7 Pilihan Terbaik Mobil Bekas di Bawah 200 Juta yang Irit Bahan Bakar

08/02/2018

Menakar mobil bekas di bawah 200 juta yang irit bahan bakar memang gampang-gampang susah. Beberapa varian mobil memberikan pengalaman mengemudi yang menyenangkan, namun tentu saja menguras kantong lebih banyak untuk pembiayaan bahan bakar. Namun, beberapa mobil terbukti masih menyediakan ruang yang cukup baik untuk efisiensi bahan bakar dan tenaga yang digunakan.

Beberapa mobil bekas di bawah 200 juta yang irit bahan bakar di bawah ini bukan hanya memberikan efisiensi bahan bakar yang mumpuni, namun juga memberikan kepuasan mengemudi meskipun anda membeli mobil second.

1. Toyota Yaris Sportivo 2016

Desain yang sporty dan macho menjadi salah satu daya tarik mobil Toyota selain efisiensi bahan bakarnya yang sangat baik. Kental dengan desain mewah yang diperlihatkan dengan interior kulit di dalamnya, bagian kabin All New Yaris Sportivo sangat lapang. Meskipun bagian kursi pengemudi digeser kebelakang, namun penumpang tidak merasa kesempitan.

gambar menunjukkan sebuah mobil Toyota Yaris berwarna orange sedang diparkir di pinggir jalan

Efisiensi bahan bakar digabung dengan desain yang sporty

Mempertahankan mesin 1NZ-FE 4 silinder 16 katup DOHC VVT-i 1.5L, mobil ini mampu melaju kencang 0-100km/jam hanya dalam waktu 13 detik. Dengan kecepatan konstan, Yaris Sportivo tahun 2016 seharga Rp. 150 juta ini bisa memaksimalkan bahan bakar menjadi 1:16.5.

2. Nissan Juke 2011

Crossover Nissan pertama yang diperkenalkan pada gelaran Genea Motor Show 2009, mobil ini sempat booming di Indonesia karena desainnya yang unik. Versi facelift bisa dibilang membawa angin segar bagi mobil ini. Dengan perubahan pada bagian kabin dan interior, mobil ini dilengkapi dengan sistem hiburan dan kemudi yang mumpuni.

gambar menunjukkan sebuah mobil Nissan Juke berwarna abu abu hitam sedang diparkir di pinggir jalan

Konsumi bahan bakar mumpuni dengan harga yang murah

Untuk performa, dilengkapi dengan mesin bensin HR15DE 1.5L bertenaga 114HP dan torsi maksimal 148Nm, mobil ini dipadukan dengan tansmisi Xtronic CVT. Dual injector juga membuat pengolahan bahan bakar menjadi lebih efisien dengan mencatatkan konsumsi 15km/liter. Anda bisa memarkirkan mobil ini di garasi anda dengan membayar sebesar Rp. 155 juta saja.

3. Honda HR-V E CVT 2016

Merupakan varian tertinggi mobil Honda HR-V, tipe E CVT memberikan efisiensi bahan bakar yang hemat, bahkan untuk mobil dalam kota. Ketika dilakukan uji coba dengan situasi macet stop and go, mobil ini terasa nyaman digunakan. Tentu saja kenyamanan ini cocok bagi anda yang tinggal di daerah perkotaan yang sering menemui kemacetan.

gambar menunjukkan sebuah mobil Honda HRV berwarna putih sedang diparkir

Bahan bakar yang ekonomis untuk mobil SUV

Dengan mesin 1.5L 6 percepatan CVT, mobil ini mempunyai tenaga maksimum 120PS dengan torsi 145Nm. Mobil yang dibanderol sehaga Rp. 160 juta ini mencatatkan konsumsi bahan bakar sebanyak 12.5km/liter. Angka ini bisa dibilang cukup baik untuk sekelas mobil SUV perkotaan yang sering digunakan bermacet ria.

4. Suzuki Ertiga GL 2016

Perubahan cukup signifikan dilakukan oleh Suzuki untuk varian Ertiga GL mereka yang dirilis tahun 2016 lalu. Mobil bekas Ertiga GL saat ini dibanderol dengan haga Rp. 165. Harga yang cukup masuk akal dibandingkan dengan konsumsi bahan bakar yang menyentuh 17.5km/liter.

gambar menunjukkan sebuah Suzuki Ertiga GL 2016 berwarna silver sedang ada di dalam rumah

Teknologi baru membuat Ertiga GL menjadi pilah utama mobil hemat

Efisiensi bahan bakar ini didapatkan setelah perubahan pada mesin menghadirkan pemakaian bahan bakar yang leih irit. Menggunakan mesin K14B DOHC 4 silinder 1.400cc, Ertiga juga dilengkapi dengan teknologi terbaru Variable Valve Timing (VVT), Metal Timing Chain, Multi Point Injectio (MPI) dan Drive by Wire Tekchnology.

