4 Tips Merawat AC Mobil, Mudah Dan Dijamin Lebih Awet

24/11/2019

Sistem pendingin Air Conditioning (AC) rasanya sudah menjadi hal wajib yang harus ada pada mobil. Terik matahari yang cukup panas akhir-akhir ini, tentu bisa teratasi dengan hadirnya AC mobil yang bekerja efektif. Bagaimana cara merawatnya? Ini dia tips merawat AC mobil yang lengkap.

Tips Merawat AC Mobil

Berbeda dengan banyak negara lainnya, Indonesia yang punya iklim tropis tentu akan membutuhkan fitur AC pada setiap mobil. Kondisi lalu lintas yang padat serta terik matahari yang menyengat, membuat kita sangat bergantung pada AC.

AC Mobil tentu harus diberikan perawatan lebih lanjut supaya kualitas udara dingin yang dihasilkan terjaga

AC mobil yang dingin tentu harus ditunjang dengan cara merawatnya

Tentu akan terasa tidak nyaman apabila AC mobil Anda tidak bekerja secara efektif seperti terasa kurang dingin atau bahkan mati total. Maka dari itu, HargaToyota.com akan memberikan tips merawat AC mobil yang lengkap.

1. Jangan Merokok Di Dalam Mobil

Jika Anda adalah seorang perokok, ada baiknya untuk berhenti di Minimarket ketika hendak merokok. Pasalnya, jika memaksa untuk merokok dalam kabin dengan AC mobil menyala, akan berpotensi mengotori Filter AC. Jika lama-kelamaan dilakukan akan menyumbat AC sehingga akan terasa kurang dingin.

>>> Jangan Menyalakan AC Saat Pertama Kali Mesin Dihidupkan, Kenapa?

2. Jaga Kebersihan Interior Mobil

Tips merawat AC mobil yang kedua adalah soal kebersihan interior. Selain rokok, debu kotoran juga bisa menyumbat saluran pendingin AC. Maka dari itu, akan lebih baik bagi Anda untuk selalu menjaga kebersihan interior. Sehingga, AC akan selalu bekerja secara optimal tanpa perlu khawatir tersumbat oleh kotoran.

Membersihkan interior mobil adalah hal penting supaya kotoran tidak tersumbat ke dalam filter AC mobil

Bersihkan interior supaya kotoran tidak dapat menyumbat Filter AC

>>> Ada rencana membeli mobil Toyota baru? Simak dulu harga pasaran selengkapnya di sini

3. Membersihkan Filter AC Mobil Secara Berkala

Salah satu bagian terpenting adalah Filter AC. Jika Anda bisa membersihkan sendiri, maka dirasa perlu untuk membersihkan Filter AC mobil secara berkala. Caranya cukup mudah yakni membuka bagian laci penyimpanan di depan kursi penumpang depan dan tarik Filter AC secara manual. Filter AC mobil yang bersih, tentu akan mengoptimal rasa dingin yang dikeluarkan.

Membersihkan Filter AC Mobil adalah penting dilakukan supaya selalu bersih sehingga performa AC mobil selalu terjaga

Pastikan untuk melakukan kebersihan pada sektor Filter AC mobil

4. Servis AC Mobil Secara Berkala

Tips merawat AC mobil berikutnya adalah soal servis yang harus dilakukan secara berkala. Dalam hal ini, dikhawatirkan terjadi kerusakan pada komponen AC seperti kondensor, filter, evaporator hingga kondensor. Setidaknya, Spareparts yang sudah rusak bisa diganti atau diperbaiki sehingga sistem pendingin AC mobil akan terus optimal.

>>> Ikuti terus tips dan trik merawat mobil Toyota lainnya hanya di HargaToyota.com

Franky Pratama
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Odometer Tinggi, Lakukan Hal Ini Untuk Jaga Performa Mobil Toyota

    Odometer Tinggi, Lakukan Hal Ini Untuk Jaga Performa Mobil Toyota

    Abdul

    Pada saat odometer tinggi memungkinkan mobil berpotensi kerusakan dimana saja dan kapan saja. Oleh sebab itulah pemilik perlu lebih waspada, yang terpenting adalah melakukan perawatan secara berkala dengan tertib.

  • Beberapa Alasan Mobil SUV Toyota Digemari Di Indonesia

    Beberapa Alasan Mobil SUV Toyota Digemari Di Indonesia

    Abdul

    Mobil SUV menjadi salah satu segmen yang cukup digemari di Indonesia, begitupun untuk besutan Toyota. Kenapa bisa begitu? Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai beberapa alasan mobil SUV Toyota digemari di Indonesia.

  • Ketahui Beberapa Perbedaan Toyota Vellfire Vs Alphard

    Ketahui Beberapa Perbedaan Toyota Vellfire Vs Alphard

    Abdul

    Seiring berjalannya waktu permintaan mobil premium semakin meningkat. Saat ini mobil premium tidak hanya didominasi oleh mobil tipe sedan. Untuk menunjang jumlah penumpang yang lebih banyak, tak sedikit pabrikan meluncurkan kabin mobil yang lebih lapang, sehingga konsumen memiliki beragam pilihan untuk segmentasi mobil premium. Kali ini pembahasan mengenai Perbedaan Toyota Vellfire vs Alphard.

International