Beberapa Penyebab AC Toyota Voxy Hanya Keluar Angin

25/12/2020

AC mobil menjadi salah satu fitur pada kendaraan yang dapat memberikan kenyamanan di dalam mobil. Bahkan beberapa orang yang biasanya pusing saat naik mobil, ketika AC dinyalakan merasa lebih baik. Dalam pembahasan kali ini mengenai Toyota Voxy, yang mana kadang kala AC nya keluar angin saja. Lantas apa yang menjadi penyebab AC Toyota Voxy hanya keluar angin?

Adapun maksud AC Toyota Voxy hanya keluar angin adalah suhu yang didapatkan pengemudi dan penumpang kurang dingin, jadi seperti ada hembusan angin saja. Jika begitu maka kenyamanan jadi berkurang. Apabila mengalami masalah tersebut umumnya pada bagian sparepart ada yang bermasalah.

Jika terjadi masalah maka perlu segera diperbaiki supaya dapat kembali bekerja dengan maksimal. Apalagi mengetahui penyebabnya, tentunya penanganan bisa lebih cepat dan dan mobil akan kembali seperti sedia kala. Berikut ini merupakan beberapa penyebab AC Toyota Voxy hanya keluar angin.

Gambar ini menunjukkan Toyota Voxy hitam tampak belakang dan samping

Toyota Voxy menjadi salah stau kendaraan mewah dan dapat menampung banyak penumpang

>>> Baca juga, Ketahui Kelebihan & Kekurangan Toyota Voxy Sebelum Membelinya

1. Freon Habis

Adapun bagian ini menjadi bahan yang berfungsi untuk memindahkan panas yang terdapat di udara yang akan dikeluarkan ke bagian kabin mobil. Adapun fungsinya adalah untuk membuat udara yang keluar melalui kisi-kisi AC mobil bisa dingin. Apabila volumenya ternyata kurang maka akan membuat menurunnya penyerapan panas dalam udara yang akan disemburkan ke bagian kabin mobil. Jika dibiarkan saja maka freon akan habis dan udara yang dihembuskan ke bagian kabin mobil hanya udara biasa saja.

Bahkan bisa saja udara yang dihembuskan malah lebih panas suhunya. Hal tersebut karena sistem AC dan kompresor bekerja dengan baik. Jika Freon habis maka yang mengisi hanya udara saja sehingga saat terjadi kompresi maka suhunya mengalami peningkatan. Dengan begitu suhu dalam evaporator jadi lebih panas dan itu yang dihembuskan ke bagian kabin mobil.

2. Kopling Kompresor Mati

Penyebab AC Toyota Voxy hanya keluar angin selanjutnya adalah kopling kompresor mati. Adapun fungsi dari kopling kompresor hampir sama dengan kopling biasa pada kendaraan dengan transmisi manual. Jadi fungsinya sebagai pemutus atau penghubung putaran yang terjadi. Akan tetapi untuk kopling ini yang diolah adalah pulley kompresor yang menuju ke bagian poros kompresor AC mobil.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Toyota Voxy

Jika AC mobil hanya keluar angin lebih baik bawa ke bengkel untuk pengecekan

>>> Baca Juga, Makin Asyik, Ini Dia Fitur Toyota Voxy Buat Perjalanan Tambah Nyaman

Dengan adanya bagian ini maka kompresor akan ada jedanya dan tidak terus menerus bekerja. Jadi ketika tekanan pada freon telah maksimal maka otomatis kompresor akan berhenti bekerja dan RPM mesin juga tidak turun.

Gaya magnet dimanfaatkan oleh kopling guna menarik plat kopling supaya bisa terhubung dengan bagian puller. Untuk masalah yang kadang bisa terjadi adalah rangkaian kelistrikan pada kopling magnet bermasalah. Jika kopling magnet tidak melakukan kinerjanya pakai pulley tidak akan terhubung dengan kompresor AC mobil, meskipun RPM mesin telah tinggi damun freon tidak akan ada pompaan. Dengan begitu perpindahan panas tidak terjadi karena sirkulasi freon tidak ada. Hal ini lah yang bisa juga membuat udara yang dihembuskan AC tidak dingin.

3. Kipas Pendingin Rusak/Mati

Jika melihat fungsinya, kipas pendingin terdapat banyak kegunaan. Salah satunya adalah untuk mendinginkan mesin, selain itu juga sebagai pendingin kondensor AC mobil. Dengan begitu proses perpindahan panas yang terjadi pada freon menuju ke udara bebas juga dipengaruhi oleh kinerja kipas pendingin.

Jadi pada saat kipas pendingin berhenti bekerja maka pendinginan freon tidak akan terjadi sehingga membuat suhu dari freon akan tinggi walaupun telah melakukan sirkulasi. Hal tersebut membuat  AC mobil kadang dingin dan semakin lama dinyalakan malah jadi panas suhunya.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan kipas pendingin pada mobil

Jika kipas pendingin bermasalah maka bisa buat suhu AC dalam mobil panas

Nah kipas pendingin bisa dipastikan mengalami masalah atau rusak pada saat suhu AC panas dan mengalami overheat. Jika Toyota Voxy hanya mengeluarkan AC saja maka sebaiknya tepikan kendaraan den membuka kap mesin mobil. Tunggulah beberapa saat sampai dingin dan setelah itu dilakukan pengecekan pada fuse dan relay nya. Apabila normal maka cek kipas pendinginnya. Namun sebaiknya segera bawa ke bengkel terpercaya atau dengan menghubungi pihak layanan bengkel untuk dilakukan tindakan lebih lanjut supaya diketahui jelas penyebab AC Toyota Voxy hanya keluar angin.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Oh Ini Sebab Sistem Penggerak Roda Toyota Avanza Pakai RWD Sampai Saat Ini

    Oh Ini Sebab Sistem Penggerak Roda Toyota Avanza Pakai RWD Sampai Saat Ini

    Abdul

    Siapa yang tidak kenal dengan Toyota Avanza, sebuah kendaraan MPV yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Bahkan dari kalangan bawah sampai atas banyak yang mengetahui akan mobil ini. Di pedesaan juga mudah menemukan mobil tersebut. Tapi tahukah Sobat, selain soal kelebihan yang dimiliki sistem penggerak roda Toyota Avanza mengandalkan roda belakang atau RWD (Rear Wheel Drive).

  • Beberapa Alasan Toyota Agya Diincar Di Perkotaan Bisa Jadi Referensi

    Beberapa Alasan Toyota Agya Diincar Di Perkotaan Bisa Jadi Referensi

    Abdul

    Terdapat alasan Toyota Agya diincar di perkotaan. Jadi mobil besutan Toyota satu ini memang digemari untuk melintasi daerah perkotaan. Tentunya terdapat alasan tersendiri bagi masyarakat yang mencarinya. Apakah Sobat termasuk salah satunya?

  • Melirik Kehebatan Toyota Fortuner 4x4 2020, Mobil SUV Toyota Yang Tangguh

    Melirik Kehebatan Toyota Fortuner 4x4 2020, Mobil SUV Toyota Yang Tangguh

    Abdul

    Toyota Fortuner 4x4 2020 merupakan kendaraan SUV tangguh yang dapat diandalkan untuk melintasi segala medan. Teknologi yang diberikan juga mumpuni dan dapat digunakan untuk bepergian bersama keluarga tercinta. Lantas apa kehebatan Toyota Fortuner 4x4 2020?

International