Beberapa Pengecekan Pada Komponen Toyota Etios Valco Ala Komunitas

29/05/2018

Etios Valco merupakan salah satu produk Toyota yang memiliki tampilan yang agresif dengan tampilan bodi terlihat sporty. Kelasnya sendiri dalam segmen city car yang diperuntukkan untuk kendaraan perkotaan. Dengan dimensinya yang kecil, membuatnya sangat mudah untuk melakukan manuver di jalanan perkotaan. Selain hal tersebut perawatan juga diperlukan, jadi ketika terdapat waktu senggang memeriksa beberapa komponen Toyota Etios Valco bisa dilakukan.

Untuk melakukan perawatan kendaraan tidak harus saat berada di luar rumah atau membawanya ke bengkel. Tentunya melakukan pemeriksaan sendiri pada komponen Toyota Etios Valco bisa dilakukan sendiri di beberapa bagian.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu komunitas di Indonesia yakni Toyota Etios Valco Club Indonesia (TEVCI). Jadi dalam melakukan perawatan dilakukan sendiri untuk hal yang sederhana. Dengan sebatas itu tidak diperlukan tehnik yang berat untuk melakukannya.

Gambar ini menunjukkan mobil toyota Etios Valco warna merah tampak depan

Toyota Etios Valco Mobil city car lincah untuk kendaraan perkotaan

"Terkadang hal kecil atau sepele seperti pengecekan air radiator, itu justru terlewat oleh pengendara. Tetapi, justru hal seperti itu yang penting untuk sehari-hari," ujar Rinto Herdiansyah, yang merupakan salah satu anggota dari TEVCI.

Nah berikut ini merupakan beberapa komponen Toyota Etios Valco yang dilakukan pengecekan sendiri. Komponen tersebut meliputi cairan fluida, sumber kelistrikan dan juga bagian eksterior dari Etios Valco.

>>> Cari Mobil bekas Toyota, lihat di sini siapa tahu ada yang cocok

Yang pertama adalah saat air radiator terlihat kurang sebaiknya dilakukan penambahan, mengingat tugasnya yang penting yakni untuk mendinginkan mesin Mobil. "Kalau saya pakai air tampungan dari AC rumah. Yang notabene bagus karena pH nya rendah (potential of Hydrogen. pH merupakan ukuran konsentrasi ion hidrogen yang menunjukkan keasaman atau kebasaan suatu zat.)" paparnya.

Gambar ini menunjukkan mesin mobil toyota etios valco

Pengecekan cairan seperti radiator dan aki perlu dilakukan untuk menjaga performa

Pengecekan selanjutnya adalah pada bagian air wiper, yang dimana hal ini kadang dianggap kecil oleh sebagian orang dan sangat jarang mendapatkan perhatian. Padahal air wiper sangat perlu ketika menghadapi cuaca yang tidak menentu saat berada di jalanan. Apalagi jarak tempuh perjalanan cukup jauh, maka harus benar-benar diisi airnya.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi harga Mobil Toyota terbaru yang ditawarkan cintamobil.com

Pengecekan komponen Toyota etios Valco selanjutnya adalah dengan membalik karet wiper belakang. Langkah ini dilakukan oleh komunitas TEVCI jika terdengar bunyi yang mengganggu atau mendecit ketika sedang difungsikan. Tentunya jika muncul bunyi, akan mengganggu konsentrasi saat mengemudi. Jadi melakukan halĀ  tersebut tidak ada salahnya dan bisa dilakukan sendiri di rumah dan dimana saja ketika sedang membutuhkan.

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil toyota etios valco warna putih dengan wiper belakang dibalik

Membalik wiper belakang berguna menghilangkan bunyi decitan

Pihak Rinto menuturkan bahwa penggunaan radio untuk didengarkan sudah jarang dilakukan oleh pengendara Toyota Etios Valco. Hal tersebut dikarenakan head unitnya menggunakan OEM Etios pada tipe E dan G yang telah mempunyai fitur SD Card dan juga USB. Dengan begitu melakukan pergantian pada antena menggunakan ukuran yang lebih pendek bisa dilakukan. Tujuannya untuk menghindari kerusakan pada antena atau patah ketika Mobil Etios Valco menggunakan cover.

Gambar ini menunjukkan antena milik toyota etios valco

Antena mobil untuk menerima gelombang radio

>>> Mungkin tertarik, Pilihan Mobil Sedan Bekas Besutan Toyota Harga Rp. 50 Jutaan

Untuk yang terakhir dalam pengecekan komponen Toyota Etios Valco yang dilakukan oleh pihak komunitas TEVCI adalah bagian kelistrikan. Untuk Mobil Etios valco, letak fuse kelistrikan berada pada bagian bawah speedometer tepatnya di bagian tengahnya. Untuk proses pembukaan terbilang cukup mudah, yakni dengan menarik topi speedometer. Kemudian dilanjutkan dengan melepaskan 2 buah baut yang berada di bagian samping kanan dan kiri dengan menggunakan bantuan obeng plus. Jadi dengan langkah ini Anda bisa mengecek bagian fuse kelistrikan dan memastikan kinerjanya tetap baik.

Demikianlah informasi yang bisa diberikan mengenai tips pengecekan komponen Toyota Etios Valco. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya.

>>> Ingin beli Mobil bekas dengan harga bagus, kunjungi situs jual beli cintamobil.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Siap-siap, Toyota Supra Terbaru Segera Hadir di Indonesia

    Siap-siap, Toyota Supra Terbaru Segera Hadir di Indonesia

    Fatchur Sag

    Mobil sport dua pintu Toyota Supra generasi terbaru rupanya akan segera hadir dan meramaikan pasar otomotif dalam negeri. Meskipun informasi dan harga masih belum terungkap, namun TAM sudah benar-benar mempersiapkan segala sesuatunya seiring dengan sudah terdaftarnya mobil tersebut di Permendagri dan informasi resmi Samsat DKI Jakarta sejak awal 2019.

  • Mana Lebih Baik? Menjual Mobil ke Diler Mobil Bekas atau ke Konsumen Langsung

    Mana Lebih Baik? Menjual Mobil ke Diler Mobil Bekas atau ke Konsumen Langsung

    Fatchur Sag

    Menjual mobil bekas menjadi alternatif bagi pemilik mobil yang sudah tidak ingin menggunakan mobilnya. Selain itu, ada beberapa hal lain yang menyebabkan pemilik menjual mobilnya ke pihak lain. Namun sebagian pemilik mobil masih bingung harus menjual mobilnya ke mana. Hal ini dikarenakan saat ini sudah banyak pilihan tempat menjual mobil, baik di diler mobil bekas, jejaring sosial, dan penjualan online.

  • Ini Dia 3 Cara Mudah Melipat Bangku Baris Ketiga New Toyota Avanza

    Ini Dia 3 Cara Mudah Melipat Bangku Baris Ketiga New Toyota Avanza

    Arfian Alamsyah

    Untuk memperbesar ruang bagasi mobil dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, bisa menambah roof box, hingga melipat bangku. Salah satunya yang paling mudah dilakukan adalah melipat bangku baris ketiga New Toyota Avanza ini. Ini dia caranya