Beberapa Komponen Fitur Spion Elektrik Pada Mobil Toyota Dan Cara Kerjanya

23/02/2021

Penggunaan teknologi yang canggih membuat pengendara dapat merasakan kenyamanan selama perjalanan. Selain itu pengoperasian juga dapat dilakukan dengan mudah, salah satunya adanya fitur spion elektrik pada mobil Toyota atau disebut juga dengan elektrik mirror. Kali ini kami akan membahas mengenai komponen di dalamnya.

Fitur spion elektrik pada mobil Toyota terdiri dari beberapa komponen sehingga bisa bekerja dengan baik. Dengan begitu pengemudi bisa terbantu dalam mengoperasikan spion mobilnya. Pengguna bisa mempunyai area yang lebih jelas dan luas dengan mengandalkan elektrik mirror. Salah satu keuntungannya adalah pengemudi tidak perlu melakukan pengaturan manual. Jadi tinggal hanya memencet tombol saja maka pengaturan bisa dilakukan dan hasilnya juga lebih maksimal.

Gambar ini menunjukkan kaca spion mobil

Spion mobil bagian penting untuk keselamatan

>>> Jangan Panik Melewati Gang Sempit, Manfaatkan Fitur Pelipat Spion Elektrik Di Toyota Avanza

Komponen Fitur Spion Elektrik Pada Mobil Toyota

1. Tombol 4 Way Mirror Switch

Supaya mirror dapat bergerak 4 arah yang berbeda maka dibutuhkan input yakni saklar atau switch. Alasan komponen ini disebut 4 way switch adalah karena terdapat 4 buah tombol yang dijadikan satu. yang mana setiap tombolnya menunjukkan pengaturan mirrornya yakni ke kiri, bawah, kanan dan atas.

2. Tombol L/R Switch Button

Adapun komponen ini merupakan tombol yang posisinya dengan dengan 4 way switch, bahkan menyatu. Fungsinya adalah untuk mengubah posisi spion yang akan diatur karena hanya terdapat satu saklar saja. Untuk L menunjukkan spion kiri pada kendaraan dan R untuk yang sebelah kanan. Mengingat mobil dibekali dengan minimal 2 buah mirror.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

3. Komponen Mirror Motor

Untuk motor yang diberikan sebenarnya terbilang sama dengan motor listrik pada umumnya. Yang mana kerjanya adalah mengubah tenaga listrik menjadi tenaga putar. Dengan mengandalkan motor tersebut maka energi putarnya digunakan untuk menggerakkan mirror dengan mengkonversinya melalui tuas. Jadi supaya bisa bergerak ke 4 arah yang berbeda motor listrik yang digunakan ada 2 buah.

4. Komponen Mirror Housing

Mirror Housing atau rumah spion mempunyai perbedaan bentuk dengan cover spion biasa. Desainnya lebih cembung karena menjadi tempat dari motor listrik yang posisinya ditempatkan di belakang cermin.

Gambar ini menunjukkan motor morror dalam rumah spion

Spion electrik memiliki beragam komponen saling berhubungan

>>> Ini Dia Kegunaan Spion Tanduk Pada Toyota Rush Lama

5. Mirrors

Adapun nama lain dari Mirrors adalah cermin. Yang mana cermin di sistem elektrik ini menjadi komponen utama. Memang untuk cerminnya sama dengan model cermin biasa pada mobil, hanya saja peletakannya di mirror housing diletakkan floating atau bebas. Dengan begitu mirrors dapat bergerak sesuai pengaturan yang diinginkan pengemudi tanpa menimbulkan masalah pada mirror housing.

6. Komponen Kabel, Relay Dan Fuse

Jadi fuse, relay dan kabel memang merupakan beberapa bagian dari sistem kelistrikan kendaraan, begitupun pada sistem elektrik mirror. Untuk kabel terdapat 2 jenis, yang pertama adalah kabel power yang mempunyai diameter besar dan kabel kontrol mempunyai diameter lebih kecil.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Cara Kerja Fitur Spion Elektrik Pada Mobil Toyota

Berhubungan dengan cara kerja dimulai dengan memposisikan kontak pada posisi ON. Setelah itu arus listrik dari aki akan menuju ke bagian relay dan dikeluarkan menuju ke bagian switch mirror. Pada bagian switch mirror terdapat 3 output yang menuju ke masing-masing mirror. Adapun outpun tersebut terhubunga dengan power Up/Down motor, ground dan power L/H motor. Kemudian ketiga output tersebut akan mengeluarkan arus yang disesuaikan dengan pengoperasian pada switch elektrik mirror oleh pengemudi.

Nah arus yang dikeluarkan tersebut mesuk ke bagian mirror dan terhubung ground. Dengan hal tersebut maka terjadi putaran pada bagian motor mirror. Setelah itu dengan melalui tuas yang berada pada bagian mirror housing putaran diubah menjadi gerakan Left/Right atau Up/Down. Dengan melalui tahapan-tahapan tersebut membuat pengguna bisa mengatur mirror sesuai keinginan. Sebagai tambahan, bahwasanya pada mobil saat ini sudah diberikan tombol elektrik retract. Yang mana untuk fungsinya adalah untuk melipat spion secara otomatis.

Gambar ini menunjukkan tombol spion electrik pada mobil

Beberapa tombol untuk pengoperasian sesuai kebutuhan pengemudi

Itulah informasi mengenai cara kerja fitur spion elektrik pada mobil Toyota dan komponen di dalamnya. Semoga bermanfaat dan selalu jaga kondisi kendaraan dengan perawatan berkala di bengkel resmi supaya mobil tetap bekerja dengan prima.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Fungsi Dan Penggunaan Tombol Perseneling Mobil Matic

    Fungsi Dan Penggunaan Tombol Perseneling Mobil Matic

    Abdul

    Mobil transmisi otomatis mempunyai banyak penggemar karena kemudahan yang ditawarkan. Dimana dalam perpindahan transmisi tidak perlu menggunakan pedal kopling dan juga hal lainnya. Bila dibandingkan dengan transmisi manual tentunya terdapat perbedaan dalam pengoperasian. Pada mobil transmisi otomatis terdapat tombol perseneling mobil matic yang tentunya mempunyai fungsi sendiri pada kendaraan.

  • Beberapa Keuntungan Mobil Kapasitas Kecil Menggunakan Mesin Turbo Mini

    Beberapa Keuntungan Mobil Kapasitas Kecil Menggunakan Mesin Turbo Mini

    Abdul

    Pada sejumlah kendaraan akan ditemui mesin turbo mini. Jadi untuk saat ini mesin turbo tidak hanya ditujukan untuk kendaraan dengan mobil yang memiliki kapasitas besar ataupun performa tinggi. Dengan menggunakan perangkat turbo dapat membuat efisiensi bahan bakar bisa meningkat dan performanya disetarakan.

  • Beberapa Kelebihan Transmisi CVT Di Mobil SUV Toyota

    Beberapa Kelebihan Transmisi CVT Di Mobil SUV Toyota

    Abdul

    Mobil SUV siap menerjang segala medan dengan membawa kesan gagah dan juga tangguh. Selain itu, penggunaan transmisi CVT menjadi keuntungan tersendiri yang dirasakan oleh pemiliknya. Jadi terdapat beberapa Kelebihan Transmisi CVT Di Mobil SUV Toyota yang bisa didapatkan.

International