6 Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas yang Wajib Diketahui

08/02/2018

Warning bagi pemilik kendaraan yang mesin mobilnya cepat panas atau suhu temperatur cepat panas! Jangan pernah sekali-kali meremehkan masalah ini dan ingatlah akibat terparah dari mesin mobil yang cepat panas adalah kecelakaan, mobil bisa mogok tiba-tiba atau bahkan tiba-tiba mesin berhenti ditengah kecepatan tinggi dan pastilah nyawa taruhannya.

Pada umumnya, permasalahan temperatur mobil meningkat drastis dikarenakan usia mobil yang sudah lanjut usia, namun bukan berarti mobil mobil baru tak bisa mengalaminya.

Lalu apa saja yang dapat menjadi penyebab mobil cepat panas? Berikut ini penjelasannya.

1. Radiator dan Selang

gambar banyak alat Radiator dan Selang mobil sedang dipamekan di meja berwarna putih

Salah satu penyebab adalah kondisi pada radiator

Salah satu penyebab overheating pada mobil adalah kondisi pada radiator dan selang radiator yang mengalami kebocoran. Untuk itu selalu pastikan jika kondisi radiator dan selang dalam kondisi baik serta tidak tersumbat. Jika radiator mobil mengalami kerusakan yang membuat mesin kendaraan cepat panas, akan lebih baik untuk membawa kendaraan anda ke spesialis radiator untuk menangani kerusakan yang terjadi pada komponen radiator mobil anda. Jika kerusakan yang terjadi cukup parah, maka akan lebih baik melakukan penggantian pada radiator mobil sehingga mencegah terjadi overheating kembali.

2. Cairan Radiator (Coollant)

Penggunaan cairan pada radiator yang tidak tepat juga menjadi penyebab dari mesin mobil yang terus menerus menjadi panas. Banyak orang yang menggunakan air biasa / air tanah/ air sumur untuk mengisi radiator mobil anda. Padahal kandungan ketiga air ini terdapat banyak logam dan mineral yang bisa saja menyebabkan kerak pada radiator jika digunakan terus menerus. Kerak pada komponen radiator inilah yang menyebabkan terjadinya masalah dan akhirnya membuat mesin menjadi cepat panas.

Seorang pria menuangkan cairan radiator hijau dalam mesin mobilnya

Gunakanlah cairan radiator yang bebas

Untuk itu gunakanlah cairan radiator yang bebas dari kandungan logam di dalamnya, lebih baik lagi jika anda menggunakan air sulingan AC atau air kemasan. Selain itu anda juga bisa menggunakan cairan coolant radiator. Namun jika anda sudah menggunakan air biasa selama bertahun tahun kemudian pindah menggunakan cairan radiator, maka dapat menyebabkan kerak yang ada di dalamnya rontok dan akhirnya akan menyumbat komponen radiator di dalamnya. Untuk itu akan lebih baik jika anda melakukan pengurasan serta pembersihan terlebih dahulu sebelum menggantinya dengan yang baru.

Jika anda menggunakan air biasa untuk mengisi radiator mobil anda, maka anda harus melakukan penggantian maksimal satu bulan sekali. Jika tidak, maka air radiator tentunya sudah berubah warna menjadi keruh. Namun jika anda menggunakan cairan coolant, maka sebisa mungkin pilihlah yang berkualitas dan jangan lupa untuk menggantinya dengan yang baru secara berkala.

3. Kualitas Oli dan Oli Cepat Berkurang

Oli yang anda gunakan juga menjadi salah satu penyebab mobil menjadi cepat panas. Oli yang memiliki kualitas rendah akan mudah menyebakan overheating pada mesin dan dapat mengakibatkan mobil menjadi mati mendadak. Hal ini karena oli tersebut tak memiliki kemampuan untuk menahan panas yang berlebih.

Seorang pria menggunakan tangannya untuk menghentikan oil agar tidak keluar dari mesin

 Oli tersebut tak memiliki kemampuan untuk menahan panas

Karena tak mampu menahan panas inilah yang akhirnya menyebabkan volume oli menjadi berkurang. Jika sudah seperti ini tentu saja kinerja mobil tidak maksimal dan tentunya membuat mesin mobil menjadi cepat rusak.

Untuk itu, akan lebih baik jika anda menggunakan oli yang memang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi mesin anda. Pastikan pula untuk mengecek secara rutin kondisi mesin agar jangan sampai terjadi kebocoran oli.

