6 Tips Merawat Mobil Toyota Dari Auto2000

26/03/2019

Tentu bagi Anda yang punya mobil Toyota, sudah tak asing lagi dengan Auto2000. Ya, diler terbesar Toyota ini memberikan beberapa tips merawat mobil Toyota. Cara-cara yang dihadirkan juga terbilang praktis dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Kebutuhan mobil saat ini tampaknya kian berkembang. Salah satu alasan yang paling menonjol adalah hadirnya kategori baru seperti Low Cost Green Car (LCGC). Toyota Calya adalah salah satu contohnya yang sedang naik daun dalam beberapa tahun belakangan ini.

Tak heran, kebutuhan informasi bagi pemilik kendaraan Toyota juga kian meningkat. Merespon hal tersebut, Auto2000 hadir dengan 6 tips merawat mobil Toyota supaya para konsumennya dapat dengan mudah merawat kendaraannya.

1. Mencuci Mobil Secara Rutin

Mobil yang kotor cenderung memberi dampak buruk jangka panjang. Apalagi musim hujan yang tak menentu, umumnya dapat membuat karat, kaca berjamur dan kualitas cat yang menurun.

Mencuci mobil juga terbilang penting dalam pemeliharaan bodi luarnya

Mencuci mobil juga diharuskan berkala supaya kaca mobil tidak berkerak maupun mencegah korosi

Auto2000 menyarankan kepada Anda untuk dapat mencuci bagian luar mobil Toyota secara rutin. Alat-alat yang dibutuhkan pun terbilang sederhana seperti halnya karet busa atau kain Mikrofiber. Jangan pernah gunakan kain-kain kasar karena dapat membuat baret pada bodi mobil Anda.

Pastikan juga, cuci mobil ketika mesin dalam kondisi dingin supaya tangan Anda tak terkena panas mesin. Lakukan pencucian mobil secara ringan minimal 2 Minggu sekali.

>>> Bagi Anda yang tertarik untuk membeli mobil stylish dengan harga terjangkau, tersedia Toyota Agya, simak harganya di sini

2. Membersihkan Interior Mobil

Mungkin sebagian orang hanya menganggap kebersihan eksterior saja yang perlu dijaga. Merespon hal ini, Auto2000 mengklaim bahwa ruang kabin mobil Toyota juga harus dibersihkan secara berkala.

Membersihkan interior mobil juga menjadi komponen penting

Ruang interior juga perlu dibersihkan supaya sirkulasi udara AC tetap bersih

Hal ini tentunya ditujukan supaya kabin tidak kotor yang notabene dapat membuat AC tidak terasa dingin seperti saat membeli baru. Pastikan noda-noda atau tempat berdebu dibersihkan menggunakan Vacuum Cleaner. Setelah itu, gunakan lap halus dengan air hangat untuk mengelap noda-noda membandel. Terakhir, gunakan lap kering dan tempatkan mobil di area yang teduh.

>>> Mungkin Anda tertarik: Ingin Pasang Plat Nomor Cantik? Ini Hal-Hal Yang Harus Anda Ketahui

3. Ganti Oli Secara Berkala

Penggantian oli memang menjadi hal penting dalam merawat mobil Toyota. Pasalnya, jika tidak dilakukan dengan rutin maka kekentalan oli akan berubah karena menumpuknya kotoran dan lumpur pada mesin.

Salah satu kendala jika tidak rutin adalah mesin yang cenderung bersuara kasar, sulit melakukan Starter dan penurunan kinerja minyak oli. Disarankan, penggantian oli pada saat 3.000 hingga 5.000 Km khusus oli berkode 20W-50. Adapun untuk oli 10W-40, penggantian bisa dilakukan pada 7.500 hingga 10.000 Km.

Mengecek oli secara berkala harus diganti ketika warna berubah menjadi hitam

Proses ganti oli juga harus dipantau lebih lanjut

Lantas bagaimana dengan mobil keluaran lama? Anda hanya melakukan pengecekan pada warna dan bau oli. Jika oli sudah berubah warna, bahkan sudah berwarna hitam dan berbau tengik, Anda harus segera menggantinya. Pastikan juga Filter oli diganti 8 bulan sekali sehingga performa mesin tetap terjaga.

