Awas Sarang Bakteri, Ini Dia Cara Jaga Kebersihan Setir Mobil Toyota!

30/10/2019

Area interior mobil yang paling banyak di genggam oleh pengemudi adalah setir, yang mana jika tidak dirawat bisa menjadi sarang bakteri. Bagaimana caranya untuk menjaga kebersihan setir mobil Toyota?

Jika berdasarkan penelitian meyebutkan kalau smartphone menjadi "rumah" dari bakteri akibat tak lepas dari genggaman pemilik, maka bisa dibilang area interior seperti setir menjadi rumah bakteri di dalam mobil. Ya, Lingkar kemudi di mobil bisa menjadi sarang bakteri, terutama jika Anda mengemudi sembari memegang smartphone, sampai melakukan hal seperti makan cemilan selama berkendara. 

Foto Setir Mobil Toyota digenggam pengemudi

Setir menjadi bagian  di dalam interior mobil yang banyak digenggam pengemudi

>>> Ingin lebih mengenal mobil-mobil Toyota kesayangan Anda? Simak bahasan Review kami di sini

Belum lagi jika mobil tersebut tidak digunakan sendiri, atau dikemudikan banyak orang. Alhasil setir menjadi makin kotor karena banyak bakteri hinggap akibat banyak digenggam banyak orang. Lama kelamaan, lingkar kemudi selain akan terlihat kusam dan kotor, juga secara genggaman di tangan juga menjadi tidak enak dan gatal. 

Ada baiknya setiap seminggu sekali, Anda melakukan perawatan utamanya di lingkar kemudi. Untuk membersihkan lingkar kemudi dibutuhkan, agar selain setir terlihat tetap bersih dan saat digenggam tangan pun tetap nyaman dan tidak membuat gatal pada tangan. Lalu bagaimana cara membersihkan setir mobil Toyota yang mudah? Silakan ikuti tips merawat mobil yang satu ini.

Foto cara membersihkan setir mobil Toyota

Setir menjadi bagian  di dalam interior mobil yang banyak digenggam pengemudi

>>> Ban Mobil Pecah Di Jalan, Ini Yang Harus Dilakukan!

Untuk membersihkan lingkar kemudi, khususnya setir mobil Toyota, caranya sangat mudah. Anda cukup menyiapkan cairan pembersih interior, lap chamois, lap microfiber dan juga alat pembersih untuk sela-sela yang sulit dijangkau oleh lap. 

Tahap pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan setir menggunakan lap chamois yang sudah dibersihkan dengan air terlebih dahulu. Lap semua sisi setir hingga debu hilang dari lingkar kemudi. Anda juga bisa menggunakan cairan pembersih interior agar setir lebih bersih dari debu, dengan cara menyemprot ke area lingkar kemudi. Khusus setir berlapis bahan kulit, ada baiknya menggunakan cairan khusus untuk kulit agar kelembapannya tetap terjaga.

Tahap terakhir, gunakan lap microfiber untuk membersihkan sisa cairan yang ada di lingkar kemudi hingga kering. Sementara bagian-bagian yang sulit dijangkau bisa menggunakan alat khusus yang biasa digunakan untuk membersihkan kisi-kisi. Bersihkan juga debu-debu yang menempel di sekitar emblem.

>>> Simak juga tips dan trik menarik lainnya hanya di Konsultan Mobil HargaToyota.com

Hafizh Fauzan
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca