Lancer vs Civic vs Corolla

12/03/2009

Lancer vs Civic vs CorollaKini, di saat krisis global sedang berkecamuk, sedan medium tidak lagi





Lancer vs Civic vs Corolla

Kini, di saat krisis global sedang berkecamuk, sedan medium tidak lagi menjadi mata pedang penjualan bagi pabrikan di seluruh dunia.
Bahkan sedan-sedan medium Jepang yang pada dasawarsa terakhir mulai mendominasi penjualan di dunia, kini penjualannya mulai surut digantikan kendaraan kompak.

Meski begitu, Honda Civic, Mitsubishi Lancer, dan Toyota Corolla adalah sosok sedan yang tidak dapat dilepaskan dari dominasi Jepang di pasar dunia. Bahkan di Indonesia, sedan-sedan ini telah menjadi darah daging dan ikon kebesaran sebuah merek kendaraan. Karenanya, memiliki satu dari ketiganya adalah gensi tersendiri.
Persaingan ketiganya pun seakan begitu abadi. Setidaknya, dalam kurun waktu 30 tahun terakhir ketiganya saling hantam di pasar sedan.
Persaingan di antara mereka sudah dimulai saat generasi kedua Corolla, seri E20, meladeni pendatang baru generasi pertama dari Civic dan Lancer pada 1973.
Bahkan di tengah terjadinya evolusi bentuk dan dimensi, pertarungan ketiganya masih berlangsung hingga detik ini.
Namun saat ini Civic boleh dibilang sedang menghadapi tekanan dari dua sisi, yaitu dari Corolla dan Lancer.
Civic yang secara desain mengedepankan sportifitas dihadang Lancer yang secara total ingin menguasai wilayah itu. Sementara kenyamanan yang ditawarkan Civic pada interior coba dipatahkan Corolla generasi kesepuluh.
Pertanyaannya, mana dari ketiga sedan itu yang akan menjadi teman Anda? Sebenarnya, mudah dijawab bilamana Anda mengesampingkan brand image ketiganya.
Seperti diutarakan di atas, Lancer kini menawarkan totalitas sportif lewat desain eksterior dan interior yang tajam. Sedangkan Corolla masih seperti dulu: Berusaha menjawab kebutuhan pada kenyamanan berkendara.
Nah, Civic sendiri berusaha bermain di tengah dengan mengadopsi kedua unsur tersebut kendati dalam balutan sportifitas yang lebih ketara.
Sekarang pertanyaan dialihkan kepada Anda: Sedan seperti apa yang Anda butuhkan? Total sport, total nyaman, atau sedang-sedang saja?
Desain dan Fungsi
Hampir semua sedan kelas menengah kini mengedepankan estetika sportif yang kental. Mungkin hanya Corolla yang secara tegas belum sepenuhnya masuk ke areal itu. Lihat saja penampilan Corolla terbaru yang lebih pas disebuh sebagai sedan konvensional.
Kondisi ini kontras sekali dengan Civic yang pada model terbaru telah memperkuat aspek sportifitas. Pahatan moncong, desain lampu depan, dan otot di sisi bodi bisa menjelaskan aura sportif pada Civic.
Lancer justru menjadi satu-satunya sedan Jepang yang tak pernah mau kompromi dengan desain sportif. Usai model terdahulu yang terbilang gagal, new Lancer kini mempertajam aksi sportifitas lewat balutan eksterior yang ekstrim. Dan bagi kami, falsafah sport pada sebuah sedan ada di tangan Lancer.
Corolla sendiri cenderung tampil elegan. Hal ini bisa dilirik dari dimensinya yang lebih lebar dari Civic. Meski demikian, Corolla perlu tutup mulut di depan Lancer. Berbasis Mitsubishi Galant, Lancer terbaru hadir dengan dimensi di atas kedua rivalnya itu.
Dengan konsep desain yang berbeda satu sama lain, adakah dari ketiga sedan menengah ini yang sepenuhnya menawarkan kenyamanan? Toyota akan menyodorkan Corolla ke hadapan Anda. Dan, Anda tak perlu menampik. Pasalnya, dialah yang patut memberikan harapan Anda pada kenyamanan.
