Banyak Cara Buat Punya Mobil, Ini Kelebihan Membeli Mobil Bekas di Diler

17/04/2019

Mobil bekas memang tak sempurna seperti mobil baru. Meski demikian Anda tak perlu risau sebab Anda masih bisa mendapatkan mobil-mobil bekas berkualitas baik dari penjual individu maupun di diler. Berbicara soal kelebihan dan kekurangan sudah pasti ada, yang penting harus berhati-hati saat menentukan pilihan. Lalu apa kelebihan membeli mobil bekas di diler?

Sebagai penunjang mobilitas dan aktifitas sehari-hari, kebutuhan mobil bagi sebagian orang seperti tidak terelakkan. Upaya untuk memilikinya terus dilakukan seperti mulai menabung, berinvestasi hingga membeli mobil dengan cara kredit. Ada juga yang menyiasati keterbatasan dana yang dimiliki dengan memilih membeli mobil bekas. Tentu saja untuk hal yang satu ini, konsumen harus selektif memilih penjual dan juga mobil yang diminati.

Foto mobil-mobil bekas yang dijual di salah satu diler Toyota Trust, semua terlihat istimewa

Membeli mobil bekas di diler memberi banyak keuntungan

Saat ini pilihan membeli mobil bekas bisa dilakukan dengan berbagai cara. Melalui situs jual beli mobil, mencari di media sosial, langsung ke pemilik yang ingin menjual hingga melalui pihak ketiga seperti diler dan showroom mobil bekas. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun kalau konsumen ingin terhindar dari risiko yang tidak diinginkan di kemudian hari, membeli mobil bekas di diler bisa jadi pilihan yang layak diprioritaskan.

>>> Berniat Membeli Toyota Vios Eks Taksi, Perhatikan Hal Ini Terlebih Dahulu!

Ada banyak kelebihan membeli mobil bekas di diler, seperti dijelaskan Daniel Libianato, pemilik diler mobil bekas Langgeng Indah Makmur di MGK Kemayoran.

Pertama; Bisa kredit

Dengan kerjasama yang dilakukan diler dan leasing memungkinkan konsumen membeli mobil bekas dengan cara kredit. Dengan demikian konsumen tidak perlu menunggu sampai uang terkumpul dalam jumlah besar untuk membeli tunai sebab itu membutuhkan waktu yang lama. Dengan cara kredit mobil yang diinginkan bisa segera dibawa pulang. "Kami di sini bekerja sama dengan beberapa leasing, karena konsumen yang membeli dengan sistem kredit ada sekitar 50 persen," tutur Daniel sebagaimana dikutip dari Liputan6, (8/4/2019).

Foto seorang sales mobil bekas memberikan penjelasan seputar mobil yang ditawarkan kepada calon konsumen

Pembelian mobil bekas di diler bisa dilakukan dengan cara kredit, beda dengan membeli dari perorangan

Kedua; Surat-surat lengkap dan dijamin keasliannya

Konsumen tidak perlu risau mobil yang dibeli di diler mobil bekas adalah 'bodong' alias tanpa surat. Hal ini dikarenakan, diler mobil bekas biasanya selektif saat menerima mobil yang ditawarkan penjual. Mereka tidak mau mengambil mobil tanpa surat-surat lengkap dan asli sebab itu akan merepotkan mereka di kemudian hari. "Keunggulan bagi konsumen yang membeli kendaraan di showroom, pertama soal surat-surat sudah pasti benar. Bukan berarti pedagang perorangan enggak benar, cuma kalau kami pasti mengecek dengan teliti semua surat dan kelengkapan," katanya.

>>> Begini Prosedur Mengurus STNK Yang Hilang Dan Persyaratannya

Ketiga: Mobil dalam kondisi terbaik

Dengan statusnya sebagai mobil bekas, kondisi mobil memang tak sesempurna seperti saat baru. Tapi bukan berarti mobil bekas selalu jelek. Seperti mobil bekas yang dijual di diler, biasanya mobil bakal dikembalikan ke kondisi terbaiknya. Mobil bakal diservis, dirapikan, dicuci bersih dan dibikin kinclong. Dengan begitu konsumen bisa lebih berhemat sebab tidak perlu lagi mengeluarkan biaya-biaya untuk hal tersebut. "Biasanya kondisi mobil yang dijual oleh orang secara langsung itu apa adanya. Kalau kami showroom pasti dirapikan, diservis semua, jadi biar menarik juga kalau dipajang," ujarnya.

Foto mobil bekas Toyota Alphard yang dijual di Toyota Trust, kondisinya terlihat sangat terawat

Mobil bekas yang dijual di diler selalu ditawarkan dalam kondisi yang terbaik

Dengan berbagai kelebihan tersebut, membeli mobil bekas di diler memang layak dipertimbangkan. Meski demikian jika konsumen yang tidak begitu mengetahui soal mobil sebaiknya mengajak seseorang yang mengerti seluk beluk mobil, khususnya soal mesin. Bisa mengajak saudara, teman atau yang lebih recommended mengajak mekanik diler dari merek yang bersangkutan untuk membantu melakukan pengecekan.

>>> Ingin Membeli Mobil Toyota Bekas Lewat Olshop, Perhatikan Tips Berikut Ini!

Anda juga bisa mencari informasi lebih detail tentang seputar mobil bekas yang ingin Anda beli melalui internet atau Youtube, seperti pada video berikut:

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Fatchur Sag
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca