Toyota FT 86 : Concept Car 2011

08/10/2009

Tokyo Motor Show 2009 menjadi kesempatan pertama publik untuk melihat calon mobil sports kompak hasil








Tokyo Motor Show 2009 menjadi kesempatan pertama publik untuk melihat calon mobil sports kompak hasil kolaborasi Toyota dan Subaru. Toyota Motor Show akan memamerkan mobil konsep Toyota FT-86 Concept untuk pertamakalinya.

Rumor tentang mobil sports hasil kolaborasi ini sudah bergaung sejak tahun lalu. Informasi tentang model ini muncul berkali-kali. Spesifikasi maupun sketsa yang dikatakan sebagai model ini, tidak pernah berhenti beredar. Hingga akhirnya Akio Toyoda, President Toyota mengkonfirmasi bahwa pengembangan mobil itu sedang berlangsung.

Model baru ini diposisikan sebagai penerus spiritual Corolla Levin atau dikenal pula sebagai Corolla AE-86. Di Jepang, model ini sangat banyak peminatnya bahkan hingga hari ini. Penggemarnya memuji kemampuan handling dan driving performance-nya.

Informasi yang dirilis Toyota tentang mobil konsep yang punya nama panaggilan hachi roku ini tidak banyak.

Disebutkan, sports car ini berukuran kompak dengan sistem penggerak roda belakang. Bagi sports car, penggerak roda belakang menjamin kenikmatan dan kesenangan berkendara yang tidak didapatkan dari mobil berpengerak roda depan seperti kebanyakan sedan.

Disainnya yang ringkas memberi pengemudi kemampuan mengendalikan mobil lebih baik, sementara bobotnya yang ringan dan pusat gravitasi yang rendah membuat handling-nya setara mobil balap.

Mesin yang dipakai, empat silinder boxer berkapasitas 2 liter mengkombinasikan peforma dan ramah lingkungan. Meskipun tidak disebutkan dalam rilis, mesin ini di duga kuat adalah kontribusi Subaru, satu dari dua perusahaan otomotif yang menguasai teknologi mesin boxer di dunia. Mesin boxer dikenal cocok untuk sports car karena memiliki titik gravitasi rendah sehingga meningkatkan stabilitas dan handling mobil.

Panjang FT-86 adalah 4,160mm dengan lebar 1,760mm dan tinggi 1,260mm. Sedangkan wheelbase 2,570mm bisa memuat empat penumpang.

Toyota belum mengumumkan kapan FT-86 ini diproduksi. Namun isu yang berkembang, model ini dirilis 2011
Admin