AC Mobil Terlalu Dingin, Begini Cara Menyiasati

25/06/2019

AC mobil terlalu dingin adalah salah satu masalah paling kerap dijumpai. Hal ini tentu harus diatasi, karena hawa dingin yang dikeluarkan AC akan membuat pengemudi dan penumpang kurang nyaman bahkan bisa sakit. Bagaimana cara mengatasinya?

Foto Dashboard Toyota CH-R Hybrid tampak menggoda

Air Conditioner (AC) sudah menjadi fitur kenyamanan standar pada mobil

Sebelum membicarakan cara menyiasati AC mobil terlalu dingin ada baiknya ketahui dulu mengapa hal itu bisa terjadi. Apa yang jadi penyebabnya. Menurut para spesialis, setidaknya ada beberapa faktor yang memicu timbulnya masalah AC terlalu dingin, diantaranya:

  • Drive (fan) belt AC putus, sehingga tidak ada yang bertugas menyalurkan putaran mesin dan putaran kompresor.
  • Freon kurang bisa disebabkan oleh kebocoran AC, yang umumnya terjadi di sambungan pipa AC, seal shaft, atau relief valve kompresor. Kurangnya freon akan membuat AC terlalu dingin di dalam kabin.
  • Kondensor dan radiator kotor bisa disebabkan oleh debu, karatan, atau sirip tertekuk. Pembuangan panas tidak sempurna dan proses kondensasi tidak sempurna.
  • Motor cooling fan mati atau putarannya lemah / terbalik juga menyebabkan proses kondensasi tidak sempurna.
  • Field coil atau spul magnetic clutch putus bisa mengakibatkan armature assembly (centerpiece) tak terhubung dengan puli kompresor ac yang berputar bersama mesin.
  • Tekanan sistem AC bekerja berlebihan karena kondensor dan radiator kotor. Hal ini akan membuat overheating sistem AC. Switch tekanan tinggi pun bekerja dan memutus arus listrik – dari magnetic clutch ke field coil.

>>> Toyota Jelaskan Tips Menjaga AC Tetap Dingin untuk Mobil Toyota Anda

Foto para pekerja di Bengkel Spesialis AC mobil

Berbagai macam permasalahan bisa muncul pada AC mobil

Saat Anda berhasil mendeteksi permasalahan yang muncul pada AC mobil, maka Anda perlu melakukan pengecekan. Tiga hal yang perlu Ada periksa, yaitu:

1. Periksa Refrigerant / Freon

Periksa tekanan refrigerant / freon dengan AC manifold testing tool (alat pengukur tekanan rendah atau tinggi refrigerant / freon). Setelah menemukan tekanan angkanya, maka Anda perlu membandingkannya dengan tekanan refrigerant / freon standar mobil Anda (bisa dicek di sasis mobil).

Jika tekanan refrigerant / freon normal, itu tanda tak ada masalah pada isi refrigerant / freon. Namun, jika tekanan refrigerant / freon kurang atau habis, maka terdapat kebocoran AC. Temukan sumber kebocoran, baru isi lagi dengan freon baru.

>>> Simak juga daftar harga pasaran dari mobil Toyota yang dijual di Indonesia

2. Periksa Komponen dari Kebocoran

Setelah memeriksa refrigerant / freon, Anda perlu memeriksa berbagai komponen dari kebocoran. Anda mesti berhati-hati melewatkan kebocoran, sebab bisa jadi kebocoran sangat kecil dan tidak terdeteksi mata telanjang. Jika begitu, Anda bisa menambahkan cat khusus yang dimasukkan kedalam sistem AC. Untuk pemeriksaan, Anda memerlukan senter dengan sinar ultraviolet. Jika posisi kebocoran telah ditemukan, maka Anda bisa mengambilnya dengan lem plastik atau mengganti komponen.

3. Periksa Sistem Elektrik AC

Jika tidak ada kebocoran atau masalah di refrigerant / freon, maka Anda bisa memeriksa sistem elektrik AC di beberapa komponen, yaitu: kipas pendingin, magnetic clutch, dan blower kabin. Berikut penjelasan masing-masing komponen ini.

  • Cek apakah kipas pendingin di sistem AC mobil mengalami mati atau hidup. Jika mati, Anda bisa mengganti sekeringnya. Namun jika tetap mati, maka mungkin ada yang kotor pada kipas dan motornya. Hal yang mesti dilakukan adalah membersihkan kipas dan motor kipas. Jika masih belum mau menyala, ada kabel yang putus. Bisa dicek dengan ohm meter untuk mencari kabel yang putus itu.
  • Cek bagian fuse yang ada di magnetic clutch. Jika fuse normal, maka penyebab lainnya adalah sensor – sensor tekanan freon dan sensor temperatur blower. Kerusakan sensor bisa dideteksi dengan alat scan. Namun jika kerusakannya berada di magnetic clutch, maka harus diganti.
  • Cek blower kabin, walaupun masalah AC terlalu dingin jarang disebabkan hal ini.

Pengecekan di atas bisa Anda lakukan sendiri kalau Anda memiliki pengetahuan soal AC mobil. Jika tidak, sebaiknya Anda bawa ke bengkel spesialis AC atau bawa ke bengkel resmi yang memang sangat direkomendasikan.

>>> Waspada! Kebiasaan Buruk Pengendara Ini Dapat Merusak AC Mobil

Foto para mekanik bengkel Toyota Auto2000 sedang melakukan pemeriksaan

Jika tak memiliki keahlian, lebih baik serahkan permasalahan kepada bengkel resmi

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Fatchur Sag
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca