Baru Pertama Kali, Ini Hal Sederhana Dalam Mengemudi Toyota Avanza Matic Tapi Penting

04/06/2021

Sistem transmisi mobil Toyota Avanza ada yang manual dan ada yang matic. Mobil ini masuk dalam segmen MPV yang banyak dijadikan andalan sebagai kendaraan keluarga. Dari segi kapasitas penumpang terbilang mumpuni, apalagi varian matic dapat mudah untuk dikendalikan. Nah jika mengemudi Toyota Avanza matic maka kepraktisan dan kenyamanan akan dirasakan pengemudi.

Kepraktisan mengemudi Toyota Avanza matic salah satunya adalah penggunaan  2 pedal. Dengan mengandalkan 2 pedal akan terasa menyenangkan saat mengemudikannya baik dalam kondisi jarak dekat ataupun jauh. Meskipun begitu, terdapat beberapa hal yang tergolong sederhana perlu diketahui oleh pengguna mobil Avanza matic. Memang sederhana tapi ternyata penting, lantas apa sajakah itu?

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Avanza Matic

Mobil matic menjadi andalan terutama bagi perempuan

>>> Baca Juga, Beberapa Tips Mudah Menjaga Aki Mobil Toyota Avanza Dapat Tahan Lama

Hal Sederhana Perlu Diketahui Saat Mengemudi Toyota Avanza Matic

1. Memahami Dan Juga Mengenali Karakter Kendaraan

Adapun hal pertama saat mengemudi mobil matic Avanza adalah mengetahui karakter mobil baik dari segi akselerasi dan performanya. Begtupun mengenai fitur berkendara dan hal lainnya. Apalagi bagi yang baru pertama menggunakan mobil matic dari sebelumnya memakai kendaraan manual. Posisi tutup tangki dan cara membukanya sangat penting untuk diketahui.

Tujuannya adalah supaya tidak merasa kebingungan dan kaget ketika berkendara. Setidaknya padam terkait pengendalian dan batasan ketika mengemudi mobil. Hal tersebut dikarenakan mobil matic memiliki perbedaan manuver engine brake dengan Avanza yang menggunakan transmisi manual. Dengan mengetahui dan paham diharapkan lebih aman dan nyaman selama perjalanan.

Gambar ini menunjukkan tuas transmisi mobil Toyota Avanza matic

Transmisi mobil matic dapat dikendarai lebih mudah

>>> Inilah alasan mengapa kualitas audio Toyota Avanza Veloz jauh lebih baik dari Avanza biasa

2.  Menghindari Kick Down

Apabila melihat karakter akselerasi awal, mobil matic masih belum dapat menyamai mobil dengan transmisi manual. Akan tetapi jika ingin output dan akselerasi yang spontan bisa melakukan kick down atau menekan pedal secara penuh dengan spontan. Namun hal tersebut tidak disarankan, namun jika memang perlu karena sedang kondisi tertentu sebaiknya tidak dilakukan secara terus menerus. Beberapa dampak bisa dirasakan seperti ban cepat kehabisan dan lebih boros penggunaan bahan bakar. Untuk kondisi terburuknya adalah membuat mesin bermasalah bahkan bisa beresiko jebol.

3.  Kaki Kiri Dikondisikan Tetap Rileks

Mobil matic Toyota Avanza hanya terdapat 2 pedal yang berguna untuk gas atau throttle dan pengereman. Dalam pengoperasiannya mengandalkan satu kaki yaitu kaki sebelah kanan, untuk kaki kiri dibuat rileks dan cukup beristirahat saja. Jika memang baru permulaan atau baru mengendarai mobil matic bisa melipat kaki kiri seperti bersila tapi untuk kaki kiri saja. Kekhawatiran jika mengoperasikan rem dengan kaki kiri adalah menginjak terlalu dalam seperti injak pedal kopling.

>>> Baca Juga, Berniat Memasang Cover Jok Mobil Toyota Avanza, Ini Tahapan Dan Biayanya

Gambar ini menunjukkan 2 pedal mobil matic

Hanya memakai 2 pedal dan dioperasikan dengan kaki kanan semua

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan tentang hal sederhana dalam mengemudi Toyota Avanza Matic tapi terbilang cukup penting. Semoga bermanfaat dan jangan lupa merawat mobil yang dimiliki di bengkel resmi Toyota.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 

Mungkin Anda ingin baca

  • Rekomendasi Mobil Toyota Untuk Wanita Pemula

    Rekomendasi Mobil Toyota Untuk Wanita Pemula

    Abdul

    Saat ini mobil sudah banyak digunakan untuk menjalankan segala aktivitas keseharian. Selain itu, bagi yang tidak memiliki mobil ketika ingin bepergian cukup jauh maka akan menyewa mobil supaya lebih nyaman. Mobil Toyota sendiri menjadi salah satu kendaraan yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia, begitupun oleh para wanita.

  • Punya Rp 250 jutaan lebih baik membeli Vios 5 kursi atau Avanza 7 kursi?

    Punya Rp 250 jutaan lebih baik membeli Vios 5 kursi atau Avanza 7 kursi?

    Doris Elisa

    Toyota adalah merek mobil yang tidak asing lagi di pasar otomotif Indonesia. Khususnya dalam kisaran harga Rp 250 jutaan, pengguna dapat memilih satu dari 2 varian dari Toyota itulah Toyota Vios 5 kursi dan Toyota Avanza 7 kursi . Itulah keunggulan yang membuat mereknya bisa pesaing dengan kompetitornya.

  • Mengetahui Kelebihan & Kekurangan Toyota Yaris Generasi Pertama

    Mengetahui Kelebihan & Kekurangan Toyota Yaris Generasi Pertama

    Abdul

    Toyota Yaris diperkenalkan di Indonesia pertama kali pada tahun 2006. Model tersebut menjadi generasi pertama dan mempunyai daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Kala itu di Tanah Air, kendaraan dalam segmen yang sama yakni Hatchback didominasi oleh Honda Jazz. Lantas apa kelebihan dan kekurangan Toyota Yaris generasi pertama.

International