Beberapa Cara Membersihkan Injektor Mobil Toyota, No 1 Dapat Dilakukan Sendiri

22/01/2021

Injektor merupakan salah satu komponen mobil yang bertugas sebagai alat untuk mengabutkan bahan bakar yang disalurkan ke bagian ruang mesin. Fungsinya terbilang begitu krusial karena menjadi salah satu pemasok bahan bakar. Kinerjanya perlu dipastikan maksimal supaya bisa melakukan tugasnya dengan baik. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah membersihkan injektor mobil Toyota.

Dalam membersihkan injektor mobil Toyota bisa dilakukan dengan beberapa cara. Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan.

1. Mengandalkan Cairan Pembersih Dimasukkan Ke Tangki BBM

Mengandalkan cairan khusus menjadi salah satu langkah yang paling gampang dapat dilakukan. Adapun cairan tersebut hanya dimasukkan ke tangki BBM saja tanpa membongkar secara langsung komponen injektor pada mobil. Meskipun begitu ketika memasukkannya ke dalam tangki BBM diharapkan untuk selalu berhati-hati.

Gambar ini menunjukkan pengisian cairan pembersih melalui tangki bbm

Pengisian cairan pembersih melalui tangki BBM

>>> Baca Juga, Beberapa Pilihan Mobil Toyota Mesin Buas Yang Dijual Di Indonesia

Untuk cara kerjanya yaitu cairan pembersih akan bersama dengan bahan bakar mengalir menuju ke bagian injektor dan terjadilah proses pembersihan pada bagian dalam. Tidak hanya itu saja, dalam proses pembersihan mobil tetap dapat digunakan seperti biasa tanpa menunggu ataupun hal lain yang perlu dilakukan. Hanya saja untuk cara ini menjadi cara paling dasar dalam pembersihan injektor. Kalau soal hasil tentunya terbilang kurang begitu maksimal, mengingat untuk kinerjanya mengandalkan bahan bakar dan cairannya pun tercampur di tangki dengan BBM.

2. Menyemprot Cairan Pembersih

Dalam membersihkan injektor mobil masih terdapat cara lain yang bisa dilakukan. Jadi masih menggunakan cairan pembersih, hanya saja untuk prosesnya langsung disemprotkan ke bagian lubang injektor. Namun untuk melakukannya perlu dilakukan pembongkaran komponen dan juga melepas injektor dari mesin secara total. Oleh sebab itulah mekanik sangat dibutuhkan dalam prosesnya kecuali Sobat bisa melakukannya sendiri dengan benar.

Untuk cara kerjanya adalah pada saat injektor dilepas selanjutnya adalah pemasangan semprotan pembersih di bagian lubang injektor yang merupakan tempat masuk bahan bakar. Setelah itu cairan akan mengalir ketika injektor diaktifkan dan kotoran dan kerak yang berada di dalam akan dibersihkan oleh cairan tersebut. Untuk tanda bahwa pembersihan yang dilakukan telah usai akan ditandai dengan keluarnya hasil semprotan yang berupa spray dari injektor.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan pelepasan injektor mobil

Untuk proses pembongkaran sebaiknya dilakukan di bengkel resmi

>>> Baca Juga, Merawat Mesin Diesel Modern Toyota Tidak Rumit, Begini Tipsnya

3. Mengandalkan Alat Khusus Untuk Membersihkan Injektor

Adapun cara yang ketiga menjadi paling ampuh dibandingkan 2 di atas yang telah disebutkan. Jadi kerak dan kotoran di dalam injektor akan terangkat dengan lebih maksimal. Adapun caranya adalah dengan membongkar injektor dan dikeluarkan dari bagian mesin. Setelah terlepas maka injektor direndam pada wadah dengan mengandalkan cairan khusus yang memang dipakai untuk membersihkan injektor dengan mudah.

Supaya bagian terdalam dari injektor bisa dijangkau maka wadah akan mendapatkan getaran sehingga cairan bisa bergerak dengan memasangkan getaran ultrasonic. Jika noda , kerak dan kotoran telah diluruhkan selanjutnya akan memasangkan tabung kaca untuk menilai hasil penyemprotan cairan pembersih. Jadi untuk penilaiannya dilakukan dengan melakukan perbandingan antara waktu injeksi dengan jumlah BBM. Apabila masih belum oke atau kurang maksimal maka akan dilakukan perendaman kembali, namun jika sudah oke maka akan dilakukan pemasangan kembali ke tempatnya.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan ilustrasi cara kerja injektor

Ilustrasi cara kerja injektor mobil

Sobat bisa melakukan sendiri di rumah untuk menggunakan cara yang pertama dalam membersihkan injektor mobil Toyota. Namun cara yang kedua dan ketiga bisa membawa mobil kesayangan ke bengkel resmi Toyota. Dengan begitu pengerjaan bisa maksimal dan hasilnya pun memuaskan.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Beli Vios Karena Diskon PPn BM Besar, Lihat Dulu Keunggulan Toyota Vios

    Beli Vios Karena Diskon PPn BM Besar, Lihat Dulu Keunggulan Toyota Vios

    Abdul

    Toyota memiliki beragam produk yang ditawarkan, salah satunya adalah Vios. Mobil ini masuk dalam segmen sedan yang mempunyai keunggulan dan ketangguhan. Menariknya lagi, Toyota Vios mendapatkan diskon PPn BM paling besar untuk produk Toyota. Nah bagi Sobat yang berniat membelinya karena melihat hal tersebut, berikut kami berikan keunggulan Toyota Vios.

  • Toyota Corolla Altis Bensin dan Hybrid, Ini Beda Konsumsi BBM nya?

    Toyota Corolla Altis Bensin dan Hybrid, Ini Beda Konsumsi BBM nya?

    Abdul

    Segmen mobil sedan cukup digemari oleh masyarakat di Indonesia. Dari segi tampilan memang sangat menarik dan juga sporty. Salah satu dalam segmen ini adalah mobil Toyota Corolla Altis. Mobil ini memiliki 2 pilihan mesin yakni mesin bensin dan hybrid. Nah kali ini kami akan membahas konsumsi BBM kedua varian mesin tersebut?

  • Beberapa Komponen Fitur Spion Elektrik Pada Mobil Toyota Dan Cara Kerjanya

    Beberapa Komponen Fitur Spion Elektrik Pada Mobil Toyota Dan Cara Kerjanya

    Abdul

    Penggunaan teknologi yang canggih membuat pengendara dapat merasakan kenyamanan selama perjalanan. Selain itu pengoperasian juga dapat dilakukan dengan mudah, salah satunya adanya fitur spion elektrik pada mobil Toyota atau disebut juga dengan elektrik mirror. Kali ini kami akan membahas mengenai komponen di dalamnya.

International