6 Teknik Memasang Kamera Mobil yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

08/02/2018

Mengendarai mobil baru yang mempunyai berbagai teknologi mutakhir tak serta merta membuat kita melupakan kendaraan lama. Seperti halnya kamera yang terdapat pada mobil, proses memasang kamera mobil ke dalam mobil lama bisa saja dilakukan sendirian di rumah. Hanya butuh beberapa bahan dan perlengkapan yang disediakan.

Untuk proses memasang kamera mobil sendiri, alat-alat yang perlu anda persiapkan adalah:

  • Obeng: untuk melepaskan plat nomor dan memasangnya kembali
  • Tang: untuk mengerjakan pemasangan kawat
  • Kamera: Dilengkapi dengan kabelnya
  • Pemancar: diperlukan untuk mengirim video ke layar
  • Layar belakang: untuk menerima transmisi video dari transmitter

Langkah 1: Pasang kamera

Lepaskan baut dari plat mobil dan letakkan kamera dengan bagian lensa mempu melihat tanpa tertutupi plat. Tergantung pada pilihan kamera anda, pemasangan kamera harus disesuaikan. Beberapa kamera disertai dengan sekrup yang pas sehingga dapat ditempelkan pada plat mobil. Versi lain dipasang seperti pin kertas di atas lat nomor.

gambar menunjukkan seorang sedang menyesuaikan meniduri dalam mobilnya

Buka bagian belakang plat untuk memasang kamera

Selanjutnya, beberapa pengendara lebih suka menggunakan sekrup pin-in-hex yang merupakan sekurp yang mudah dijangkau oleh obeng biasa. Dengan obeng ini, pencuri lebih susah melepasnya.

Langkah 2: Pasang kabel kamera menuju interior mobil

Selanjutnya, anda perlu memasang kawat kamera ke mobil anda. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, misalnya mobil akan mempunyai bukan kecil di belakang atau bagian atas pelat nomor yang memungkinkan kawat untuk lewat. Untuk mobil lain, kadang pengendara harus mengebor bagian belakang pelat nomor sehingga kawat bisa masuk ke dalam kabin.

gambar menunjukkan tangan seseorang sedang memegang kawat listrik dalam sebuah mesin mobil

Pasang kabel di kamera dan masukkan ke dalam kabin

Idealnya, anda hanya perlu lubang kecil untuk memasukkan kabel ke dalam kabin. Kebanyakan orang memilih untuk tidak membuat kawat terkesan menonjol di eksterior mobil. Jadi, hal ini disesuaikan dengan keinginan dan eksterior mobil anda.

Langkah 3: Memberikan daya pada kamera

Setelah anda memasukkan kawat ke dalam kabin, anda perlu menghubungkan kabel tersebut ke sumber listrik. Sumber daya yang sempurna adalah kabel yang mengatur lampu belakang, yang hanya hidup ketika anda menekan gigi mundur pada transmisi anda.

gambar menunjukkan tangan seseorang sedang memegang sebuah alat dalam mobil

Paang kabel pada daya mobil

Kerena itu, kamera hanya akan menyala ketika anda mengatur gigi mundur. Dengan menggunakan tang, sambungkan kabel kamera ke daya positif dan negatif. Sambungkan kabel lainnya ke kotak transmisi. Pastikan kabel daya putih terhubung ke kabel merah (positif) dan kabel hitam ke kabel ground (negatif).

Langkah 4: Hubungkan kamera ke pemancar

Anda sudah melewati bagian tersulitnya, saatnya ada pada bagian yang mudah. Untuk menghubungkan kamera ke pemancar, anda cukup meletakkan kembali apa yang anda buka, seperti bagian lampu belakang dan panel yang ada di dalam kabin.

gambar menunjukkan Sebuah perangkat terhubung di dalam mobil

Hubungkan kabel kamera pada pemancar (transmitter)

Dua koneksi yang dibutuhkan adalah kabel RCA. Kabel ini adalah kabel output AV berwarna kuning dan kabel hitam untuk penghubung daya. Anda bisa memperbaiki kabel yang terlihat berantakan dan meletakkannya ke panel bagian dalam mobil sehingga tidak ada kabel yang terlihat lagi.

