Beberapa Hal Yang Bisa Buat Mobil Matic Tidak Bisa Distarter

09/10/2020

Mobil matic semakin digemari oleh banyak orang karena hemat konsumsi bahan bakar dan lebih mudah dalam pengoperasiannya. Namun bukan berarti mobil jenis ini tidak bisa mengalami masalah, bahkan kadang mobil matic tidak bisa distarter.

Masalah mobil matic tidak dapat distarter bisa karena beberapa hal. Penyebabnya perlu diketahui supaya bisa dilakukan penanganan dengan cepat dan dapat kembali digunakan. Berikut ini beberapa penyebab mobil matic tidak bisa distarter:

1. Aki Dalam Kondisi Soak

Gambar ini menunjukkan aki mobil dengan menggunakan warna biru

Aki mobil juga mempunyai batas pemakaian

>>> Baca Juga, Meninggalkan Mobil Lebih dari Dua Minggu? Perhatikan Masalah pada Aki

Adapun penyebab pertama dan menjadi yang paling umum adalah bahan bakar dalam kondisi habis. Jika ternyata indikator BBM menyala maka menandakan bahwa perlu melakukan pengisian bahan bakar. Namun jika ternyata masih ada isinya berarti kemungkinan selanjutnya adalah aki mobil yang berada dalam kondisi soak. Biasanya dikarenakan umur yang sudah tua sehingga kinerjanya jadi lemah. Hal yang dapat dilakukan adalah mengganti aki mobil dengan yang baru.

2. Tersumbatnya Filter Bahan Bakar

Masalah selanjutnya adalah filter udara yang tersumbat atau rusak. Bagian ini merupakan komponen yang digunakan untuk memisahkan antara air dan kotoran dengan bahan bakar. Jika bermasalah maka air dan kotoran ikut terbawa sehingga saat mesin dinyalakan akan susah. Hal ini dapat diatasi dengan melakukan penggantian filter setiap menempuh jarak sekitar 24.000 kilometer.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

3. Busi Bermasalah

Gambar ini menunjukkan seorang mekanik melihat mesin mobil warna merah

Jika mobil sulit dinyalakan bisa memanggil mekanik untuk dilakukan pengecekan

>>> Ini Dia Caranya Memahami Kode Aki Mobil Toyota Anda

Penyebab mobil matic tidak bisa distarter selanjutnya adalah busi yang bermasalah. Untuk membuat mesin menyala maka dibutuhkan bunga api yang berasal dari busi agar dapat distarter. Jika busi kotor , berkarat atau rusak maka bunga api yang dipercikkan tidak maksimal dan tidak dapat menyalakan mesin.

Untuk melakukan penggantian busa atau membersihkannya bisa membuka kap mesin mobil. Setelah menemukan businya bisa dilakukan pembersihan atau menggantinya dengan yang baru.

4. Dinamo Starter Mengalami Masalah

Apabila beberapa hal di atas tidak ada masalah, maka penyebabnya bisa jadi dinamo starter yang bermasalah. Kerusakan pada bagian ini akan ditandai dengan mesin yang muncul suara kasar tapi mesin tetap tidak bisa dinyalakan ketika distarter. Jika sudah begini maka untuk solusinya adalah membawa ke bengkel atau menghubungi layanan home service untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan. Bila ternyata tidak bisa diperbaiki, maka mau tidak mau harus diganti.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

5. Ada Masalah Pada Ignition Switch

Gambar ini menunjukkan kunci pada mobil

Terdapat beberapa penyebab mobil matic tidak bisa distarter

Bagian ini merupakan kunci kontak mobil yang menjadi penghubung antara aliran listrik dengan mesin. Jika mobil matic tidak bisa distarter bisa saja ada gangguan pada bagian ini sehingga aliran listrik tidak bisa menuju ke bagian mesin mobil. Dalam mengatasinya bisa cek kelistrikan apakah sampai ke bagian mesin atau tidak. Apabila listrik tidak sampai ke bagian mesin, maka cek kembali apakah ada aliran listriknya atau tidak.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

International