>>> Mobil berkapasitas 7 orang dengan harga terjangkau Rp. 100 jutaan adalah Toyota Calya, lihat review lengkapnya di sini

4. Pengecekan Air Radiator

Air Radiator juga harus dilakukan pengecekan secara berkala. Pasalnya, komponen satu ini sangat menentukan performa mesin. Jika tidak dipantau lebih lanjut maka mesin mobil Toyota Anda bisa Overheating alias kepanasan.

Cek Air Radiator juga menjadi hal penting dalam memelihara kesehatan mobil

Air radiator sendiri juga penting untuk dicek supaya mesin tidak cepat Overheating

Pastikan cairan pendingin berada di tingkatan antara FULL dan LOW. Penting juga kami ingatkan bahwa lakukan metode ini ketika mesin dalam kondisi dingin. Jangan pernah membuka kondisi Radiator dalam kondisi panas.

5. Pantau Komponen Aki

Aki adalah komponen yang menyuplai dan mengalirkan listrik ke berbagai perangkat listrik pada mobil dan ketika menghidupkan mesin. Jika tidak dilakukan pengecekan secara rutin maka volume Electrolyte pada aki juga kian menurun.

Selama prosesnya, pastikan baterai aki tidak berkarat, tidak ada sambungan yang longgar, retak atau bahkan bocor. Cairan pada baterai juga perlu dipantau lebih lanjut dan pastikan berada di level antara Upper Level dan Lower Level.

>>> Klik di sini untuk mengetahui harga lengkap dari Toyota Avanza, mobil paling laris di Indonesia

6. Pemeriksaan Minyak Pelumas

Nah di segmen terakhir adalah tentang minyak pelumas. Komponen satu ini memiliki fungsi untuk merawat mesin serta komponen lainnya agar tetap terjaga kualitasnya.

Ada beberapa bagian yang harus diperiksa lebih lanjut antara lain Power Steering, minyak rem serta pendingin mesin. Sedangkan untuk pemeriksaan oli gardan dan oli transmisi, ada baiknya Anda melakukan saat servis di bengkel kepercayaan Anda.

Itulah kiranya berbagai tips merawat mobil Toyota dari Auto2000. Pastikan kendaraan Anda selalu dirawat dengan cara memantau segala komponen lebih rutin. Pasalnya, dewasa ini, banyak orang hanya mampu membeli mobil saja tanpa memahami cara merawatnya. Alhasil, ongkos yang dikeluarkan akibat tidak rutinnya pengecekan mobil, menjadi kian meningkat. Dan jangan lupa, kendaraan Anda adalah cerminan kepribadian Anda. Jangan lupa untuk merawatnya selalu ya sobat.

>>> Simak juga tips dan trik menarik lainnya dalam merawat mobil

Franky Pratama
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Mengetahui Fitur Toyota Fortuner Generasi Pertama Yang Cukup lengkap Di Zamannya

    Mengetahui Fitur Toyota Fortuner Generasi Pertama Yang Cukup lengkap Di Zamannya

    Abdul

    Toyota Fortuner diperkenalkan pertama kali tahun 2005 oleh PT TAM (Toyota Astra Motor). Yang mana mobil ini masuk dalam kelas big SUV tangguh dan siap dipakai untuk melintasi jalanan segala medan. Nah kali ini kami akan membahas tentang fitur Toyota Fortuner generasi pertama.

  • Mengenal Lebih Banyak Fungsi Dari Kaca Spion Mobil Toyota

    Mengenal Lebih Banyak Fungsi Dari Kaca Spion Mobil Toyota

    Abdul

    Toyota menjadi salah satu produsen mobil yang cukup ternama di Indonesia. Beragam fitur diberikan pada mobilnya untuk mendukung kenyamanan berkendara. Setiap bagian pada mobil mempunyai fungsi masing-masing. Untuk segmen kali ini kami akan membahas mengenai fungsi kaca spion mobil.

  • Mencuci Kolong Mobil Saat #DiRumahAja, Jangan Lewatkan Bagian-Bagian Ini

    Mencuci Kolong Mobil Saat #DiRumahAja, Jangan Lewatkan Bagian-Bagian Ini

    Abdul

    Selama pandemi corona masih berlangsung, masyarakat diminta untuk mengurangi segala aktivitasnya. Selain itu, diharapkan tetap #DiRumahAja untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19). Salah satu hal yang dapat dilakukan ketika di rumah adalah mencuci kolong mobil.

International