Ada Beberapa Jenis Filter Pada Mobil Toyota, Ini Informasinya

01/06/2021

Di dalam mobil terdapat banyak komponen yang terdiri dari beragam bentuk dan mempunyai fungsi berbeda. Pada kali ini kami akan membahas bagian yang cukup penting di dalam mobil yakni filter. Jadi terdapat beberapa jenis filter pada mobil Toyota yang perlu dilakukan pemeriksaan. Tujuannya adalah menjaga kondisi mesin mobil tetap baik dan nyaman ketika dikendarai.

Toyota menjadi salah satu pabrikan mobil ternama yang sudah dikenal oleh banyak orang. Produk-produknya terkenal akan ketangguhan dan kenyamanan serta masuk dalam beragam segmen. Terdapat 4 jenis filter pada mobil Toyota yang perlu diperhatikan kondisinya. Dengan begitu kenyamanan selama perjalanan dapat dirasakan dan mobil tidak gampang mengalami masalah.

Jenis Filter Pada Mobil Toyota

1. Filter Udara Pada Mesin Mobil

Gambar ini menunjukkan 2 filter udara pada mesin mobil kondisi kotor dan bersih

Filter udara berperan penting pada mesin kendaraan

Fungsi dari filter udara adalah untuk mencegah atau debu dan kotoran supaya tidak masuk ke bagian ruang bakar dan sistem injeksi. Jadi penyaringan dilakukan dan yang masuk hanya udara yang bersih saja. Apabila bagian ini dalam kondisi kotor dan terus digunakan bekerja maka bisa membuat pemilik mobil rugi sendiri. Debu dan kotoran yang masuk bisa membuat mesin mengalami penurunan tenaga dan boros bahan bakar. Jika dibiarkan dalam jangka panjang maka usia pemakaian mesin juga menurun dan bisa menjadi penyebab komponen mengalami masalah.

Dalam penggantian biasanya disarankan setiap 40.000 km atau sekitar 2 tahun mobil digunakan untuk mobil dengan mesin bensin. Kalau mesin diesel penggantian dilakukan setiap 1,5 tahun atau sekitar 30.000 km mobil digunakan. Sobat bisa melihat buku manual kendaraan soal penggantian tersebut. Meskipun begitu, ada penggantian yang lebih cepat seperti kendaraan yang kerap digunakan pada area proyek sehingga membuat mobil bekerja lebih keras.

>>> Lihat Juga, Jaga Performa Kendaraan Dengan Membersihkan Filter Udara Pada Mobil Toyota

2. Filter Oli Pada Mesin Mobil

Gambar ini menunjukkan filter oli pada mobil

Oli bekerja melumasi komponen kendaraan yang saling bergesekan

Filter oli mempunyai tugas yang terbilang paling berat dibandingkan dengan lainnya. Hal tersebut karena untuk tugasnya berhubungan dengan kinerja dari mesin mobil. FUngsinya adalah untuk memastikan bahwa oli mesin tetap dalam keadaan bersih tanpa adanya kontaminasi dari serbuk metal, jelaga, air dan kotoran lainnya. KOmponen yang bergerak di dalam mesin mobil bisa saja rusak jika filter oli tidak bekerja dengan baik karena adanya gangguan dalam proses pelumasan di dalam mesin.

Jika terdapat kotoran yang menyumbat filter oli maka sirkulasi oli jadi terganggu dan kinerjanya jadi menurun. Penggantian filter oli biasanya ikut dengan jadwal saat melakukan servis berkala yang biasanya dilakukan setiap 6 bulan atau 10.000 km. Tujuan penggantian adalah supaya tugasnya bisa tetap bekerja dengan semestinya dan mesin tetap terlindung.

>>> Baca Juga, Jangan Asal Saat Melepas Aki Mobil Toyota, Begini Caranya!

3. Filter Bahan Bakar Di Mobil

Gambar ini menunjukkan filter bahan bakar Toyota dalam kondisi baru

Filter pastikan bahan bakar bersih

Jenis filter pada mobil Toyota selanjutnya adalah filter bahan bakar pada mobil. Dimana fungsinya adalah untuk memastikan bahan bakar yang masuk ke dalam saluran bahan bakar dalam kondisi bersih. Jika kotoran masuk maka akan membuat saluran tersumbat dan tidak lancar serta saat mobil melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi mobil akan tersendat-sendat.

Air yang terdapat dalam bahan bakar juga akan disaring, karena jika masuk ke dalam mesin bisa menjadikan komponen berkarat. Dalam penggantian, filter bahan bakar dilakukan setiap 4 tahun atau 80 ribu kilometer.

>>> Baca Juga, Ini Penyebab Merawat Filter AC Mobil Toyota Diperlukan

4. Filter AC Mobil

gambar ini menunjukkan filter AC mobil Toyota dalam kondisi baru

AC menjadi fitur standar untuk mobil saat ini

Dalam pembahasan ini, jenis filter terakhir adalah AC mobil. Dimana untuk bagian ini berhubungan dengan kenyamanan di dalam kabin selama perjalanan. Suhu dari AC mobil yang dingin bisa membuat perjalanan terasa menyenangkan. Jika filter kotor maka bisa membuat udara yang dihembuskan ke bagian kabin mobil akan kurang bagusĀ  serta tidak menyehatkan. Apalagi untuk sistem AC mobil mengandalkan sirkulasi tertutup yakni udara yang dihembuskan adalah dari udara sebelumnya.

Apabila terdapat jamur, kotoran dan debu yang menumpuk pada filter maka dapat membuat kesehatan pengendara dan penumpang terganggu. Bahkan kotorannya juga bisa menempel pada bagian evaporator dan proses pendinginan jadi terhambat. Resiko yang dapat dialami adalah suhu AC tidak dingin sampai muncul bau dari udara dari AC. Dalam penggantian biasanya dilakukan setiap 10 ribu km atau 6 bulan.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan tentang jenis filter pada mobil Toyota. Semoga bermanfaat dan selalu rawat kendaraan dengan melakukan servis berkala di bengkel resmi.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 

Mungkin Anda ingin baca

  • Beberapa Alasan Mengapa Punya Alat Pengukur Tekanan Angin Ban Menguntungkan

    Beberapa Alasan Mengapa Punya Alat Pengukur Tekanan Angin Ban Menguntungkan

    Abdul

    Ban mobil mempunyai tekanan angin di dalamnya. Ditambah lagi komponen ini berhubungan langsung dengan aspal jalanan sehingga kondisinya perlu diperhatikan. Pada saat kekurangan angin diharapkan menambahkannya sesuai rekomendasi pihak pabrikan. Untuk bisa mengetahui apakah angin pada ban mobil sudah sesuai atau tidak maka perlu menggunakan alat pengukur tekanan angin ban.

  • Mengetahui Fakta Menarik Toyota Raize 2021, SUV Kompak Dengan Desain Sporty

    Mengetahui Fakta Menarik Toyota Raize 2021, SUV Kompak Dengan Desain Sporty

    Abdul

    Toyota Raize merupakan mobil yang sudah dibekali dengan mesin turbo. Dimana kehadirannya cukup menarik banyak kalangan. Masuk dalam segmen mobil SUV kkompak siap mendukung pengendaraan pemiliknya dalam beraktivitas dan ke tempat yang diinginkan. Nah kali ini kami akan membahas mengenai fakta menarik Toyota Raize 2021.

  • Baru Pertama Kali, Ini Hal Sederhana Dalam Mengemudi Toyota Avanza Matic Tapi Penting

    Baru Pertama Kali, Ini Hal Sederhana Dalam Mengemudi Toyota Avanza Matic Tapi Penting

    Abdul

    Sistem transmisi mobil Toyota Avanza ada yang manual dan ada yang matic. Mobil ini masuk dalam segmen MPV yang banyak dijadikan andalan sebagai kendaraan keluarga. Dari segi kapasitas penumpang terbilang mumpuni, apalagi varian matic dapat mudah untuk dikendalikan. Nah jika mengemudi Toyota Avanza matic maka kepraktisan dan kenyamanan akan dirasakan pengemudi.

International