Beberapa Masalah Pada Toyota Avanza Yang Kerap Terjadi

24/12/2018

Toyota Avanza merupakan mobil sejuta umat yang terbilang laris manis. Kendaraan ini sangat diminati baik untuk wilayah perkotaan ataupun pedesaan. Bahkan untuk dapat menemukannya di jalanan sangatlah mudah. Kendaraan ini juga sering dipakai untuk mobil keluarga yang siap diajak untuk bepergian. Akan tetapi setiap kendaraan memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Terdapat masalah pada Toyota Avanza yang kerap terjadi dan perlu diatasi.

Toyota Avanza mempunyai mesin yang cukup tangguh dengan konsumsi bahan bakar cukup irit. Bahkan untuk harga jual kembalinya juga tidak turun terlalu jauh, sehingga saat ingin mengganti dengan yang baru cukup menambahkannya saja. Berikut ini beberapa masalah pada Toyota Avanza yang kerap terjadi dan perlu diperhatikan.

1. Kipas

Gambar ini menunjukkan seorang mekanik sedang memperbaiki mesin Toyota Avanza

Servis secara berkala menjaga kondisi mobil tetap prima

Adapun masalah pertama yang kerap dialami oleh pemilik adalah di bagian kipas Toyota Avanza. Dari segi umur memang bagian ini cukup singkat, terutama untuk Avanza keluaran tahun 2010. Apabila sobat berniat membelinya sebaiknya memperhatikan kipasnya atau motor fan. Umumnya bagian ini akan mengalami masalah saat mobil telah berumur 5 tahun lebih atau telah menempuh jarak melebihi angka 130.000 km.

Untuk fungsi dari kipas Toyota Avanza adalah menghidupkan AC pada kendaraan dan membuat suhu mesin tetap stabil supaya tidak mengalami overheat. Apabila umurnya sudah tua maka kipas harus dilakukan penggantian, supaya dapat bekerja kembali dengan baik untuk proses pendinginan. Supaya bisa tahu umurnya bisa melihat rumah kipas, biasanya ada informasi tanggal produksinya.

>>> Baca Juga, Ingin Menguras Air Radiator Toyota Avanza Veloz Dengan Mudah Begini Caranya!

2. Kabin Mobil Kurang Kedap Suara

Gambar ini menunjukkan kursi belakang Toyota Avanza

Banyak pendapat lain yang mengatakan bahwa kabin Avanza sudah nyaman

Masalah pada Toyota Avanza yang sering terjadi selanjutnya adalah di bagian kabin yang terasa kurang kedap suara. Memang banyak pemilik yang mengeluhkan masalah ini, hal tersebut dikarenakan dari dalam kabin masih terdengar deruan mesin. Terdapat beberapa pendapat yang mengatakan bahwa masalah yang terjadi karena bahan yang digunakan  untuk kedap suara kurang berkualitas. Namun hal tersebut terbilang cukup wajar, mengingat harganya yang cukup terjangkau.

>>>  Lihat Juga, Ingin Pasang Peredam Suara Mobil? Ketahui Kelebihan Dan kekurangannya Lebih Dulu

3. Karet Pintu

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan sedang memegang karet pintu mobil

Karet pintu yang telah aus atau getas dapat membuat kabin kurang kedap suara

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah bagian karet pintu. Bagian ini perlu dilakukan pengecekan, karena jika kondisinya sudah aus atau getas maka di dalam kabin terasa kurang kedap. Dalam melakukan pengecekan dapat dicoba dengan menggunakan bantuan kertas. Selipkan kertas pada pintu mobil kemudian dilakukan pergeseran.  Umumnya kertas akan sulit untuk digeser dan butuh tenaga lebih, namun ternyata jika mudah berarti karet pintu sudah perlu dilakukan penggantian. Hal tersebut karena daya rekat karet sudah agak melemah.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

4. Suspensi Belakang

Gambar ini menunjukkan karet stabilizer pada suspensi belakang Toyota Avanza

Saat mengganti karet stabilizer suspensi belakang pilih yang berkualitas

Untuk masalah selanjutnya yang sering terjadi pada Avanza adalah bagian suspensi belakang. Biasanya di bagian ini muncul suara dug-dug yang tentunya mengganggu kenyamanan berkendara. Umumnya hal tersebut terjadi dikarenakan oleh beban berat seperti barang atau penumpang yang berada di bagian belakang. Jadi suara yang muncul tersebut asalnya dari karet stabilizer yang sudah harus diganti, bukan pada kaki-kaki mobil.

Adapun fungsi dari stabilizer sendiri adalah membuat mobil tetap stabil dan tidak limbung saat dikendarai. Untuk melakukan penggantian karet stabilizer juga cukup murah sekitar 100 ribuan. Jadi jika mengalaminya segera dilakukan penggantian, jangan menunggu sampai merembet ke bagian lain.

>>> Baca Juga, Tips Membuat Suspensi Toyota Avanza Menjadi Lebih Empuk

5. Aki Mobil

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Toyota Avanza dan aki mobil ditunjuk anak panah warna merah

Untuk masalah aki mobil tidak terjadi pada Toyota Avanza keluaran terbaru

Masalah pada Toyota Avanza selanjutnya adalah aki mobil yang kadangkala agak sulit dalam pengendaliannya. Sebagai contoh adalah saat mesin dalam kondisi panas mobil susah dinyalakan. Namun sebenarnya untuk Avanza keluaran terbaru sudah tidak mengalami masalah ini, umumnya terjadi pada mobil keluaran lama.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 

Mungkin Anda ingin baca

International