Sebetulnya Civic juga bisa menjawab kebutuhan Anda itu. Tapi tidak di saat kecepatan tinggi dan ketika bermanuver. Bagaimana Lancer? Anda mungkin bukan pengendara yang dicari Mitsubishi. Pasalnya, kalau Anda tidak menggemari kecepatan maka Lancer sulit menunjukkan tajinya.
Performa dan Pengendalian
Corolla terbaru masih memasang mesin lama 1.8-liter bertenaga 143 hp dan torsi 187 Nm. Civic sendiri memiliki dua pilihan mesin, 1.8-liter dan 2.0-liter. Pada pengujian ini kami menggiring model 2.0-liter bertenaga 155 hp dan torsi 188 Nm.
Tanpa bermaksud menekan Corolla, usaha kami mendorong Civic 2.0-liter agar tercipta pertarungan seimbang dengan Lancer. Pasalnya, Lancer turun dengan dapur pacu 2.0-liter bertenaga 154 hp dan torsi 198 Nm.
Selain itu, mengingat nama besar Toyota, eksistensi Corolla masih cukup kuat meladeni lawannya yang menyimpan kapasitas mesin 200 cc lebih besar.
Dibanding model sebelumnya, Corolla terbaru menawarkan peningkatan performa. Namun tingkat responsifitas yang dimiliki tak sekuat dan selembut Civic. Tentu saja Civic 2.0-liter unggul mengingat dapur pacunya lebih besar.
Pun demikian, untuk ukuran mesin 1.8-liter yang dimiliki, waktu akselerasi Corolla sangat menjanjikan. Pastinya, performa Civic 1.8-liter akan ditelan.
Akan tetapi Civic tak patas bersuka ria di depan Lancer. Lewat torsi besar yang dimiliki serta tenaga yang terbilang seimbang, Lancer mematahkan kehebatan Civic dalam berakselerasi dan kecepatan atas.
Kematangan bermanuver juga ditunjukkan Lancer. Bahkan akurasi manuver Civic yang lebih baik dari Corolla tak mampu mendekatinya. Dengan jarak pijak roda lebih lebar dan diimbangi sistem suspensi strut dan multi-link yang agak kaku, Lancer pun pantas berdiri sebagai sosok paling andal meredam body roll.
Bermain kecepatan dengan Lancer bahkan terasa lebih mengasyikan. Soalnya, dialah satu-satu-nya sedan yang membekali diri dengan sistem transmisi otomatis 6-speed.
Kenyamanan dan Kualitas
Sambil mengatur kontrol ketinggian bangku pengemudi, kami bisa menggenggam lingkar kemudi dan mengatur visi mengemudi sesuai posisi berkendara terbaik. Kendati tak terasa getaran berarti, namun berkurangnya kemantapan kemudi saat melesat di kecepatan tinggi menjadi perangai tak menyenangkan pada Corolla.
Kesan berkendara yang dihasilkan Corolla secara jelas terasa berbeda dengan Civic. Di balik kemudi Civic kami merasakan posisi berkendara layaknya mengendalikan mobil keluarga ideal terbaik indonesia
Desain dan akurasi kemudi Civic patut diacungi jempol. Padahal, sistem kemudi Civic nyaris serupa dengan Corolla. Singkatnya, kemudi Civic tak memunculkan gejala seperti yang kami terima saat melesat dengan Corolla.
Meski begitu, sistem kemudi yang dipersembahkan Lancer lebih tajam lagi. Kesan berat sangat terasa. Tapi kami tahu bahwa semua itu dipersiapkan Lancer untuk memberi jaminan kesetabilan saat kecepatan tinggi.
Sementara itu, atas tingkat kenyamanan duduk penumpang yang dihasilkan ketiganya, kami memberi sambutan hangat kepada Corolla. Bukan hanya karena ruang kaki yang lapang, tapi juga kelembutan sistem suspensi belakang. Selain hal tersebut, tata interior Corolla lebih pas menyambut datangnya keluarga.
Konsep ini tampak berbeda dengan Civic dan Lancer, di mana keduanya lebih menonjolkan kesan individual melalui akses sport.
Harga
Mengingat yang kami turunkan adalah Civic 2.0-liter (Rp 361 juta), maka dalam klasifikasi harga Corolla V transmisi automotis (Rp 311,2 juta) lebih menguntungkan. Apalagi Lancer EX 2.0 GT yang membayangi keduanya dibandrol Rp 345 juta.

Admin