Apa Itu Konsep TNGA? Ini Penjelasan Mudahnya

12/02/2019

Konsep TNGA atau Toyota New Global Architecture memang sedang giat-giatnya digadang oleh Toyota Global. Dengan adanya konsep ini, mobil-mobil keluaran Toyota kini lebih fun to drive dan juga punya desain yang menarik. Sebenarnya apa itu konsep TNGA? Ini dia penjelasan mudahnya.

Saat ini, Toyota Global sedang giat-giatnya menggaungkan konsep desain baru dalam mendesain mobil, yaitu konsep TNGA atau akronim dari Toyota New Global Architecture. Dengan adanya konsep ini, mobil-mobil keluaran Toyota kekinian yang sudah mengusung konsep modern ini diklaim lebih fun to drive, lebih menyenangkan dinaiki  penumpang karena nyaman, dan juga memiliki desain yang sangat menarik. Rasa mobil Toyota dengan platform TNGA itu sangat berbeda cita rasanya dengan Toyota non platform TNGA. Lalu sebenarnya apa itu konsep TNGA

>>> Ini cara mudah memahami dan menggunakan fitur RCTA di All New Toyota C-HR

Tampak Implementasi TNGA

Ibarat Lego ataupun Tamiya, konsep TNGA mudah untuk dibongkar pasang

Jika Anda browsing dan mencari di mesin pencari semacam Google atau Bing, Anda akan dengan mudah mendapatkan keterangan maupun penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan TNGA. Tapi, apakah dengan mendapat penjelasan di internet mengenai apa itu konsep TNGA Anda akan mudah untuk mengerti dan paham? Karena rata-rata penjelasan mengenai konsep TNGA itu sangat panjang dan cenderung rumit. Makanya, kami dari Hargatoyota berinisiatif untuk membuat penjelasan mudahnya.

>>> Tidak perlu menekan tombol, pintu geser Toyota Sienta mampu menutup dengan sendirinya

Tampak All New Toyota C-HR 2018

Toyota All New C-HR 2018 merupakan mobil Toyota pertama yang menggunakan konsep TNGA

Sebenarnya TNGA adalah proses desain mobil secara keseluruhan, dari mulai merancang tempat pembuatan mobil itu sendiri, merancang konsep mobil yang akan dikeluarkan, memikirkan segmen pasar yang akan dimasuki, hingga proses produksi mobil itu sendiri. TNGA memiliki nilai-nilai yang harus ada pada sebuah mobil Toyota kekinian, yaitu  diantaranya konsep comfort, safety, visibility, dan pride of ownership. Konsep TNGA sejalan dengan tagline Toyota yang 'Ever Better Cars' dalam membuat mobil, makna dari 'Ever Better Cars' adalah mobil yang menjawab segala kebutuhan konsumen.

>>> Ini alasan mengapa Toyota Great Corrola masih diminati oleh konsumen

Tampak Sasis Toyota Corrola TNGA

TNGA bukan hanya sasis, namun lebih dari itu

Jadi, dari awal proses pembuatan mobil sudah dipikirkan secara matang, serta adanya penyederhanaan basis kendaraan yang akan diproduksi sesuai dengan segmentasinya. Ambil contoh, All New Toyota C-HR yang segmentasinya sangat berbeda dengan mobil lainnya. Toyota C-HR mampu mendobrak khazanah baru sebuah kendaraan crossover. Jika Anda pernah mencoba Toyota C-HR secara langsung, pasti Anda akan merasakan bahwa mobil tersebut berbeda sekali dengan Toyota yang dijual di tanah air bahkan di dunia sekalipun.

>>> Ini lho fitur pada Toyota kekinian yang membuat rasa fun to drive semakin mencuat

Tampak Penerapan Konsep TNGA di Pabrik Perakitan Toyota

Konsep TNGA diimplementasikan hingga proses produksi kendaraan di pabrik perakitan

Dengan konsep TNGA ini, sebenarnya bukan hanya konsumen yang diuntungkan karena akan mendapatkan mobil Toyota yang rasanya berbeda jauh dengan Toyota sebelumnya. Namun, pihak Toyota Motor Corporation juga akan diuntungkan dengan penerapan konsep TNGA ini. Karena, dengan adanya sharing platform akan membuat biaya produksi menjadi jauh lebih rendah. Bayangkan, satu sasis bisa dipakai oleh berbagai jenis mobil, dari yang tadinya ada 100 jenis sasis kini hanya tinggal 5 buah saja, tentu ini akan memangkas banyak biaya produksi.

>>> Cari tempat terpercaya untuk membeli mobil bekas dan baru buatan Toyota? Jangan ragu klik di sini

Tampak Logo TNGA dengan warna putih dan hitam

TNGA merupakan sebuah konsep simbiosis mutualisme, yang menguntungkan kedua belah pihak baik produsen maupun konsumen

Masalahnya, sekarang mengapa mobil berbasis TNGA dijual dengan harga mahal? Penyebab utamanya adalah karena basis TNGA ini sama sekai baru di Toyota, sehingga belum banyak digunakan pada mobil-mobil Toyota keluaran terkini. Saat ini didunia, yang menggunakan basis TNGA baru sedikitnya lima model, antara lain Toyota All New Prius, Toyota All New C-HR, Toyota All New Corrola, Toyota All New Camry dan Lexus UX series yang berbasis sama dengan C-HR. Kedepan, konsep ini akan populer, sebelumnya konsep sharing platform seperti ini sudah dilakukan terlebih dahulu oleh VW Groups.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Arfian Alamsyah
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca