roda

Gambar ini menunjukkan pengecekan tekanan angin ban mobil

Tekanan angin ban sesuaikan dengan standar pabrikan

>>> Baca Juga, Servis Berkala 1 Bulan Pertama Di Bengkel Resmi Toyota Pentingkah?, Ini Alasannya

Ban menjadi bagian mobil yang berhubungan langsung dengan aspal jalanan. Sobat bisa melakukan pengecekan tekanan anginnya, bila di bawah standar bisa menambahnya. Bahkan saat mobil tidak digunakan dalam jangka panjang, ban mobil bisa saja kempes padahal tidak ada kebocoran.

Perawatan mobil selanjutnya yang bisa dilakukan sendiri di rumah adalah mengganti roda mobil dengan roda cadangan. Ilmu ini memang perlu diketahui karena saat terjadi masalah di jalan seperti ban bocor bisa ditangani dengan segera. Untuk caranya cukup mudah yakni dengan menyiapkan alatnya seperti kunci, dongkrak dan ban cadangan. Selanjutnya gunakan kunci untuk mengendorkan baut, kemudian angkat mobil dengan dongkrak sampai roda terangkat.

Setelah itu, lepas baut dari tempatnya dan juga roda mobilnya. Kemudian pasangkan ban cadangan beri baut dan putar dengan tangan sampai mentok. Lanjutkan dengan mengambil menurunkan mobil dan ambil dongkraknya. Setelah itu, kencangkan baut menggunakan kunci yang telah disediakan.

4. Cek Dan Ganti Oli

Perawatan selanjutnya saat berada di rumah yang bisa dilakukan sendiri adalah mengecek kondisi oli mobil. Apakah kondisinya masih bagus atau tidak, Sobat juga bisa melakukan penggantian oli sendiri. Untuk caranya adalah dengan mengangkat mobil memakai dongkrak supaya bisa masuk kolong mobil dengan mudah. Dilanjutkan dengan melepas baut tempat keluar oli dan mengurasnya sampai habis. Tutup kembali baut dan isikan oli baru sesuai rekomendasi pabrikan. Dalam mengecek volume dan kualitas oli bisa melalui dipstick yang berada pada mesin mobil.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

5. Membersihkan Mobil

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan membersihkan pelek mobil

Mencuci mobil merupakan hal yang paling mudah

Perawatan mobil terakhir adalah melakukan pembersihan bagian eksterior dan interior. Hal ini menjadi salah satu langkah yang paling mudah. Dengan pembersihan seperti mencucinya maka akan meningkatkan kenyamanan di dalam mobil dan tampilannya menjadi lebih menarik.

Jika kurang yakin bisa mengandalkan Toyota Home Service yang ditawarkan pihak Toyota. Sobat tinggal menunggu di rumah dan mekanik handal akan mendatangi rumah Sobat untuk melakukan perawatan.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Beberapa Alasan Mengapa Punya Alat Pengukur Tekanan Angin Ban Menguntungkan

    Beberapa Alasan Mengapa Punya Alat Pengukur Tekanan Angin Ban Menguntungkan

    Abdul

    Ban mobil mempunyai tekanan angin di dalamnya. Ditambah lagi komponen ini berhubungan langsung dengan aspal jalanan sehingga kondisinya perlu diperhatikan. Pada saat kekurangan angin diharapkan menambahkannya sesuai rekomendasi pihak pabrikan. Untuk bisa mengetahui apakah angin pada ban mobil sudah sesuai atau tidak maka perlu menggunakan alat pengukur tekanan angin ban.

  • Mengetahui Fakta Menarik Toyota Raize 2021, SUV Kompak Dengan Desain Sporty

    Mengetahui Fakta Menarik Toyota Raize 2021, SUV Kompak Dengan Desain Sporty

    Abdul

    Toyota Raize merupakan mobil yang sudah dibekali dengan mesin turbo. Dimana kehadirannya cukup menarik banyak kalangan. Masuk dalam segmen mobil SUV kkompak siap mendukung pengendaraan pemiliknya dalam beraktivitas dan ke tempat yang diinginkan. Nah kali ini kami akan membahas mengenai fakta menarik Toyota Raize 2021.

  • Baru Pertama Kali, Ini Hal Sederhana Dalam Mengemudi Toyota Avanza Matic Tapi Penting

    Baru Pertama Kali, Ini Hal Sederhana Dalam Mengemudi Toyota Avanza Matic Tapi Penting

    Abdul

    Sistem transmisi mobil Toyota Avanza ada yang manual dan ada yang matic. Mobil ini masuk dalam segmen MPV yang banyak dijadikan andalan sebagai kendaraan keluarga. Dari segi kapasitas penumpang terbilang mumpuni, apalagi varian matic dapat mudah untuk dikendalikan. Nah jika mengemudi Toyota Avanza matic maka kepraktisan dan kenyamanan akan dirasakan pengemudi.

International