Beberapa Kesalahan Bikin Mengemudi Mobil Toyota Lebih Sulit Di Musim Hujan

06/01/2020

Mobil Toyota menjadi salah satu produk yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Seperti Avanza yang dijadikan mobil keluarga untuk menemani keseharian dan perjalanan ke luar kota maupun liburan. Namun masih ada yang lainnya dalam segmen SUV, Sedan dan lainnya. Untuk kali ini kami memberikan informasi mengenai kesalahan sepele bikin mengemudi mobil Toyota di musim hujan jadi sulit.

Saat ini telah memasuki musim penghujan, para pecinta mobil Toyota khususnya diharapkan untuk lebih berhati-hati. Oleh sebab itu diharapkan untuk tidak melakukan kesalahan yang dapat membuat mengemudi mobil Toyota di musim hujan jadi lebih sulit. Bahkan jika dibiarkan, maka kesalahan tersebut bisa membuat celaka.

Penyebabnya adalah jarak pandang yang berbeda dan juga kondisi jalan yang berbeda dengan biasanya saat tidak hujan. Berikut ini merupakan beberapa kesalahan sepele yang perlu benar-benar diperhatikan dilansir dari laman resmi Toyota.

1. Pengecekan Pada Komponen Mobil Tidak Dilakukan

Gambar ini menunjukkan seseorang sedang mengemudi mobil Toyota

Sebelum bepergian di musim hujan cek beberapa bagian mobil

Dalam hal ini komponen yang dimaksut seperti lampu-lampu dan wiper mobil yang memang perlu kinerja yang optimal. Apabila lampu pada mobil tidak melakukan kinerjanya dengan baik, maka ketika turun hujan deras malah mengganggu pandangan terhadap jalan. Sehingga jalanan dan juga kendaraan lain tidak dapat dilihat dengan baik.

Begitu pula wiper juga mempunyai fungsi yang cukup penting. Apabila kondisinya kurang maksimal maka kaca tidak tersapu dengan baik dan bisa membuat sulit mengemudi selama perjalanan dengan kondisi turun hujan.

>>> Baca Juga, Untuk Keselamatan, Baca Tips Agar Perjalanan Aman Saat Musim Hujan

2. Kurang Bijaksana

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil melaju di jalan dalam kondisi hujan deras

Hujan deras membuat pengemudi harus lebih berhati-hati saat melaju

Ketika dalam kondisi hujan maka jalanan akan menjadi basah dan sistem pengereman berkurang kemampuannya. Apalagi daya cengkram ban mobil pada jalan juga  kurang begitu optimal sehingga potensi selip bisa terjadi. Dengan begitu pengemudi harus bijaksana dalam berkendara perlu ketenangan yang lebih perlu dilakukan. Setidaknya kurangilah kecepatan berbeda dari biasanya, kurangi kecepatan sekitar 20% untuk amannya.

Saat berkendara juga jangan terlalu agresif, karena berpotensi merugikan diri-sendiri dan pengguna jalan lain.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

3. AC Mobil Tidak Dilakukan Pengecekan

Gambar ini menunjukkan ilustrasi keluarna udara pada AC Mobil

AC mobil berguna saat musim kemaru dan musim hujan

Adapun kesalahan sepele yang bikin mengemudi mobil Toyota di musim hujan lebih sulit selanjutnya adalah berhubungan dengan AC. Jika AC mobil tidak dingin selama musim hujan maka bisa membuat kaca depan muncul embun dan dapat mengganggu visibilitas pengendara. Hal ini disebabkan adanya perbedaan suhu antara bagian luar dan dalam mobil. Tidak hanya itu saja, hembusan AC mobil juga tidak boleh diarahkan ke bagian kaca mobil karena ada efek negatif yang didapatkan yakni kaca jadi berembun.

>>> Baca juga, Tetap Waspada Saat Berkendara Di Jalan Tergenang!

4. Kurang Cermat Dalam Melewati Genangan Air

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil melewati genangan air

Hati-hati saat melintasi genangan air di jalan

Pada saat melintasi genangan air tentunya tidak tahu akankah ada lubang atau tidak. Resiko lainnya juga bisa terjadi yakni mengalami aquaplaning. Oleh sebab itu saat melintasi jalanan yang terdapat genangan air sebaiknya mengurangi kecepatan mobil dan memperhatikan genangan yang sedang dilewati. Selain itu, jangan sampai melakukan pengereman mendadak karena bisa membuat pengendalian mobil jadi hilang.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

5. Kurang Memperhatikan Kondisi Ban Mobil

Gambar ini menunjukkan ban mobil sedang melintasi jalan ang berair

Ban mobil menyalurkan tenaga mesin dan sistem pengereman

Ketika turun hujan deras dan Sobat masih mengemudikan mobil maka pastikan bahwa Sobat mempunyai kontrol yang baik pada kendaraan. Dengan begitu mengemudi mobil Toyota dapat lebih aman dan nyaman. Hal tersebut dipengaruhi ban mobil, karena komponen tersebut berhubungan langsung dengan aspal jalanan. Tidak hanya itu saja, fungsi ban juga untuk meneruskan tenaga mesin dan sistem pengereman sehingga mobil dapat melaju ataupun berhenti. Oleh sebab itulah pengecekan ban perlu dilakukan seperti tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan dan kondisi fisiknya masih baik terutama pada permukaan ban mobil.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai kesalahan sepele yang bisa membuat mengemudi mobil Toyota di musim hujan jadi lebih sulit. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Mengetahui Dokumen Jual Beli Mobil Bekas, Jangan Ada Yang Kurang Ya

    Mengetahui Dokumen Jual Beli Mobil Bekas, Jangan Ada Yang Kurang Ya

    Abdul

    Membeli serta menjual mobil bekas harus dilakukan semuanya dengan cermat agar rencana yang sudah kamu atur berjalan sepenuhnya. Salah satunya berkaitan dengan legalitas atau kelengkapan dokumen jual beli mobil bekas yang dimiliki oleh sebuah mobil.

  • Ini Dia Komponen Kaki-Kaki Mobil Toyota Perlu Diperiksa Berkala

    Ini Dia Komponen Kaki-Kaki Mobil Toyota Perlu Diperiksa Berkala

    Abdul

    Mobil terdiri dari banyak komponen yang mempunyai peran masing-masing. Memang semuanya membutuhkan perhatian, namun yang kami bahas kali ini adalah kaki-kaki mobil Toyota. Jadi terdapat beberapa komponen yang perlu diperiksa secara berkala.

  • Hati-Hati Saat Beli Aki, Berikut Perbedaan Aki Baru Dan Rekondisi

    Hati-Hati Saat Beli Aki, Berikut Perbedaan Aki Baru Dan Rekondisi

    Abdul

    Aki menjadi salah satu bagian pada mobil yang menjadi sumber kelistrikan. Fungsinya tergolong penting sehingga kondisinya perlu diperhatikan. Bahkan saat terjadi masalah seperti tekor atau soak maka perlu penggantian. Namun perhatikan saat membeli aki, ketahui perbedaan aki baru dan rekondisi agar tidak tertipu.

International