2 Hal Penting Merawat Toyota Corona Yang Kadang Disepelekan

30/12/2020

Bukan membahas tentang Corona yang menjadi pandemi tapi kali ini kami memberikan info tentang merawat Toyota Corona. Yang mana mobil ini merupakan kendaraan sedan lawas yang terkenal akan kelebihan yang dimiliki. Produksinya berhenti sudah lama yakni tahun 1998 dan digantikan oleh Camry yang sama-sama terkenal dengan fitur yang diberikan.

Berhubungan dengan merawat Toyota Corona, salah satu pecinta mobil tersebut yang berasal dari Yogyakarta yang tergabung dalam Jogja Corona Club yakni Dhimas Anggi menyebutkan, bahwasanya memang mobilnya terbilang murah tapi pemilik perlu lebih hati-hati. Jadi mobil sudah mempunyai umur lebih dari 20 tahun, jika komponen ada yang bermasalah dan tidak segera dilakukan penggantian maka bisa merembet ke bagian lain sehingga membutuhkan biaya yang lebih banyak.

Pihak Dhimas juga menyebutkan bahwa untuk masalah yang kerap dialami mobil Toyota Corona yaitu mesin overheat. Hal tersebut biasanya terjadi pada tipe terakhir dari Corona yakni absolute. Kipas yang dipakai masih mengandalkan motor. Jadi overheat bisa saja dialami ketika mobil digunakan untuk menanjak dan menggunakan pendingin pada saat jalanan sedang macet. Motor kipas biasanya diganti pemilik bila sudah benar-benar jebol atau rusak parah.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Corona tampak samping

Toyota Corona merupakan mobil lawas yang masih banyak peminatnya

>>>  Baca Juga, Tips Mencegah Penularan Virus Corona Buat Konsumen Ala Toyota Auto2000

1. Motor Kipas

Jadi pemilik hanya mengetahui bahwa kipas masih dapat bekerja dan putarannya tampak biasa saja. Jadi yang sering dilewatkan oleh pemilik adalah bagian motor kipas yang tidak pernah dilakukan penggantian dan masih bawaan pabrikan. Sehingga tanpa disadari bagian ini menjadi penyebab timbulnya beragam masalah. Jadi apabila motor kipas mengalami kerusakan maka bisa membuat kinerja mesin terganggu dan sirkulasi air juga bermasalah.

Dhimas juga memberikan info bahwasanya bila menginginkan mobilnya nyaman dan tidak mengalami overheat maka perlu dilakukan penggantian motor kipas bila sudah mencapai 10 tahun penggunaan. Jadi tidak perlu menunggu kipasnya jebol atau habis masa pakai kipas.

Dengan  begitu salah satu hal dalam merawat Toyota Corona adalah dengan melakukan penggantian kipas motor juga usianya sudah mencapai 10 tahun walaupun belum rusak . Untuk harga kipasnya sendiri sebenarnya murah karena Cuma Rp. 500 ribuan dan di pasaran masih mudah didapatkan. Akan tetapi jika enggan mengeluarkan dana tersebut dan dibiarkan begitu saja maka bisa membuat masalah pada mesin dan nantinya biaya yang perlu dikeluarkan untuk perbaikan jadi lebih besar.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Toyota Corona

Toyota Corona memiliki banyak kelebihan sehingga masih banyak yang mencarinya

>>> Lihat Juga, Pagi Hari Jangan Lupa Memeriksa Kondisi Kolong Mobil, Ini Alasannya

2. Kondensor

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah pada bagian AC mobil atau sistem pendinginan. Pemilik mobil Toyota Corona biasanya abai dengan bagian ini. Padahal seiring pemakaian akan habis usia pakainya juga, umumnya pihak pemilik hanya mengganti kompresor saja. Padahal bagian lain juga perlu dicek dan lakukan penggantian pada usia tertentu yaitu kondensor.

“Kalau kondensor dan kompresor diganti sepaket memang biayanya bisa sampai Rp 4 juta, jadi pemilik biasanya memang cuma ganti kompresor yang harganya Rp 2,5 juta,” ujar Dhimas.

Adapun usia dari kompresor biasanya mencapai 10 tahunan. Nah bila melakukan penggantian di dealer resmi lebih tenang karena menggantinya harus sepaket yaitu kondensor dan kompresor. 2 bagian Toyota Corona tersebut memang perlu diperhatikan oleh pemiliknya. Ada juga tabung dryer yang juga diperiksa pada saat AC mobil terasa kurang dingin atau berubah suhunya.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan kondensor AC mobil Toyota Corona

Merawat Toyota Corona perlu berhati-hati, lakukan dengan benar

Apabila perseorangan tanpa ikut komunitas biasanya jarang mengetahuinya. Namun bagi yang tergabung dalam komunitas, info tentang merawat Toyota Corona di atas menjadi edukasi dan termasuk perawatan dasar. Oleh sebab itu, bagi pemilik Corona bisa mengikuti komunitas untuk bersilaturahmi sesama pemilik dan mendapatkan informasi tentang perawatan sehingga mobil tetap dalam kondisi prima.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Oh Ini Sebab Sistem Penggerak Roda Toyota Avanza Pakai RWD Sampai Saat Ini

    Oh Ini Sebab Sistem Penggerak Roda Toyota Avanza Pakai RWD Sampai Saat Ini

    Abdul

    Siapa yang tidak kenal dengan Toyota Avanza, sebuah kendaraan MPV yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Bahkan dari kalangan bawah sampai atas banyak yang mengetahui akan mobil ini. Di pedesaan juga mudah menemukan mobil tersebut. Tapi tahukah Sobat, selain soal kelebihan yang dimiliki sistem penggerak roda Toyota Avanza mengandalkan roda belakang atau RWD (Rear Wheel Drive).

  • Beberapa Alasan Toyota Agya Diincar Di Perkotaan Bisa Jadi Referensi

    Beberapa Alasan Toyota Agya Diincar Di Perkotaan Bisa Jadi Referensi

    Abdul

    Terdapat alasan Toyota Agya diincar di perkotaan. Jadi mobil besutan Toyota satu ini memang digemari untuk melintasi daerah perkotaan. Tentunya terdapat alasan tersendiri bagi masyarakat yang mencarinya. Apakah Sobat termasuk salah satunya?

  • Melirik Kehebatan Toyota Fortuner 4x4 2020, Mobil SUV Toyota Yang Tangguh

    Melirik Kehebatan Toyota Fortuner 4x4 2020, Mobil SUV Toyota Yang Tangguh

    Abdul

    Toyota Fortuner 4x4 2020 merupakan kendaraan SUV tangguh yang dapat diandalkan untuk melintasi segala medan. Teknologi yang diberikan juga mumpuni dan dapat digunakan untuk bepergian bersama keluarga tercinta. Lantas apa kehebatan Toyota Fortuner 4x4 2020?

International