Beberapa Bagian Dan Fitur Di Dalam Toyota Calya Yang Mungkin Belum Anda Tahu

24/11/2018

Mobil Toyota Calya masuk dalam segmen MPV LCGC yang terkenal akan keiritan bahan bakar dan juga ramah lingkungan. Terdapat berbagai fitur di dalamnya untuk mendukung kenyamanan serta keselamatan dalam berkendara. Terdapat beberapa bagian atau fitur di dalam Toyota Calya yang mungkin tidak diketahui pemiliknya. Apa sajakah itu?

Dengan berbagai fitur di dalamnya harganya terbilang cukup murah. Sehingga mobil ini patut dijadikan rekomendasi bagi sobat yang berniat membeli mobil dalam segmen MPV. Berikut ini merupakan beberapa bagian atau fitur di dalam Toyota Calya yang bisa saja tidak diketahui pemiliknya.

1. Klip karpet

Gambar ini menunjukkan 2 buah klip karpet mobil di bagian pengemudi

Adanya klip karpet membuat karpet tidak akan bergeser atau berpindah tempat

Karpet yang terletak di posisi pengemudi pada Toyota Calya mempunyai klip. Mungkin beberapa orang tidak tahu kegunaannya. Adapun fungsinya adalah untuk mengunci karpet supaya tidak bergeser ketika diinjak-injak atau saat mobil dioperasikan. Untuk pengoperasiannya cukup mudah yakni dengan memutar 2 klip secara horizontal jika ingin memasangnya dan vertikal untuk penguncian.

2. 2 Pairing Bluetooth

Adapun fitur ini hanya terdapat pada Toyota Calya G. Yang mana fitur bluetooth-nya dapat disambungkan dengan menggunakan 2 device sekaligus. Untuk cara penggunaannya terbilang sangat mudah, karena saat menyalakan bluetooth pada smartphone dapat langsung terdeteksi. Untuk mengonfirmasi proses pairing tinggal menekan tombol tengah saja pada head unit.

Untuk melakukan penggantian device yang mana mau menyalakan media bisa menekan tombol yang ditandai dengan gambar bluetooth.

3. Semi Intermittent Front & Rear Wiper

Dengan harga cukup terjangkau, Toyota Calya telah dilengkapi dengan wiper bagian depan dan belakang. Dalam pengoperasiannya juga ada beberapa pilihan, tidak hanya secara konstan saja. Bahkan sudah terdapat pilihan semi intermittent baik pada wiper depan ataupun belakang.

>>> Mungkin tertarik, Cara Mengatasi Remote Toyota Calya Yang Tidak berfungsi

4. Fitur One Touch Triple Turn Signal

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan diletakkan di tuas lampu sein pada mobil Toyota Calya

Umumnya fitur One Touch Triple Turn Signal terdapat pada mobil kelas premium

Mungkin banyak orang yang tidak menyangka akan fitur di dalam Toyota Calya yang telah memiliki fitur One Touch Triple Turn Signal. Umumnya fitur tersebut berada pada kelas premium, jadi tidak heran jika banyak orang tidak mengetahuinya. Dalam hal ini dapat dioperasikan dengan menyentuh tuas lampu sein, setelah itu otomatis lampu sein akan menyala berkedip 3 kali. Dengan begitu akan mempermudah pengendara saat akan melakukan manuver.

5. Lampu Otomatis Mati

Mungkin terlihat sepele, namun dengan adanya fitur yang membuat lampu mati secara otomatis akan memudahkan pengendara. Yang mana saat dalam keadaan capek habis seharian bekerja kadang lupa mematikan lampu mobil. Sehingga daya aki akan tersedot terus menerus yang berakibat aki cepat tekor. Dengan adanya fitur ini maka saat mobil dicabut kuncinya maka lampu otomatis menjadi terputus saluran listriknya walaupun posisi tuas masih dalam keadaan ON.

>>> Baca juga, Daftar Harga Toyota Calya Terupdate dan spesifikasi lengkap

6. Wiper belakang dapat menyala otomatis

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Toyota Calya dan terlihat lampu belakang serta wiper belakang

Dengan adanya wiper belakang mobil maka saat melihat belakang bisa lebih jelas

Dalam hal ini bukan berarti setiap hujan terus wiper menyala. Jadi ketika gigi transmisi dipindahkan menuju posisi R dan ingin berjalan mundur maka wiper belakang dapat menyala secara otomatis, namun hal ini dapat terjadi jikalau wiper depan diaktifkan terlebih dahulu.

7. Panic Mode

Adapun bagian dan fitur di dalam Toyota Calya yang cukup menarik selanjutnya adalah panic mode. Fitur ini merupakan salah satu bagian dari sistem keamanan yang disematkan. Dengan adanya fitur ini maka saat ada orang mencurigakan atau maling dapat lari terbirit-birit karena bunyi alarm. Untuk mengaktifkan hanya dengan menekan 3 kali tombol lock pada remote.

8. Tidak mempunyai auto up

Jadi pada jendela mobil tidak akan bisa tertutup secara otomatis, pengemudi harus menahan tombol supaya dapat tertutup rapat. Meskipun tombol memiliki tulisan A, namun hal tersebut berlaku pada saat membuka saja.

>>> Baca juga, Wow! Ada 2 Jenis Oli Transmisi Toyota Calya Yang Bisa Dijadikan Pilihan

9. Letak dongkrak

Mungkin sebagian orang bertanya-tanya mengenai letak dongkrak pada mobil Calya. Untuk posisinya berada di bawah jok depan untuk penumpang. Untuk proses pengambilan dapat dilakukan dengan menggeser jok ke arah depan sampai mentok. Setelah itu bagian samping dari dongkrak ditarik sampai terlepas dan keluarkan agar terlepas dari dudukannya.

10. Menurunkan ban serep

Gambar ini menunjukkan ban serep milik Toyota Calya yang diletakkan di bagian belakang bawah kendaraan

Untuk menurunkan ban serep mobil Toyota Calya terdapat kunci khusus yang disediakan

Ban serep pada Toyota Calya berada di bagian bawah kendaraan tepatnya di belakang. Untuk cara pengoperasian atau menurunkannya menggunakan kunci khusus yang telah disiapkan oleh produsen mobil. Kunci tersebut dimasukkan ke dalam lubang dan diputar ke arah kiri, setelah itu ban serep akan turun dan dilanjutkan dengan melepasnya dari dudukan.

Itulah informasi mengenai bagian dan fitur di dalam Toyota Calya. Apakah sobat Calya telah mengetahui ke 10 fitur atau bagian tersebut. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Belum Tahu Teknologi VSC Dan HSA Pada Mobil Toyota, Berikut Penjelasannya!

    Belum Tahu Teknologi VSC Dan HSA Pada Mobil Toyota, Berikut Penjelasannya!

    Abdul

    Toyota merupakan salah satu pabrikan ternama asal Jepang yang memasarkan produk-produknya di berbagai negara, salah satunya adalah Indonesia. Pihaknya mengutamakan keselamatan dan keamanan untuk para pemilik mobil Toyota dengan memberikan fitur berteknologi mumpuni. Beberapa teknologi yang berguna untuk mencegah terjadinya kecelakaan fatal adalah VSC dan HSA pada mobil Toyota.

  • Hari-Hati, Ada Peringatan Di Fitur SRS Airbag Pada Toyota Fortuner Yang Tidak Boleh Dilakukan

    Hari-Hati, Ada Peringatan Di Fitur SRS Airbag Pada Toyota Fortuner Yang Tidak Boleh Dilakukan

    Abdul

    Berkendara menggunakan mobil tentu menginginkan selamat sampai tujuan tanpa ada masalah. Apalagi kecelakaan yang bisa menimbulkan cedera parah ataupun kematian. Oleh sebab itu dari pihak produsen memberikan fitur SRS Airbag pada Toyota Fortuner. Dengan adanya fitur ini menjadikan pengendara lebih tenang selama perjalanan.

  • Melirik Kelebihan Toyota Hilux S-Cab, Mobil Dengan daya Angkut Yang Besar

    Melirik Kelebihan Toyota Hilux S-Cab, Mobil Dengan daya Angkut Yang Besar

    Abdul

    Toyota Hilux S-Cab merupakan kendaraan komersial yang kerap digunakan untuk bisnis. Jadi dengan menggunakan mobil ini dapat membawa barang untuk kegiatan bisnis atau pindahan rumah. Mobil besutan ini sudah hadir di Indonesia beberapa puluh tahun lalu dengan menggunakan mesin yang cukup tangguh. Banyak kelebihan Toyota Hilux S-Cab sehingga banyak orang yang menyukainya.