Beberapa Fitur Safety Mobil Toyota Bantu Kendalikan Mobil Saat Berkendara

30/11/2020

Mobil memiliki beragam fitur mumpuni di dalamnya. Semakin berkembangnya zaman, teknologi semakin canggih dan fitur jadi modern. Kemudahan bisa didapatkan dengan dukungan tersebut. Bahkan saat ini sudah ada fitur safety mobil Toyota yang dapat bantu mengendalikan mobil.

Sebelumnya pengemudi perlu mengendalikan kemudi mobil dan rem dalam mengoperasikan mobilnya supaya tidak tergelincir ketika melintasi jalanan basah. Pengendaliannya secara manual dan membutuhkan keterampilan supaya bisa melakukannya. Namun untuk saat ini semuanya jadi lebih mudah berkat fitur keselamatan aktif yang diberikan pada mobil.

Berikut ini beberapa fitur safety mobil Toyota yang dapat memberikan bantuan dalam mengendalikan mobil.

1. ABS (Anti-lock Braking System)

Gambar ini menunjukkan ilustrasi kinerja fitur ABS pada mobil

Fitur ABS saat ini sudah banyak diberikan pada mobil terbaru

>>> Baca Juga, Mengetahui Teknik Menggunakan Rem Mobil Tanpa ABS

Banyak mobil yang sudah menggunakan fitur keselamayan ini. Fitur ini berhhubungan dengan sistem pengereman kendaraan. Fungsi ABS adalah untuk membuat roda mobil secara menyeluruh tidak terkunci pada saat melakukan pengereman mendadak. Jadi karena panik atau kondisi tertentu membuat pengemudi menginjak pedal rem terlalu dalam.

Apabila ban mobil terkunci oleh rem maka akan membuatnya sulit untuk dikontrol ataupun digerakkan. Dengan begitu saat ada objek didepa n kendaraan akan sulit untuk dihindari. Mengandalkan fitur tersebut maka ban tidak terkunci sehingga traksi tidak hilang dan ban masih mempunyai daya cengkeram pada aspal jalanan. Dari segi positifnya adalah pada saat situasi darurat ban masih dapat dioperasikan dengan baik. Keunggulan yang didapatkan meliputi pengemudi tetap dapat melakukan manuver untuk menghindar dan jarak pengereman yang dimiliki mobil jadi lebih dekat.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

2. TC (Traction Cojntrol)

Gambar ini menunjukkan ilustrasi fitur traction control pada mobil

Bantu akselerasi dan buat ban tetap dapat traksi ketika hujan atau melintasi jalan berlubang

>>> Mobil Toyota Dibekali Lampu Rem Ketiga, Apa Fungsinya?

Fitur safety mobil Toyota selanjutnya yang dapat memberikan bantuan dalam mengendalikan mobil adalah traction control. Dengan adanya fitur ini dapat membuat ban mobil mempu nyai traksi ketika melakukan akselerasi. Alhasil ban akan terhindar dari selip pada saat melakukan akselerasi. Bagi negara yang mempunyai 4 musim, fitur ini cukup memberikan peranan penting. Jadi pada saat jalanan terdapat salju maka fitur ini membuat mobil bisa melaju saat jalanan dalam kondisi licin.

Untuk cara kerja dari fitur ini adalah dengan mengandalkan sensor ABS dalam membaca informasi terkait perbedaan putaran pada roda penggerak mobil. Jika terdeteksi putaran roda tidak sama oleh komputer maka sistem rem otomatis akan diaktifkan oleh komputer supaya putaran roda dikurangi. Tujuannya adalah tenaga bisa disalurkan ke sistem penggerak yang lain. Menariknya lagi adalah tenaga mesin dapat dikurangi oleh ECU pada saat mobil melaju di jalanan yang sangat licin.

3. VSC (Vehicle Stability Control)

Fitur terakhir dalam pembahasan kali ini adalah VSC. Yang mana setiap pabrikan mempunyai nama berbeda-beda seperti VSC, DSC (Dynamic Stability Control), VSA (Vehicle Stability Assist) dan lainnya. Meskipun mempunyai nama yang berbeda tapi dari segi fungsi terbilang sama. Fungsinya adalah menjaga kendaraan supaya tetap berada di jalurnya ketika melakukan manuver di belokan.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan ilustrasi fitur VSC pada mobil Toyota

Saat melintasi tikungan mobil akan tetap terjaga di jalurnya dengan VSC

Kinerjanya juga memanfaatkan seluruh sensor ABS yang terdapat pada setiap roda kemudian dimanfaatkan supaya grip ban dapat dideteksi. Jika terdapat salah satu ban mobil yang putarannya tidak seirama dan ketika menikung G-Force tidak sesuai  serta dikoreksi pada sudut setirnya maka komputer akan memberikan perintah kepafda rem untuk melakukan pengereman pada sisi ban dalam kondisi tersebut.

Power mesin otomatis akan dikurangi oleh VSC pada saat terdapat selip pada bagian roda depan ataupun belakang. Adapun kondisi yang dapat menjadikan fitur ini melakukan kinerjanya adalah ketika melintasi genangan air yang tinggi dan kondisi turun hujan lebat. Dengan salah satu fitur safety mobil Toyota ini membuat mobil dapat dikendalikan meskipun melintasi jalanan yang licin.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Merawat Mesin Diesel Modern Toyota Tidak Rumit, Begini Tipsnya

    Merawat Mesin Diesel Modern Toyota Tidak Rumit, Begini Tipsnya

    Abdul

    Mesin mobil ada yang menggunakan mesin diesel dan juga konvensional. Untuk mesin diesel berbahan bakar solar sementara mesin konvensional menggunakan bensin. Meskipun begitu semuanya membutuhkan perawatan. Nah kali ini kami akan memberikan informasi mengenai tips merawat mesin diesel modern Toyota agar dapat bekerja dengan optimal.

  • Beberapa Alasan Toyota Agya Diincar Di Perkotaan Bisa Jadi Referensi

    Beberapa Alasan Toyota Agya Diincar Di Perkotaan Bisa Jadi Referensi

    Abdul

    Terdapat alasan Toyota Agya diincar di perkotaan. Jadi mobil besutan Toyota satu ini memang digemari untuk melintasi daerah perkotaan. Tentunya terdapat alasan tersendiri bagi masyarakat yang mencarinya. Apakah Sobat termasuk salah satunya?

  • Melirik Kehebatan Toyota Fortuner 4x4 2020, Mobil SUV Toyota Yang Tangguh

    Melirik Kehebatan Toyota Fortuner 4x4 2020, Mobil SUV Toyota Yang Tangguh

    Abdul

    Toyota Fortuner 4x4 2020 merupakan kendaraan SUV tangguh yang dapat diandalkan untuk melintasi segala medan. Teknologi yang diberikan juga mumpuni dan dapat digunakan untuk bepergian bersama keluarga tercinta. Lantas apa kehebatan Toyota Fortuner 4x4 2020?

International