Langkah 5: Tempatkan layar

Setelah selesai memasang kamera, anda bisa memasang layar d dashboard atau dimanapun yang anda inginkan. Anda harus menyesuaikannya dengan kuran mobil yang berbeda dan jenis dashboard mobil anda. Idealnya, pemasangan layar tidak boleh mengganggu pemandangan anda ke jalanan.

gambar menunjukkan seseorang sedang melakukan memasang sebuah alat dalam mobil

Tempatkan layar pada bagian dashboard

Beberapa layar mempunyai receiver yang terpasang langsung dan yang lain memiliki receiver yang terpisah yang harus dipasang. Receiver tersebut akan menerima sinyal dari kamera ketika anda menekan gigi mundur dan akan menyalurkannya ke dalam video di layar. Terakhir, sambung koneksi dari layar ke sumber daya yang terlihat seperti steker pematik rokok atau sumber daya eksternal lainnya.

Langkah 6: Uji kamera dan video

Sekarang setelah semuanya terpasang, cobalah untuk menekan gigi mundur dan lihat apakah layar bisa menangkap gambar yang ada pada kamera. Pastikan juga kamera bisa bekerja dengan baik saat keadaan gelap untuk memberikan tampilan jelas ketika anda akan mundur.

gambar menunjukkan Gambar dicadangkan melalui kamera yang dipajang di layar mobil

Pastikan kamera menyala, jika tidak, perhatikan kabel yang terpasang

Jika selama pengujian kamera tidka bisa menangkap sinyal atau tidak hidup, perhatikan kembali kabel atau komponen layar dan kamera. Pastika layar dan kamera serta bagian kabel yang terpasang pada lampu belakang terpasang dengan baik dan erat.

Dalam proses memasang kamera mobil, terkadang ada beberapa bagian yang susah dilakukan dan tidak selalu mudah. Pemasangan ini juga bervariasi tergantung dengan jenis kamera yang akan anda pasang dan jenis mobil yang anda miliki.

Untuk variasi pemasangan kamera mobil yang lain, anda bisa lihat contohnya melalui video berikut

Padli Nurdin
 

Mungkin Anda ingin baca

  • Ingin Membeli Mobil Bekas Rental! Perhatikan Hal Ini Terlebih Dahulu

    Ingin Membeli Mobil Bekas Rental! Perhatikan Hal Ini Terlebih Dahulu

    Abdul

    Salah satu barang yang ingin dimiliki setiap orang yang kerap bepergian adalah memiliki Mobil. Hal tersebut dikarenakan kenyamanan yang ditawarkan serta terhindar dari panas terik matahari langsung dan juga guyuran hujan. Namun biasanya banyak orang yang mengeluh akan harganya yang cukup mahal, sehingga membelinya dalam kondisi second. Dalam hal ini yang harus diperhatikan adalah saat membeli Mobil bekas rental.

  • 3 Hal Saat Mengemudi Mobil Bagi Ibu Hamil Yang Perlu Diperhatikan

    3 Hal Saat Mengemudi Mobil Bagi Ibu Hamil Yang Perlu Diperhatikan

    Abdul

    Mengendarai Mobil memang bukan perkara yang sulit apabila sudah terbiasa. Namun bagi ibu hamil mungkin ini bisa jadi pikiran, apakah boleh atau tidak. Pada standar keamanan dalam mengemudi Mobil, sebenarnya tidak jauh berbeda antara ibu hamil dan tidak. Akan tetapi saat mengandung tentu ada rasa kekhawatiran jika harus mengemudi Mobil. Lantas sebenarnya boleh tidak sih mengemudi Mobil bagi ibu hamil?

  • Beberapa Teknik Parkir Mobil Yang Perlu Diperhatikan

    Beberapa Teknik Parkir Mobil Yang Perlu Diperhatikan

    Abdul

    Dalam mengemudi Mobil dituntut supaya mahir dalam mengendalikannya dalam segala situasi. Dengan begitu akan tercipta rasa nyaman saat berkendara, baik bagi diri sendiri dan pengendara lain. Begitu juga teknik parkir Mobil yang perlu diketahui, supaya dapat menempatkan kendaraan dengan baik dan aman. Mengingat saat parkir kadang berada di tempat yang sempit karena penuh.