Beberapa Fitur Toyota C-HR Hybrid Bikin Pengemudi Lebih Aman & Nyaman

03/05/2019

Toyota C-HR Hybrid baru saja diluncurkan oleh pihak PT Toyota Astra Motor (TAM). Mobil ini masuk dalam segmen SUV (Sport Utility Vehicle) dengan menggunakan sistem penggerak elektrik. Yang menarik lagi adalah kendaraan besutan Toyota ini mempunyai fitur keselamatan yang cukup mumpuni.

Berkaitan masalah fitur keselamatan, Toyota C-HR Hybrid telah mendapat rating dengan 5 bintang. Tentunya rating tersebut terbilang terbaik dari ASEAN NCAP yang didapatkan pada bulan April 2018 lalu.

Gambar ini menunjukan Mobil All New Toyota C-HR Hybrid 2019

Bintang 5 telah dikantongi dari ASEAN NCAP pada fitur keselamatan

>>> Mobil MPV Diisi Melebihi Kapasitas, Aman Atau Tidak?

Untuk hasil pengujiannya menunjukkan bahwa perlindungan yang diberikan C-HR sangat baik untuk pengemudi atau penumpang depan dan juga anak kecil yang berada di belakang. Sebenarnya apa saja sih fiturnya sehingga bisa mendapat rating bintang 5? Berikut fiturnya:

1. Rem ABS, EBD & BA

Fitur ABS (Anti-Lock Braking System), EBD (Electronic Brake-force Distribution) & BA (Braking Assist) merupakan beberapa fitur dalam sistem pengereman sehingga dapat memberikan keamanan lebih optimal. Selain itu juga berfungsi untuk menghindari ban tidak mengunci saat melakukan pengereman.

2. Fitur 7 SRS Airbags

7 buah airbags yang dimiliki meliputi airbags sopir dan penumpang serta 2 airbags yang lokasinya di samping yang terdapat pada sandaran bahu sopir serta penumpang depan. Tidak hanya itu saja, terdapat sepasang airbags tirai yang menutupi keseluruhan pada jendela samping dan juga 1 airbags yang berfungsi untuk melindungi bagian lutut pengemudi mobil.

3. Isofix Dan Top Tether

Dengan adanya fitur ini pada Toyota C-HR Hybrid dapat mempermudah pemilik untuk memasangkan Child Seat (bangku khusus anak kecil). Selain itu, konstruksi yang dimiliki juga terbilang handal dalam menjaga anak ketika terjadi benturan.

4. SBR (Seatbelt Reminder System)

Fitur ini mempunyai fungsi untuk memberitahu penumpang bahwa belum memasang seatbelt. Dengan adanya fitur ini tentunya akan lebih meningkatkan kesadaran penumpang agar mementingkan keselamatan berkendara.

>>> Ingin membeli mobil baru dan bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan interior Toyota C-HR Hybrid 2019

Beragam fitur mumpuni telah disematkan agar pengendara lebih aman dan nyaman

>>> Ini Saat Tepat Menggunakan Mode 4WD Toyota Hilux

5. Fitur HAC (Hill-start Assist Control)

Adapun fungsi dari fitur ini adalah untuk menjaga mobil agar tidak kembali mundur ketika sedang berhenti di tanjakan. Jadi ketika di tanjakan saat berhenti dan akan menekan pedal gas kembali maka akan ada jeda antara pedal rem dan pedal gas sehingga dapat membuat pengemudi lebih dapat melaju dengan mulus dan tidak mudah mengalami kepanikan.

6. VSC (Vehicle Stability Control)

Untuk tugas dari fitur ini adalah membuat mobil tetap berada di racing line dan mereduksi resiko terjadinya gejala understeer yang dapat membuat kendaraan keluar jalur. Fitur ini cukup penting karena pengemudi kadang agak kesulitan saat melaju di jalan menikung dan melakukan manuver kencang. Ditambah lagi saat kondisi jalanan licin akibat habis turun hujan.

