Merawat Cat Mobil Supaya Warna Lebih Awet

16/07/2016

Cat awet yang orisinil adalah satu faktor nilai jual kembali tinggiBanyak pengguna mobil yang tidak mengetahui cara merawat bodi atau

Cat awet yang orisinil adalah satu faktor nilai jual kembali tinggi

Banyak pengguna mobil yang tidak mengetahui cara merawat bodi atau cat agar tetap bersih, mulus, dan warna tetap awet. Namun bagi Anda yang ingin melakukan perawatan bodi luar mobil tentunya sangat mudah asalkan terbiasa.

Tampilan luar mobil biasanya melambangkan ciri khas pemiliknya. Tentu pengendara tidak ingin jika mobil mereka terlihat jelek. Biasanya pemilik mengganti cat mobil mereka jika sudah tidak kinclong lagi, tetapi apa daya pengecatan membutuhkan waktu yang cukup lama.




Perbaikan dengan tindakan seperti ini tentunya akan merugikan Anda, selain biayanya mahal cara tersebut juga membuang-buang waktu. Merawat bodi mobil merupakan solusi terbaik agar tetap kelihatan bersih.

Berikut ini adalah tips merawat cat mobil agar bersih dan awet, sehingga mobil kesayangan Anda terlihat kinclong setiap hari;
  1. Hindarkan mobil dari sinar UV atau sinar matahari yang terlalu berlebihan.
    Saat berhenti carilah tempat parkir yang teduh jika mobil akan diparkir lama. Bila hal ini tak bisa dilakukan lantaran lahan parkir terbatas, Anda bisa menggunakan sarung mobil atau penutup mobil lainya.
  2. Gunakan sabun atau shampoo khusus mobil ketika mencuci mobil.
    Karena shampoo mobil memiliki kadar yang telah disesuaikan untuk merawat cat mobil. Jangan menggunakan deterjen dan sabun colek untuk mencuci mobil karena mengakibatkan body mobil semakin tipis dan menjadikanya kasar, banyak yang membuktikan bahwa mencuci mobil menggunakan sabun colek dan deterjen berdampak pada warna mobil yang tidak merata dan tidak terlihat bersih.
  3. Bersihkan bagian luar mobil dengan kain yang halus atau tidak kasar.
    Biasanya sudah tersedia kain khusus untuk lap mobil seperti chamois atau kanebo. Jika Anda tidak mempunyai kain Chamois bisa menggunakan kain lain yang berbahan halus dan lembut. Saat membersihkan body dengan kain lap Anda harus mongondisikan kain tersebut dalam keadaan bersih, karena jika kain tersebut kotor dapat mengakibatkan bekas-bekas noda dan bembuat warna cat terlihat tidak bersih.
  4. Perhatikan bodi. Jika bodi mobil dalam keadaan kering maka Anda harus menyiramnya terlebih dahulu.
    Banyak yang tidak mengetahui jika mengelap bodi dalam keadaan kering dapat mengakibatkan permukaan terlihat tidak bersih dan meninggalkan bekas goresan kecil. Debu dan kerikil yang menempel menggores cat mobil.
  5. Mencuci mobil secara teratur.
    Pencucian teratur bertujuan untuk mencegah kotoran yang menempel terlalu lama karena dapat mengurangi kilau cat mobil Anda. Meski mencuci mobil tidak harus setiap hari, minimal seminggu sekali saat musim kemarau, dan lebih sering lagi ketika musim hujan. Saat mobil Anda terkena air hujan jangan dibiarkan, langsung siram dengan air bersih lalu keringkan atau anda bisa mencucinya. Ternyata air hujan mengandung asam yang cukup tinggi sehingga dapat memudarkan cat mobil jika dibiarkan.
  6. Saat malam hati, jauhkan memarkir kendaraan di tempat yang terbuka karena air embun dapat memudarkan cat dan mengurangi ketahanan bodi mobil.
    Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus dapat mengakibatkan bodi mobil Anda mengalami retak-retak kecil. Pasang sarung mobil saat parkir untuk menjaga dari benda-benda yang dapat memudarkan cat mobil.
Merawat cat mobil terasa ringan jika Anda sudah terbiasa, lakukan tips cara di atas dengan hati yang senang agar tidak terasa membosankan.




Admin