5. Honda Jazz RS 2014

Pengujian terbaru Honda Jazz mencatatkan efisiensi bahan bakar yang cukup besar dibandingkan mobil lain di daftar ini. Namun, Honda Jazz bekas 2014 juga tak kalah iritnya dengan mobil baru. Menggunakan mesin 1.497cc dengan 4 silinder i-VTEC, mobil ini mencatatkan perolehan konsumsi BBM sebesar 16liter/km.

gambar menunjukkan sebuah mobil Honda Jazz RS 2014 berwarna silver sedang diparkir di dalam ruang

Konsumsi bahan bakar yang ringan dengan percepatan halus

Menggunakan transmisi CVT Earth Dreams, Honda Jazz mempunyai peningkatan percepatan yang halus, apalagi ketika berada dalam kondisi stop and go. Mobil yang dibekali juga dengan tenaga 120dk dan torsi maksimal 145Nm bisa anda dapatkan dengan merogoh kocek mulai dari Rp. 190 Juta.

6. Volkswagen Golf TSI 2010

Diluncurkan di pasar Asia untuk memenuhi kebutuhan mobil ‘elegan’, Volkswagen memberikan desain luar khas Eropa yang stylish dan minimalis. Selain itu, VW Golf juga dilengkapi dengan mesin TSI yang membuat mobil ini dikenal sebagai mobil ramah lingkungan, walaupun diproduksi lebih dari 7 tahun yang lalu.

gambar menunjukkan sebuah mobil Volkswagen Golf TSI berwarna putih sedang diparkir di pinggir jalan

Mewah, elegan, dan hemat bahan bakar

Dengan mesin otomatis, efisiensi bahan bakar mencatatkan angka 1 liter untuk setiap 15.6km yang ditempuh. Meskipun dinilai mahal untuk ukuran mobil lama, yaitu dihargai sebesar Rp. 195 Juta, keanggunan dan efisiensi mobil ini patut diperhitungkan ketika anda ingin membeli mobil bekas yang berkualitas.

7. Mitsubishi Outlander 2012

Mobil SUV gahar ini mempunyai penjualan yang masih stabil di Indonesia. Karena itu, banyak mobil bekas yang saat ini diperjual belikan di pasaran Indonesia. Dengan mesin 2L dan transmisi GLX untuk mobil manual dan GLS serta PX untuk transmisi otomatis, mobil ini mempunyai tenaga buas sebesar 150HP dan torsi maksimal sebesar 197Nm.

gambar menunjukkan sebuah mobil Mitsubishi Outlander 2012 berwarna biru sedang diparkir di pinggir jalan

Salah satu mobil SUV gahar yang irit bahan bakar

Dengan teknologi MIVEC yang hampir sama dengan fitur VVT-I atau VTEC, mobil ini mencatatkan angka 11km/liter untuk jalanan kota dan 16km/liter untuk jalan tol. Dengan tenaga yang besar dan kenyamanan mengemudi tingkat atas, Outlander bekas tahun 2012 yang dihargai Rp. 200 Juta ini terbilang irit bahan bakar dan bisa menjadi pilihan anda.

Beberapa mobil bekas di bawah 200 juta yang irit bahan bakar bukan hanya mementingkan efisiensi bahan bakar, tai juga desain dan tenaga yang mengagumkan. Untuk itu, mengetahui kebutuhan dan kenyamanan mengemudi merupakan salah satu syarat unuk membeli mobil bekas dengan harga yang memuaskan.

Padli Nurdin
 

Mungkin Anda ingin baca

  • Tips Membeli Mobil Niaga Baik Baru Dan Bekas

    Tips Membeli Mobil Niaga Baik Baru Dan Bekas

    Handy

    Mobil niaga lebih dikhususkan untuk kegiatan pengangkutan barang baik dalam kegiatan bisnis ataupun kegiatan yang lainnya. Karena fungsinya ini, mesin yang dipasang di mobil ini tergolong cukup besar dan mampu mengangkut muatan berkilo-kilo sehingga mendukung kegiatan pengangkutan sehari-hari baik untuk usaha maupun kegiatan pengangkutan lainnya. Berikut tips membeli mobil niaga

  • 6 Mobil Niaga Paling Dicari di Indonesia

    6 Mobil Niaga Paling Dicari di Indonesia

    Padli Nurdin

    Mobil pick up banyak digunakan di Indonesian sebagai mobil niaga, yaitu mobil yang digunakan untuk melakukan perdagangan. Muatan yang banyak bukan hanya satu-satunya syarat mobil niaga terbaik, meskipun biasanya mobil pick up memang digunakan untuk mengangkut barang.

  • Penyebab Awal dari Kebakaran Mobil yang Bisa Terjadi (Bagian 2)

    Penyebab Awal dari Kebakaran Mobil yang Bisa Terjadi (Bagian 2)

    Padli Nurdin

    Karena banyaknya komponen listrik dan mesin yang ada pada mobil, bukan tidak mungkin sebuah mobil bisa terbakar. Penyebab kebakaran mobil bisa bermacam-macam, mulai dari kesalahan produksi sampai kesalahan perawatan pengguna mobil itu sendiri.