Aki Mobil Toyota Panas Dan Berbau, Begini Cara Mengatasinya

19/02/2021

Aki menjadi sumber daya pada kendaraan dan memiliki peranan yang sangat penting. Bahkan dalam sistem pengisian listrik aki juga memiliki peran di dalamnya. Jika kondisi aki mobil soak maka terdapat bagian yang ikut bermasalah, salah satunya adalah sistem pengisian listrik di mobil. Namun masalah aki tidak hanya soal soak saja, kadangkala aki mobil Toyota panas dan muncul bau. Apa penyebabnya?

Adapun hal yang bisa menjadi penyebab aki mobil Toyota panas dan memunculkan bau menyengat adalah tegangan alternator yang berlebih atau pada dinamo amperenya. Munculnya bau dari aki mobil bisa membuat kesehatan terganggu, hal tersebut karena kandungan zat berbahaya di dalamnya. Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatasinya dilansir dari laman Auto2000.

1. Mengecek Sistem Pengisian Listrik Dan Kondisi Aki Mobil

Gambar ini menunjukkan pengecekan aki mobil

Cek kondisi aki mobil jika berbau dan panas berlebih

Agar bisa diketahui dengan benar penyebabnya maka pengecekan perlu dilakukan secara menyeluruh pada aki mobil. Apabila pada aki mengalami air mendidih dan suhunya tinggi maka bisa memeriksa sistem pengisian listrik dari aki. Dalam hal ini perlu dipastikan batas pengisian arus listrik dan tegangan dari alternator tidak berlebihan. Untuk mengetahuinya bisa melakukan pemeriksaan pada bagian alternator aki. Alternator sendiri mempunyai fungsi untuk menjadi pemasok listrik ke bagian aki mobil pada saat mesin dinyalakan. Kemudian alternator sendiri menghasilkan tegangan AC yang dikonversi jadi DC.

Untuk normalnya tegangannya berada diantara 12,7V sampai 14V. Tanda aki tekor adalah tegangannya di bawah angka tersebut. Namun jika melebihinya bisa membuat suhu aki jadi panas dan airnya mendidih. Apabila hal tersebut terjadi maka penggantian alternator perlu dilakukan karena tanda alternator mengalami kerusakan adalah tegangannya sudah terlalu tinggi.

>>> Meninggalkan Mobil Lebih dari Dua Minggu? Perhatikan Masalah pada Aki

2. Melakukan Pengurasan Air Aki Mobil

Gambar ini menunjukkan sebuah corong untuk mengisi air aki mobil

Saat menguras air aki gantu dengan air aki zuur label merah

Jika alternator tidak mengalami masalah, maka dalam mengatasi aki mobil Toyota panas dan berbau bisa dengan menguras air aki. Karena air aki zuur yang sudah digunakan dalam waktu yang lama bisa menjadi penyebabnya. Lakukanlah pengurasan kemudian melakukan penggantian dengan yang baru. Apabila telah dikuras maka bagian aki mobil dapat dibersihkan, jika ada kotoran menempel atau kerak bisa dilakukan penyikatan supaya hilang. Jika kondisinya sudah bersih barulah diisi dengan yang baru air zuur nya. Setelah itu dilanjutkan dengan mengisi tegangannya supaya dapat digunakan pada mobil.

Dalam proses pengurasan diharapkan meningkatkan kewaspadaan. Karena air aki zuur mempunyai kandungan H2SO4 yang bisa membuat kulit rusak saat terkena. Dalam mengatasi masalah tersebut, air aki zuur yang digunakan yang menggunakan label merah dan tidak mencampurnya dengan air aki.

>>> Beberapa Tips Mudah Menjaga Aki Mobil Toyota Avanza Dapat Tahan Lama

3. Melakukan Penggantian Aki Mobil

Gambar ini menunjukkan pemasangan aki mobil kondisi baru

Ganti aki baru merupakan solusi terakhir

Jika telah melakukan langkah di atas namun tidak ada perbedaan, maka hal terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan  mengganti aki mobil. Jadi bisa saja aki sudah tidak layak pakai dan kerusakannya sudah parah. Untuk kerusakan yang parah atau total pada aki mobil memang jarang terjadi. Namun untuk kerusakan total ini bisa disebabkan oleh aki yang kerap mengalami overcharge sehingga menimbulkan tegangan yang berlebih, usia pemakaian dan salah dalam memakai air aki.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan tentang mengatasi aki mobil Toyota panas dan berbau. Untuk perawatan simpel semua masalah pada kendaraan bisa menyerahkannya di bengkel resmi. Semoga bermanfaat dan tetap jaga kondisi kendaraan dengan melakukan servis berkala di bengkel resmi.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

International