Ban Pecah di Jalan Tol? Simak Tips dari Auto2000 Berikut Ini

14/07/2019

Ban pecah di jalan tol merupakan salah satu sumber kecelakaan. Pasalnya, masih banyak pengemudi yang tidak tahu bagaimana bereaksi ketika ban mobil pecah saat berkendara. Lalu, apa yang bisa kita lakukan ketika mengalami hal ini?

Salah-salah merespons, mobil dengan ban yang pecah bisa langsung hilang kendali dan menyebabkan kecelakaan fatal. Meskipun berbahaya, hal pertama yang harus dilakukan adalah tidak panik ketika ban pecah di jalan tol. Setelah itu, perhatikan berbagai tips lanjutan dari Auto2000 berikut ini.

1. Hindari mengerem mendadak

mobil berwarna putih yang mengerem mendadak di jalan
Jangan mengerem mendadak ketika Anda menyadari ban pecah di jalan

Jangan lupakan pengereman. Mengerem mendadak dalam keadaan panik akan membuat mobil menjadi tak terkendali. Pasalnya, ketika rem diinjak, bobot mobil akan pindah ke depan dan membuat setir akan menarik ke arah ban pecah. Pengemudi akan kesulitan memprediksi arah gerak mobil. Salah-salah, mobil bisa terpelanting dan terbalik.

>>> Jangan Sampai Lupa Merawat Ban Serep, Ini Kata Toyota

2.Pegang kemudi

pengemudi yang sedang memegang kemudi berwarna hitam
Ban pecah akan membuat kemudi menjadi liar

Jika Anda merasakan ban yang pecah, perhatikan kemudi Anda. Jika ban depan pecah, kemudi akan menarik ke arah ban pecah sehingga membuat setir susah dikendalikan. Kendalikan kemudi dan hindari melakukan bermanuver berlebihan, seperti membelokkan setir ke arah berlawanan sehingga membuat mobil berpotensi terbalik. Jika ban belakang pecah, penanganan kemudi relatif tidak menyulitkan.

>>> Simak juga daftar harga pasaran dari mobil Toyota yang dijual di Indonesia

3. Melambat perlahan

mobil berwarna putih berhenti di bahu jalan

Perlahan giring mobil ke bahu jalan untuk berhenti

Setelah mengendalikan kemudi, melambat perlahan dengan melepaskan pedal gas dan turunkan gigi sambil menahan mobil agar tidak bergerak liar. Hidupkan lampu sein kiri dan arahkan kendaraan ke kiri jalan secara perlahan. Pantau kondisi di belakang dengan kaca spion. Jika Anda melaju dengan kecepatan yang cukup lambat, arahkan mobil ke bahu jalan dan biarkan mobil berhenti.

>>> Ingin membeli mobil terbaru? Baca review mobil terbaru di sini

4. Berhenti dan pasang segitiga pengaman

mobil berwarna hitam dengan segitiga pengaman berwarna merah
Gunakan segitiga pengaman dan ganti ban dengan ban cadangan

Jika mobil sudah berhenti dan tidak mengganggu lalu lintas, berikan ruang yang cukup dengan badan jalan. Segera nyalakan lampu hazard dan pasang segitiga pengaman setelah memastikan posisi mobil aman di bahu jalan. Untuk menanggulangi ban pecah di jalan tol, pastikan untuk selalu membawa ban cadangan.

>>> Dapatkan informasi tips merawat mobil terbaru hanya di HargaToyota.com

Padli Nurdin
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Mau Membeli Mobil, Pikirkan Juga Garasinya Guys!

    Mau Membeli Mobil, Pikirkan Juga Garasinya Guys!

    Fatchur Sag

    Jangan asal punya mobil, Anda juga harus memikirkan garasinya saat berencana membeli mobil baru agar tidak jadi masalah di kemudian hari buat masyarakat umum.

  • Mengenal Perbedaan Mesin Hybrid Dan Plug-in Hybrid Pada Mobil Toyota

    Mengenal Perbedaan Mesin Hybrid Dan Plug-in Hybrid Pada Mobil Toyota

    Abdul

    Toyota merupakan salah satu pabrikan mobil ternama yang memasarkan produknya ke berbagai negara di dunia, salah satunya adalah Indonesia. Bahkan Toyota juga menjadi pionir mobil ramah lingkungan yang terus melakukan inovasi dalam menciptakan mesin yang mempunyai efisiensi cukup tinggi. Seperti misalnya Toyota Prius yang menggunakan mesin Hybrid. Pembahasan kali ini adalah perbedaan mesin Hybrid dan Plug-in Hybrid?

  • Mengetahui Gejala Power Steering Mobil Toyota Rusak

    Mengetahui Gejala Power Steering Mobil Toyota Rusak

    Abdul

    Di zaman sekarang mobil sudah menggunakan teknologi modern, begitupun pada mobil besutan Toyota. Salah satu teknologi yang terdapat pada kemudi mobil adalah Power Steering. Yang mana dengan adanya fitur ini dapat membantu pengendalian mobil. Namun ada gejala Power Steering mobil Toyota rusak yang perlu diperhatikan.