4 Penyebab Mata Silau Saat Mengemudi dan Cara Mengatasi

20/01/2020

Gangguan fokus dan visibilitas bisa datang kapan saja, tidak hanya di waktu malam. Berikut 5 penyebab mata silau saat mengemudi beserta cara mengatasi.

Mengemudi membutuhkan kenyamanan dalam hal visibilitas. Karena dengan demikian pengemudi bisa fokus dan maksimal dalam mengawasi berbagai objek yang ada di sekitar kendaraan. Namun ada kalanya visibilitas terganggu, mulai dari hujan yang sangat deras, jalanan berkabut pekat, kurangnya penerangan jalan di malam hari, hingga mata silau terpapar cahaya berlebih.

Foto menunjukkan pengemudi dalam kondisi mata silau

Mata silau bisa disebabkan banyak hal

Untuk yang terakhir ini perlu diwaspadai. Meski hanya sesaat, mata silau saat mengemudi bisa membahayakan. Terlebih jika pengemudi dalam kewaspadaan dan konsentrasi tinggi seperti tengah melaju kencang di jalan bebas hambatan, atau di jalanan dengan lalu lintas ramai.

>>> Beberapa Alasan Toyota Calya Tampak Sempurna Di Mata Pemilik

Penyebab mata silau saat mengemudi dan cara mengatasi

Ada beberapa kondisi dimana mata bisa silau saat mengemudi, seperti terpapar sinar matahari, kena pantulan barang di dashboard, dan disorot lampu kendaraan lain. Berikut cara mengatasinya:

  • Silau karena sinar matahari. Biasanya terjadi di pagi hari pukul 07.00 – 09.00 bagi mobil yang melaju ke arah timur dan sore hari pukul 15.00 – 17.00 bagi mobil yang melaju ke arah barat. Posisi matahari di jam-jam terebut tepat di arah pandang pengemudi. Cara mengatasi; gunakan kaca mata khusus mengemudi atau tutupi paparan sinar dengan sun visor.
  • Silau karena lampu jauh (highbeam) dan lampu HID. Lampu highbeam dan High Intensity Discharge (HID) kendaraan lain bisa saja memberikan efek silau berlebih pada mata Anda. Bahkan, karena terlalu terang Anda seolah merasa buta sesaat terpapar lampu ini. Cara mengatasi; jangan tatap langsung sinar lampu dengan cara lebih fokus ke jalan. Bisa juga dengan menyipitkan mata agar intensitas cahaya bisa berkurang. Sebagai teguran kepada pengemudi, Anda hidupkan sejenak lampu jauh agar pengemudinya tahu kalau lampunya mengganggu kenyamanan orang lain.

>>> Inilah Perbedaan Lampu Halogen, HID dan LED Pada Mobil

Foto pengemudi menutup matanya yang silau dengan sun visor

Sun visor melindungi mata dari silau sinar matahari

  • Silau karena pantulan barang di dashboard. Tak jarang karena ingin akses yang mudah pengemudi meletakkan barang-barang di atas dashboard. Misalnya tisue, buku, koran, uang logam hingga cermin. Meski tidak se-ekstrem sinar matahari, barang-barang tersebut bisa memantul di kaca depan. Sedikit banyak kenyamanan pengemudi bakal terganggu, seolah-olah ada barang di kaca menghalangi pandangannya. Cara mengatasi; Pindahkan barang dari atas dashboard ke kompartemen yang tersedia di dalam mobil.
  • Silau karena lampu hazard. Alih-alih memberi sinyal bahaya, lampu hazard justru bisa menimbulkan bahaya karena penggunaan yang tidak pas. Seperti saat hujan atau berkabut, yang paling disarankan adalah menyalakan fog lamp. Cara mengatasi; jika Anda silau oleh lampu hazard kendaraan lain di depan, sebaiknya tambah jarak mobil Anda dengan kendaraan di depan dengan cara mengurangi kecepatan.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Foto menunjukkan sorot lampu HID kendaran lain terlalu terang

Lampu terlalu terang mengganggu kenyamanan pengemudi lain

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Fatchur Sag
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca