Ada Bahaya Saat Sembarangan Pilih Oli CVT Untuk Mobil Toyota, Harap Diperhatikan

26/11/2020

Penggunaan oli CVT harus sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Jika tidak maka dapat berakibat fatal yang merugikan diri sendiri. Dibandingkan mesin transmisi konvensional, CVT memiliki perbedaan seperti dalam perawatannya.

Mobil mempunyai beragam jenis dan model. Bahkan terdapat beberapa pilihan transmisi seperti manual dan juga otomatis. Pada mobil dengan transmisi otomatis terdapat beberapa model yang ditawarkan yakni konvensional dan CVT (Continuously Variable Transmission). Kedua model tersebut mempunyai perawatan yang berbeda. Karena dari dari segi komponen dan mekanismenya terdapat perbedaan. Begitupun soal oli CVT yang berbeda dengan oli biasa.

Gambar ini menunjukkan ilustrasi sistem transmisi CVT pada mobil

Transmisi CVT berbeda dengan transmisi otomatis di mobil

>>> Baca Juga, Jangan Salah, Ini Sebab Transmisi CVT Banyak Dipakai Mobil Toyota

Berkaitan dengan hal tersebut, dari pihak Suparman selaku Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso memberikan penjelasan bahwa untuk perawatan transmisi CVT  terbilang khusus dan pemilik tidak boleh diabaikannya. Setidaknya pemilik perlu cek dan mengganti pelumasnya dengan rutin.

“Bentuk perawatan sebenarnya tidak susah. Namun tidak boleh dianggap remeh juga. Cukup rutin melakukan pergantian oli CVT yang fungsinya untuk melumasi rantai CVT. Ini sangat penting untuk diperhatikan pemilik Toyota yang mobilnya sudah menggunakan teknologi CVT,” jelas Suparman.

Lantas kapan waktu yang tepat untuk melakukan penggantian oli?

Dari pihak Suparman menyebutkan, bahwa penggantian oli transmisi CVT dilakukan setiap 5 tahun atau 10.000 km untuk normalnya. Meskipun begitu ada yang harus diperhatikan yakni tidak terjadi kebocoran sama sekali. Akan tetapi bila menginginkan kendaraannya mempunyai transmisi CVT dalam kondisi baik dan prima maka pemilik sebaiknya melakukan penggantian oli CVT setiap 10 ribu km.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Yaris warna kuning

Toyota Yaris salah satu mobil dengan transmisi CVT

>>> Baca Juga, Berbeda Dengan Transmisi Matic Biasa, Ini Dia Cara Merawat Transmisi CVT Toyota Anda

Dengan melakukan hal tersebut tentunya membuat transmisi akan bekerja dengan maksimal. Bahkan dari pihak Suparman juga menyebutkan, untuk penggantiannya lebih cepat lebih bagus karena rantai CVT akan dapat bertahan lama dan tidak mengalami keausan dengan mudah. Ditambah lagi mobil yang dihadapkan dengan jalanan perkotaan yang seringkali mengalami kemacetan.

Dari pihak Suparman juga memberikan penekanan kepada pemilik mobil. Yang mana dalam melakukan penggantian oli CVT tidak boleh sembarangan dalam memilih ataupun membelinya. Setiap mobil mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda meskipun sama-sama menggunakan CVT. Untuk mobil Toyota dari pihak pabrikan telah memberikan standar khusus untuk penggunaan pelumas CVT. Adapun pelumas yang dirancang dan disesuaikan dengan karakteristik dari mobil Toyota adalah Toyota Genuine CVT Fluid FE.

“Jangan menggunakan oli yang tidak disarankan. Karena belum tentu baik untuk melumasi CVT. Pelumas Toyota secara keunggulan sudah pas karena dibuat sesuai kebutuhan kendaraan CVT. Viskositasnya tinggi yang membuat friction loss lebih baik saat temperatur rendah,” akunya.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan oli Toyota Genuine CVT Fluid FE untuk mobil Toyota

Oli khusus transmisi CVT mobil Toyota

Untuk penggunaan di luar yang direkomendasikan maka akan mendapatkan kerugian yang dirasakan oleh pemilik mobil. Saat pakai oli berbeda maka transmisi mobil jadi menyentak, mesin kurang responsif hingga dapat membuat CVT pada mobil mengalami kerusakan. Untuk masalah yang paling terburuk bisa saja terjadi saat salah pakai oli CVT adalah mobil tidak dapat lagi digunakan.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Oh Ini Sebab Sistem Penggerak Roda Toyota Avanza Pakai RWD Sampai Saat Ini

    Oh Ini Sebab Sistem Penggerak Roda Toyota Avanza Pakai RWD Sampai Saat Ini

    Abdul

    Siapa yang tidak kenal dengan Toyota Avanza, sebuah kendaraan MPV yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Bahkan dari kalangan bawah sampai atas banyak yang mengetahui akan mobil ini. Di pedesaan juga mudah menemukan mobil tersebut. Tapi tahukah Sobat, selain soal kelebihan yang dimiliki sistem penggerak roda Toyota Avanza mengandalkan roda belakang atau RWD (Rear Wheel Drive).

  • Beberapa Alasan Toyota Agya Diincar Di Perkotaan Bisa Jadi Referensi

    Beberapa Alasan Toyota Agya Diincar Di Perkotaan Bisa Jadi Referensi

    Abdul

    Terdapat alasan Toyota Agya diincar di perkotaan. Jadi mobil besutan Toyota satu ini memang digemari untuk melintasi daerah perkotaan. Tentunya terdapat alasan tersendiri bagi masyarakat yang mencarinya. Apakah Sobat termasuk salah satunya?

  • Melirik Kehebatan Toyota Fortuner 4x4 2020, Mobil SUV Toyota Yang Tangguh

    Melirik Kehebatan Toyota Fortuner 4x4 2020, Mobil SUV Toyota Yang Tangguh

    Abdul

    Toyota Fortuner 4x4 2020 merupakan kendaraan SUV tangguh yang dapat diandalkan untuk melintasi segala medan. Teknologi yang diberikan juga mumpuni dan dapat digunakan untuk bepergian bersama keluarga tercinta. Lantas apa kehebatan Toyota Fortuner 4x4 2020?

International