Beberapa Jenis Fitur Pada Jok Mobil, Ternyata Ada Banyak

06/06/2020

Salah satu bagian pada interior mobil yang mendukung kenyamanan selama perjalanan adalah Jok/kursi. Terdapat fitur pada jok mobil yang bisa menambah kenyamanannya. Namun beragam fitur ini tidak semua diberikan pada kendaraan. Bahkan bisa saja setiap jenis mobil mempunyai fitur yang berbeda.

Beragam fitur pada jok mobil diberikan untuk mendukung kenyamanan berkendara. Jok mobil bertugas untuk menopang pengemudi dan penumpang. Dengan perkembangan teknologi keamanan dan kenyamanan mengalami peningkatan.

Berikut ini merupakan beberapa fitur yang terdapat pada jok mobil :

1. Fitur Active Headrest System

Gambar ini menunjukkan ilustrasi fitur head rest pada mobil

Pelindung kepala saat terjadi benturan dari arah belakang

Fitur satu ini berfungsi sebagai tempat bersandar untuk kepala. Bahkan pada beberapa headrest sudah dapat diatur ketinggian sehingga bisa disesuaikan dengan tinggi pengemudi. Dengan fitur tersebut maka penumpang dan pengemudi  dapat menghindari cedera leher ketika kendaraan ditabrak dari arah belakang.

>>> Begini Cara Membersihkan Jok Mobil Bahan Kain Dengan Mudah

2. Fitur Auto Adjuster Seat

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan sedang memegang alat pengatur jok mobil

Jok diatur sesuai keinginan pengemudi dan kenyamanannya

Power seat control diberikan pada beberapa jenis kendaraan supaya lebih mudah dalam mengatur posisi duduk. Jadi posisinya bisa disesuaikan dengan postur duduk penumpang dan juga pengemudi. Mengandalkan pengaturan dari fitur auto adjuster seat dapat memberikan kenyamanan lebih untuk penumpang ataupun pengemudi. Dalam fitur ini terbagi dalam beberapa pilihan yaitu seat side (jok diatur maju mundur), reclining (Sandaran diatur ke depan ke belakang), front vertical (mengatur ketinggian jok sisi depan) dan seat lifter atau rear vertical (mengatur ketinggian secara menyeluruh jok mobil).

>>> 3 Langkah Sederhana Mengganti Alas Lantai Mobil

3. Fitur Ottoman Function

Gambar ini menunjukkan 2 buah jok mobil baris kedua

Biasanya fitur ini hanya diberikan pada kendaraan premium

Untuk fitur pada jok mobil satu ini diberikan pada beberapa kendaraan premium, lokasinya berada di jok mobil baris kedua dan ketiga. Adapun perbedaan dengan jok biasa yakni adanya sandaran betis sehingga bisa menambah kenyamanan dan juga ketinggiannya bisa diatur. Bahkan untuk beberapa model sudah diberikan fitur untuk pijat elektrik.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

4. Fitur Seat Temperature

Gambar ini menunjukkan ilustrasi seat temperatur oeda jok mobil

Manjakan diri di jok mobil dengan pengatur suhu temperatur

Fitur ini mempunyai fungsi untuk mengatur temperatur pada jok mobil. Bahkan ada pilihan yang bisa disesuaikan dengan keadaan seperti mendinginkan atau memanaskan jok mobil. Dengan begitu kenyaman akan bertambah ketika berkendara.

5. Fitur Isofix

Gambar ini menunjukkan fitur isofix pada jok mobil

Fitur untuk anak atau balita dengan memakai kursi bayi/anak

Bagi Sobat yang punya anak kecil dan kerap mengajaknya bepergian, tentunya fitur isofix akan sangat bermanfaat. Fitur pada jok satu ini bisa dipakai untuk menempatkan kursi bayi. Sobat tinggal mengaitkannya kebagian isofix dilanjutkan dengan penggunaan seatbelt. Dengan begitu selama perjalanan, balita. Anak-anak akan lebih aman, umumnya fitur ini berada pada bagian jok mobil baris kedua.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

6. Fitur Captain Seat

Gambar ini menunjukkan fitur Captain Seat pada jok mobil

Captain Seat membuat penumpang jadi lebih rileks

Fitur terakhir dalam pembahasan ini adalah captain seat. Penggunaan captain seat membuat jok mobil hanya dapat diduduki 1 orang saja. jadi pemberian fitur ini umumnya pada baris kedua. Karena biasanya untuk baris ketiga dibuat duduk 3 orang. Dengan adanya fitur ini maka kenyamanan akan meningkat ketika mendudukinya. Bahkan pada beberapa tipe mobil telah ada penambahan pengaturan side support, arm rest dan lainnya.

Demikianlah informasi mengenai jenis fitur pada jok mobil. Setiap mobil biasanya hanya diberikan beberapa saja dari fitur yang telah disebutkan. Jadi bila ingin membeli mobil bisa melihat beberapa fitur yang dibutuhkan untuk mendapatkan yang benar-benar nyaman menurut Sobat.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Odometer Tinggi, Lakukan Hal Ini Untuk Jaga Performa Mobil Toyota

    Odometer Tinggi, Lakukan Hal Ini Untuk Jaga Performa Mobil Toyota

    Abdul

    Pada saat odometer tinggi memungkinkan mobil berpotensi kerusakan dimana saja dan kapan saja. Oleh sebab itulah pemilik perlu lebih waspada, yang terpenting adalah melakukan perawatan secara berkala dengan tertib.

  • Beberapa Alasan Mobil SUV Toyota Digemari Di Indonesia

    Beberapa Alasan Mobil SUV Toyota Digemari Di Indonesia

    Abdul

    Mobil SUV menjadi salah satu segmen yang cukup digemari di Indonesia, begitupun untuk besutan Toyota. Kenapa bisa begitu? Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai beberapa alasan mobil SUV Toyota digemari di Indonesia.

  • Ketahui Beberapa Perbedaan Toyota Vellfire Vs Alphard

    Ketahui Beberapa Perbedaan Toyota Vellfire Vs Alphard

    Abdul

    Seiring berjalannya waktu permintaan mobil premium semakin meningkat. Saat ini mobil premium tidak hanya didominasi oleh mobil tipe sedan. Untuk menunjang jumlah penumpang yang lebih banyak, tak sedikit pabrikan meluncurkan kabin mobil yang lebih lapang, sehingga konsumen memiliki beragam pilihan untuk segmentasi mobil premium. Kali ini pembahasan mengenai Perbedaan Toyota Vellfire vs Alphard.

International