TRD Sportivo Ultimo Merupakan Versi Terlengkap dari Toyota Rush, Apa Saja Perbedaannya?

13/06/2016

Rush TRD Sportivo UltimoKemampuan untuk menaklukan medan aspal di dalam kota dan luar kota pada Rush dinilai Toyota masih perlu

Rush TRD Sportivo Ultimo

Kemampuan untuk menaklukan medan aspal di dalam kota dan luar kota pada Rush dinilai Toyota masih perlu disempurnakan sehingga pada beberapa bulan lalu, PT Toyota Astra Motor memolesnya dengan perubahan-perubahan yang menjadikannya lebih menyenangkan.

Memang ada dua varian terbaru dari Toyota Rush namun hanya ada satu varian yang didaulat menjadi paket lengkap dari Rush. Ya, TRD Sportivo Ultimo menjadi tipe yang dibekali paling lengkap peranti terbarunya. Apa sajakah kelebihannya?   






Pertama adalah kapasitas kabinnya yang bertambah jumlahnya menjadi 7 orang penumpang. Ya, dahulu Toyota masih percaya diri dengan Rush yang berdaya tampung 5 orang penumpang, akan tetapi seiring dengan kompetisi di segmen Low SUV yang semakin sengit maka hal tersebut perlu dilakukan. Alhasil, pada baris ketiganya, kini ditanamkan bangku guna mengakomodasi dua orang penumpang.

7 tempat duduk lengkap dengan sabuk pengaman belakang

Berikutnya ialah penggunaan sistem peredam kejut berlabel TRD pada bagian kaki-kaki Rush TRD Sportivo Ultimo. Adapun kelebihannya mampu meredam bantingan yang terjadi dari efek samping ketika mengarungi kontur jalan yang berliku maupun berlubang dengan lebih nyaman dan optimal, namun tidak mengurangi sensasi kesenangan berkendara sebuah SUV.

Rangkaian sokbreaker lebih nyaman

Kemudian sebagai produsen tenaganya, Toyota menyematkan jantung mekanis berkapasitas 1.5 L berteknologi VVT-i di balik kap mesin Rush TRD Sportivo Ultimo yang mampu menyajikan tenaga 109 PS dan menghadirkan torsi 141 Nm. Lalu untuk mendistribusikan dayanya ke roda, telah terinstalasi sistem perpindahan transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan.

Beralih ke sektor eksteriornya, tampilan bodi dari Rush ini terasa lebih sporty dibandingkan dengan suksesornya, berkat penyematan bumper depan dan belakang model TRD Sportivo, velg ukuran R16 bergaya TRD, vinyl dan emblem TRD Sportivo Ultimo serta aksen garis merah pada grill depan.


Yang terakhir ialah fasilitas keselamatan berkendara yang lengkap seperti kantung udara pada jok baris pertama, sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan rear parking sensor yang bisa mendeteksi halangan atau benda ketika SUV berdimensi panjang 4,42 meter ini sedang parkir mundur. 

Dengan demikian, rasanya tepat bila menyandangkan gelar 'full package' Rush di varian TRD Sportivo Ultimo.

Artikel oleh Majalah Online Otomotif
Admin