Beberapa Alasan Mengapa Punya Alat Pengukur Tekanan Angin Ban Menguntungkan

10/06/2021

Ban mobil mempunyai tekanan angin di dalamnya. Ditambah lagi komponen ini berhubungan langsung dengan aspal jalanan sehingga kondisinya perlu diperhatikan. Pada saat kekurangan angin diharapkan menambahkannya sesuai rekomendasi pihak pabrikan. Untuk bisa mengetahui apakah angin pada ban mobil sudah sesuai atau tidak maka perlu menggunakan alat pengukur tekanan angin ban.

Ketika membeli mobil baru maka tidak ada paket atau tambahan alat pengukur tekanan angin ban. Pemilik mobil bisa membelinya sendiri dengan beragam model dan bentuk serta harga. Disamping soal tersebut, terdapat beberapa alasan mengapa alat tersebut diperlukan jika mempunyai kendaraan.

Gambar ini menunjukkan ban mobil dalam kondisi kempes

Ban mobil memiliki tekanan angin yang perlu diperhatikan

>>> Lihat Juga, Mobil Toyota Punya Ban Space Saver, Jenis Ban Serep Dengan Ukuran Kecil

Alasan Punya Tekanan Angin Ban Mobil

1. Dapat Memantau Tekanan Angin Ban Mobil Setiap Hari

Ban mobil memerlukan tekanan yang ideal setiap hari, terutama ketika akan dibawa bepergian. Dengan memastikan keempat roda memiliki tekanan ideal setiap hari maka mobil akan lebih nyaman dikendarai dan saat mengalami penurunan tekanan angin bisa langsung menambahnya. Memang sedikit merepotkan kalau harus setiap hari, namun untuk pengecekan tidaklah lama.

2. Kondisi Ban Mobil Tetap Terjaga

Tidak hanya kembangan ban saja yang perlu diperhatikan, namun tekanan angin ban mobil juga perlu. Dengan memiliki alat pengukur tekanan angin ban mobil maka bisa memastikan bahwa ban dalam kondisi prima. Jika sudah begitu, salah satu manfaat yang didapatkan adalah ban jadi berumur lebih panjang. Hal tersebut karena permukaan ban tetap ideal dalam menyentuh permukaan jalan baik aspal ataupun beton.

Jika tekanan angin ban kurang maka resikonya adalah permukaan ban yang menapak ke jalan menjadi lebih lebar. Tidak hanya itu saja, resikonya terdapat lipatan di bagian dinding ban mobil. Apabila sudah begitu maka resikonya adalah umur dari ban mobil jadi lebih pendek.

>>> Baca Juga, Mengetahui Tekanan Angin Ban Toyota Avanza? Dan Cara Merawat Ban

Gambar ini menunjukkan mobil melaju di jalan tol

Saat ban mobil mempunyai tekanan angin ideal maka perjalanan tambah nyaman

3. Penggunaan Bahan Bakar Lebih Hemat

Dengan menggunakan ban mobil yang mempunyai tekanan angin ideal maka performa ban mobil akan optimal dalam berputar. Jika sudah begitu maka mesin tidak akan bekerja terlalu berat sehingga menghasilkan konsumsi bahan bakar lebih efisien. Jadi apabila menginginkan hal tersebut maka pemilik mobil harus lebih sering mengecek tekanan angin ban mobil.

>>> Baca Juga, Jangan Sampai Lupa Merawat Ban Serep, Ini Kata Toyota

Dalam melakukan pengecekan tidak membutuhkan waktu yang lama karena hanya perlu melepas tutup dan memasangkan alatnya. Setelah itu baru diketahui berapa tekanan angin pada setiap ban di mobil. Disarankan pula juga memiliki pompa sendiri meskipun manual menggunakan tangan. Jadi kalau hanya kurang sedikit bisa menambahnya sendiri tidak perlu ke bengkel.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang alat pengukur ban mobil

Terdapat manfaat yang bisa didapatkan ketika tekanan angin ban mobil kerap dicek

Demikianlah informasi mengenai beberapa alasan mengapa perlu memiliki alat pengukur tekanan angin ban sendiri. Semoga bisa memberikan manfaat bagi Sobat semua dan selalu jaga kondisi kendaraan supaya tetap dalam keadaan prima.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 

Mungkin Anda ingin baca

  • Rekomendasi Mobil Toyota Untuk Wanita Pemula

    Rekomendasi Mobil Toyota Untuk Wanita Pemula

    Abdul

    Saat ini mobil sudah banyak digunakan untuk menjalankan segala aktivitas keseharian. Selain itu, bagi yang tidak memiliki mobil ketika ingin bepergian cukup jauh maka akan menyewa mobil supaya lebih nyaman. Mobil Toyota sendiri menjadi salah satu kendaraan yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia, begitupun oleh para wanita.

  • Punya Rp 250 jutaan lebih baik membeli Vios 5 kursi atau Avanza 7 kursi?

    Punya Rp 250 jutaan lebih baik membeli Vios 5 kursi atau Avanza 7 kursi?

    Doris Elisa

    Toyota adalah merek mobil yang tidak asing lagi di pasar otomotif Indonesia. Khususnya dalam kisaran harga Rp 250 jutaan, pengguna dapat memilih satu dari 2 varian dari Toyota itulah Toyota Vios 5 kursi dan Toyota Avanza 7 kursi . Itulah keunggulan yang membuat mereknya bisa pesaing dengan kompetitornya.

  • Mengetahui Kelebihan & Kekurangan Toyota Yaris Generasi Pertama

    Mengetahui Kelebihan & Kekurangan Toyota Yaris Generasi Pertama

    Abdul

    Toyota Yaris diperkenalkan di Indonesia pertama kali pada tahun 2006. Model tersebut menjadi generasi pertama dan mempunyai daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Kala itu di Tanah Air, kendaraan dalam segmen yang sama yakni Hatchback didominasi oleh Honda Jazz. Lantas apa kelebihan dan kekurangan Toyota Yaris generasi pertama.

International