Beberapa Keuntungan Mobil Kapasitas Kecil Menggunakan Mesin Turbo Mini

06/05/2021

Pada sejumlah kendaraan akan ditemui mesin turbo mini. Jadi untuk saat ini mesin turbo tidak hanya ditujukan untuk kendaraan dengan mobil yang memiliki kapasitas besar ataupun performa tinggi. Dengan menggunakan perangkat turbo dapat membuat efisiensi bahan bakar bisa meningkat dan performanya disetarakan.

Mesin turbo mini lebih dikenal dengan nama mesin downsizing untuk kelas internasional. Jadi meskipun mesin mempunyai kubikasi yang kecil akan tetapi terdapat perangkat forced induction yang berupa turbocharged. Berkat hal tersebut maka tenaga yang dimiliki mobil akan bertambah secara instan. Apabila dilakukan kalkulasi maka mesin yang diberikan akan mempunyai performa yang hampir sama levelnya dengan mesin yang mempunyai kapasitas lebih besar.

Gambar ini menunjukkan mesin pada mobil Toyota

Tenaga yang dihasilkan mesin dengan turbo lebih optimal

Untuk contohnya adalah mobil A mempunyai mesin 1.200 cc turbo disamakan dengan mobil B yang menggunakan mesin 1.500 cc tanpa dibekali turbo. Jadi pemberian turbo ini membuat tenaga yang diraih dapat maksimal sehingga dengan mesin 1.500 cc bisa setara.

Tidak hanya itu saja, bukan soal tenaga saja yang sama tapi penggunaan mesin turbo mini harapannya dapat membuat mobil mempunyai konsumsi BBM jadi lebih hemat apabila dibandingkan dengan kendaraan yang menggunakan tenaga sama levelnya. Meskipun begitu, gaya pengemudian juga bisa berpengaruh terhadap konsumsi BBM.

Keuntungan lain yang bisa didapatkan jika menggunakan mesin kecil tapi dibekali dengan turbo adalah pada pajaknya. Pajak yang diberikan tidak terlalu tinggi karena kapasitas mesin yang rendah. Bahkan harga jualnya juga terbilang kompetitif berkat hal tersebut. Populasi dan juga emisi bisa dilakukan penekanan karena penggunaan mesin kecil.

>>> Baca Juga, Melirik Kelebihan Mesin 2GD-FTV Pada Mobil Toyota

Gambar ini menunjukkan mesin turbo Toyota

Mesin turbo punya banyak keuntungan

>>> Baca Juga, Mengenal Komponen Bahan Bakar Dan Kontrol Mesin Diesel Common Rail Toyota

Pengendaraan lebih nyaman berkat penggunaan turbo karena bisa lebih senyap. Umumnya berkat pemberian turbo peredaman suara dari intake dapat terjadi. Dengan melihat beberapa kelebihannya tentunya mobil dengan mesin turbo mini dapat dipilih dan tidak perlu ragu dalam melakukan pembelian. Dimensi mobil juga dirancang menjadi lebih kompak berkat penggunaan mesin turbo.

Sedikit membahas cara kerjanya, cara kerjanya terbilang sama antara mesin kecil dan mesin besar yang menggunakan turbo. Dimana untuk kinerjanya sama-sama berguna untuk membuat pemadatan udara yang dilakukan di ruang bakar dengan mengandalkan boost yang berasal dari rangkaian forced induction. Tahapan kerjanya terdiri dari beberapa untuk mesin modern yang meliputi intake, stroke, exhaust, power dan kompresi. Dalam kinerjanya dilakukan di kepala dan blok silinder. Adapun yang akan dihubungkan dengan turbocharger adalah bagian tersebut.

Prinsip dari turbocharger dalam melakukan kinerjanya adalah dengan mengandalkan gas buang yang berasal dari ruang bakar mesin supaya dapat masuk ke bagian turbo. Nah hal tersebutlah yang membuat berputarnya turbo dan akan menarik udara yang sudah dilakukan pendinginan melalui intercooler kemudian dikirimkan ke bagian mesin sehingga dapat memberikan bantuan terhadap pembakaran bahan bakar yang terjadi.

>>> Baca Juga, Mengenal Mesin 2JZ Twin Turbo, Apa Alasannya Bisa Melegenda Dan Banyak Diburu?

Gambar ini menunjukkan mobil baru Toyota Raize warna biru

Toyota Raize dibekali dengan mesin turbo

Untuk Mesin turbo mini atau mesin kecil dengan turbo bisa membuat tenaga maksimal terdongkrak. Alhasil misalnya mobil mempunyai mesin dengan kapasitas 1.000 cc turbo bukan tidak mungkin bisa mempunyai tenaga tertinggi hingga setara pada mobil dengan mesin 1.300 cc tanpa dibekali turbo.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 

Mungkin Anda ingin baca

  • Beberapa Alasan Mengapa Punya Alat Pengukur Tekanan Angin Ban Menguntungkan

    Beberapa Alasan Mengapa Punya Alat Pengukur Tekanan Angin Ban Menguntungkan

    Abdul

    Ban mobil mempunyai tekanan angin di dalamnya. Ditambah lagi komponen ini berhubungan langsung dengan aspal jalanan sehingga kondisinya perlu diperhatikan. Pada saat kekurangan angin diharapkan menambahkannya sesuai rekomendasi pihak pabrikan. Untuk bisa mengetahui apakah angin pada ban mobil sudah sesuai atau tidak maka perlu menggunakan alat pengukur tekanan angin ban.

  • Mengetahui Fakta Menarik Toyota Raize 2021, SUV Kompak Dengan Desain Sporty

    Mengetahui Fakta Menarik Toyota Raize 2021, SUV Kompak Dengan Desain Sporty

    Abdul

    Toyota Raize merupakan mobil yang sudah dibekali dengan mesin turbo. Dimana kehadirannya cukup menarik banyak kalangan. Masuk dalam segmen mobil SUV kkompak siap mendukung pengendaraan pemiliknya dalam beraktivitas dan ke tempat yang diinginkan. Nah kali ini kami akan membahas mengenai fakta menarik Toyota Raize 2021.

  • Baru Pertama Kali, Ini Hal Sederhana Dalam Mengemudi Toyota Avanza Matic Tapi Penting

    Baru Pertama Kali, Ini Hal Sederhana Dalam Mengemudi Toyota Avanza Matic Tapi Penting

    Abdul

    Sistem transmisi mobil Toyota Avanza ada yang manual dan ada yang matic. Mobil ini masuk dalam segmen MPV yang banyak dijadikan andalan sebagai kendaraan keluarga. Dari segi kapasitas penumpang terbilang mumpuni, apalagi varian matic dapat mudah untuk dikendalikan. Nah jika mengemudi Toyota Avanza matic maka kepraktisan dan kenyamanan akan dirasakan pengemudi.

International