7. Auto Brake Hold

Fitur Auto Brake Hold pada Toyota C-HR Hybrid berguna saat ingin berhenti. Jadi sobat saat akan melakukan pengaktifan rem parkir elektrik tidak perlu repot untuk menekan tombol. Pengemudi hanya cukup dengan menekan pedal rem lebih dalam maka secara otomatis rem parkir akan aktif. Untuk melepaskannya dapat dilakukan dengan cara yang sama yakni menekan pedal rem lebih dalam.

8. Fitur Traction Control

Fungsi dari fitur ini adalah untuk menjaga aliran tenaga kendaraan yang disalurkan menuju ke roda depan sehingga tidak mengalami gejala spin atau tenaga pada kendaraan yang terbuang secara percuma. Hasilnya mobil akan lebih mudah untuk dikendalikan serta tidak akan liar ketika start ataupun saat akselerasi secara penuh.

9. Blind Spot Monitor

Ketika ada kendaraan lain masuk dalam area dari blind spot pada Toyota C-HR maka  akan terdapat sinyal pada spion yang berupa simbol. Simbol tersebut akan berkedip ketika lampu sein diaktifkan atau ketika pengemudi menggerakkan kemudi untuk berpindah jalur.

>>> Hati-Hati, Ada Beberapa Peringatan Saat Mengoperasikan Pintu Bagasi Mobil Toyota!

Gambar ini menunjukkan kemudi dan speedometer pada Toyota C-HR Hybrid

Fitur keselamatan yang dimiliki dapat diandalkan

10. Rear Cross Tra

Fitur terakhir yang kami jelaskan pada Toyota C-HR Hybrid adalah Rear Cross Tra. Fungsinya adalah untuk memudahkan pengendara saat ingin memundurkan kendaraan ketika akan keluar dari tempat parkir. Fitur ini mengandalkan radar yang dimiliki oleh fitur Blind Spot Monitor. Jadi saat terdapat kendaraan lain bergerak dan ingin memotong lintasan mundur mobil sobat maka fitur ini akan menginformasikan kepada sobat.

>>> Jangan lupa tips terlengkap dari konsultan mobil hanya di situs HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Tiga Hal Teknis Ini Membuat All New Toyota Vios E CVT 2019 Lebih irit

    Tiga Hal Teknis Ini Membuat All New Toyota Vios E CVT 2019 Lebih irit

    Arfian Alamsyah

    Meskipun kini harga jual baru mobil All New Toyota Vios tipe E bertransmisi CVT ini sudah menyentuh Rp 300 jutaan. Namun, terdapat tiga keunggulan teknis yang membuat mobil ini jauh lebih irit dan halus dari Vios generasi sebelumnya.

  • Tiga Fitur Di Toyota Sienta Ini Kerap Dilupakan Pemiliknya

    Tiga Fitur Di Toyota Sienta Ini Kerap Dilupakan Pemiliknya

    Arfian Alamsyah

    Berdasarkan pengalaman kami menggunakan dan memiliki Toyota Sienta, ada tiga fitur di Toyota Sienta yang kerap dilupakan para pemiliknya. Apa saja itu?

  • Makin Asyik, Ini Dia Fitur Toyota Voxy Buat Perjalanan Tambah Nyaman

    Makin Asyik, Ini Dia Fitur Toyota Voxy Buat Perjalanan Tambah Nyaman

    Abdul

    Perjalanan ke suatu tempat biasanya mementingkan keamanan dan kenyamanan selama perjalanan. Dalam hal ini didukung oleh beragam fitur di dalam kendaraan. Semakin kesini fitur pada mobil telah menggunakan teknologi canggih dan modern. Salah satu kendaraan yang aman dan nyaman untuk dibuat bepergian adalah Voxy. Fitur Toyota Voxy cukup mumpuni sehingga perjalanan akan semakin asyik.