Klik video berikut ini untuk mencari tahu lebih jelas tentang penyebab mesin mobil cepat panas

4. Gangguan Mesin

gambar jelas mesin IVTEC dalam sebuah mobil

Adanya gangguan pada mesin mengacu

Adanya gangguan pada mesin mengacu pada penyebab no 3 yang saya sebutkan tadi utama yakni mesin kekurangan volume oli mesin dan masih banyak faktor penyebab lain seperti kerusakan pada beberapa komponen mesin.

5. Kipas Trouble

sebuah gambar Kipas Trouble berwarna silver

Seharusnya switching menerima sensor

Jika poin no 3 diatas tidak memiliki masalah atau dalam keadaan normal mungin komponen kipas radiator tidak berjalan dengan normal termasuk switching otomatis pada kipas yang tidak normal. Tidak normalnya komponen switching otomatis yang terdapat pada kipas pendingin yakni sensor switching tidak bisa membaca tindakan. Yang seharusnya switching menerima sensor untuk menyalakan kipas pendingin akan tetapi sensor switching tidak berfungsi dengan baik sehingga kipas pendingin tidak berputar sebagaimana mestinya.

6. Thermostat

Hal lainnya yang menjadi penyebab adalah thermostat yang tidak bekerja dengan baik. Thermostat sendiri merupakan indikator yang dijadikan sebagai alat pengukur suhu yang ada pada mesin kendaraan. Sehingga thermostat menjadi peran penting saat air mencapai suhu kerja yang digunakan untuk mengatur pergantian air dari elemen sistem pendingin.

sebuah gambar Thermostat dalam sebuah mobil  dengan bimbingan khusus

Thermostat menjadi peran penting

Sehingga bila thermostat rusak dan tidak bekerja, maka akan menghasilkan akuransi temperatur yang tidak tepat. Untuk itu pastikan jika kondisi thermostat dalam keadaan yang baik. Jika mengalami kerusakan, segera ganti dengan komponen yang baru.

Itulah 6 poin yang harus kita periksa apabila temperatur suhu mobil  kita cepat naik. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi pembaca.

Adrian Suherman
 

Mungkin Anda ingin baca

  • Ingin Membeli Mobil Bekas Rental! Perhatikan Hal Ini Terlebih Dahulu

    Ingin Membeli Mobil Bekas Rental! Perhatikan Hal Ini Terlebih Dahulu

    Abdul

    Salah satu barang yang ingin dimiliki setiap orang yang kerap bepergian adalah memiliki Mobil. Hal tersebut dikarenakan kenyamanan yang ditawarkan serta terhindar dari panas terik matahari langsung dan juga guyuran hujan. Namun biasanya banyak orang yang mengeluh akan harganya yang cukup mahal, sehingga membelinya dalam kondisi second. Dalam hal ini yang harus diperhatikan adalah saat membeli Mobil bekas rental.

  • 3 Hal Saat Mengemudi Mobil Bagi Ibu Hamil Yang Perlu Diperhatikan

    3 Hal Saat Mengemudi Mobil Bagi Ibu Hamil Yang Perlu Diperhatikan

    Abdul

    Mengendarai Mobil memang bukan perkara yang sulit apabila sudah terbiasa. Namun bagi ibu hamil mungkin ini bisa jadi pikiran, apakah boleh atau tidak. Pada standar keamanan dalam mengemudi Mobil, sebenarnya tidak jauh berbeda antara ibu hamil dan tidak. Akan tetapi saat mengandung tentu ada rasa kekhawatiran jika harus mengemudi Mobil. Lantas sebenarnya boleh tidak sih mengemudi Mobil bagi ibu hamil?

  • Beberapa Teknik Parkir Mobil Yang Perlu Diperhatikan

    Beberapa Teknik Parkir Mobil Yang Perlu Diperhatikan

    Abdul

    Dalam mengemudi Mobil dituntut supaya mahir dalam mengendalikannya dalam segala situasi. Dengan begitu akan tercipta rasa nyaman saat berkendara, baik bagi diri sendiri dan pengendara lain. Begitu juga teknik parkir Mobil yang perlu diketahui, supaya dapat menempatkan kendaraan dengan baik dan aman. Mengingat saat parkir kadang berada di tempat yang sempit karena penuh.