5 Alat Bantu Membersihkan Door Trim Mobil Toyota Dengan Mudah

26/11/2019

Door trim tak sekadar penutup sisi dalam pintu mobil dengan beragam fungsi, tapi juga bermanfaat sebagai estetika dan menambah kenyamanan berkendara. Karenanya, kondisi kebersihannya harus dijaga. Toyota Astra Motor membagikan 5 alat yang bisa digunakan untuk membersihkan door trim mobil Toyota dengan mudah.

Door trim atau berbagai panel yang ada pada pintu memiliki fungsi ganda, untuk memperindah tampilan interior dan tempat mengoperasikan beragam fitur kendaraan. Sebagai lapisan penutup beragam bahan digunakan dari yang biasa hingga yang luar biasa, dari bahan fabric/kain hingga bahan kulit asli.

Foto door trim mobil

Ada banyak bahan pelapis door trim mobil

Apapun bahannya agar penampilan senantiasa indah, kebersihan door trim harus selalu dijaga. PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku APM membagikan 5 alat yang bisa digunakan untuk membersihkan door trim mobil Toyota dengan mudah.

1. Vacuum Cleaner

Menggunakan vacuum cleaner lebih efektif untuk menyedot debu yang menempel dan yang menyelinap di celah-celah kecil dibanding alat yang lain.

Foto Vacuum Cleaner Portable untuk membersihkan interior mobil

Vacuum cleaner mini bisa dipakai untuk membersihkan interior mobil

>>> Melirik Kelebihan Fitur Sliding Door Mobil Toyota Bikin Tambah Nyaman Penumpang

2. Cairan Pembersih Khusus

Untuk door trim berbahan tertentu seperti vinyl gunakan cairan pembersih khusus yang bisa dibeli di toko perawatan mobil. Jangan menggunakan bahan-bahan seperti pemutih atau pelarut yang biasa digunakan membersihkan noda kain. Bahan ini bisa menimbulkan warna door trim memudar atau belang-belang.

3. Alat Pembersih Lembut

Berbeda dengan pelapis door trim berbahan vinyl, door trim berbahan kain atau fabric lebih mudah ternoda dan menyimpan kotoran seperti debu. Untuk membersikannya bisa menggunakan cairan pembersih yang lembut dengan bantuan sikat nilon lembut.

Foto cairan pembersih khusus interior mobil

Gunakan cairan khusus untuk membersihkan pelapis door trim berbahan vinyl

4. Cairan Khusus Kulit

Cairan pembersih khusus digunakan untuk membersihkan kotoran pelapis door trim berbahan kulit. Jenisnya ada banyak dan beragam serta bisa dibeli di toko perawatan mobil. Beberapa merek bahkan dilengkapi dengan bahan pelundung dari sinar UV sehingga aman meski door trim terpapar sinar matahari. Lakukan perawatan terhadap pelapis door trim dari kulit minimal satu tahun dua kali.

>>> Mengenal Quik Clay, Tanah Liat Membuat Mobil Toyota Anda Jadi Mengilap

5. Sikat bulu lembut

Beragam kotoran macam remah makanan atau debu yang bersarang di celah-celah tombol panel door trim bisa saja merusak fungsi tombol itu sendiri. Untuk membersihkannya Anda bisa menggunakan vacuum cleaner dengan ujung penyedot berukuran kecil. Jika tidak, bisa digunakan sikat bulu lembut untuk menghindari sikat merusak bahan pelapis.

>>> Ingin lebih mengerti mobil buatan Toyota ditawarkan di sini sebelum beli mobil baru impian Anda

Foto Membersihkan door trim mobil menggunakan sikat halus

Gunakan sikat halus untuk menghilangkan kotoran yang menyelinap di sela panel

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Fatchur Sag
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Mobil SUV Keren Toyota Rush 2019, Apa Yang Berubah?

    Mobil SUV Keren Toyota Rush 2019, Apa Yang Berubah?

    Abdul

    Di Indonesia pasar LSUV (Low Sport Utility Vehicle) sudah dimulai sejak tahun 1980. Hanya saja untuk Toyota Rush dihadirkan pertama kali pada tahun 2006. Sampai saat ini sudah dilakukan beberapa pembaruan sehingga tampil semakin modern dan juga menarik. Lantas apa yang baru pada Toyota Rush 2019?

  • Utamakan Keselamatan, Begini Tips Menghindari Pohon Tumbang Saat Musim Hujan

    Utamakan Keselamatan, Begini Tips Menghindari Pohon Tumbang Saat Musim Hujan

    Abdul

    Memasuki musim hujan tentu akan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pada saat kondisi tersebut akan ada potensi yang bisa membahayakan seperti pohon yang tumbang atau objek lain yang ukurannya besar. Apalagi kondisinya dibarengi dengan angin yang kencang, maka resikonya jadi semakin tinggi. Bagi pengendara mobil sebaiknya menghindari pohon tumbang untuk keamanan.

  • Inilah Langkahnya, 5 Tips Membeli Mobil Bekas Supaya Tidak Tertipu

    Inilah Langkahnya, 5 Tips Membeli Mobil Bekas Supaya Tidak Tertipu

    Franky Pratama

    Melihat penjualan mobil bekas yang kian meningkat, tentu pembaca setia juga harus tahu tips membeli mobil bekas supaya tidak tertipu. Akan dijelaskan banyak hal sehingga Anda tidak salah memilih dan merasa puas merasakannya. Untuk selengkapnya, berikut kita simak tips membeli mobil bekas.