Innova Bensin : Test Drive Wisata Jatim

14/05/2010

Dari bentangan pantai selatan hingga utara. Dihiasi jalur pendakian di lereng gunung, alam JawaTimur memang






Dari bentangan pantai selatan hingga utara. Dihiasi jalur pendakian di lereng gunung, alam JawaTimur memang memiliki keindahan tak terlupakan. Toyota Kijang Innova setia menemani kami mencari makna dari misteri alam yang penuh pesona.

Dengan luas 47.922 km2, Jawa Timur menjadi yang terluas di antara enam provinsi yang ada di Pulau Jawa, dan memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di Indonesia setelah Jawa Barat. Laut Jawa di utara, provinsi Jawa Tengah di bagian barat, Selat Bali di timur, dan Samudera Indonesia di selatan adalah tapal batas Jawa Timur.

Salah satu jalur wisata yang menarik dari provinsi ini adalah jalur Tapal Kuda (rutenya akan dibeberkan di tulisan selanjutnya). Jalur ini melintasi tujuh kota, dengan pemandangan berbeda setiap kota yang disinggahinya. Dalam perjalanan ini, kami ditemani Toyota Kijang Innova E, double blower, lansiran 2010.

Secara teknis, Innova menganut chassis ladder frame (rangka kotak), karena dibangun satu platform dengan Fortuner (SUV) dan Hilux (double cabin). Tetapi, Innova mengubah titik dudukan suspensi agar MPV ini memiliki gejala body roll dan pitching yang minim. Hal istimewa yang mendongkrak kenyamanan kabin Innova E yaitu AC dengan double blower sebagai kelengkapan standar. Di bangku baris ketiga juga telah disematkan sabuk keselamatan yang tidak dimiliki oleh rival sekelasnya.

Di jalur pembuka Surabaya-Malang, kepraktisan mengemudi khas Toyota mempermudah kami menyusuri kota Malang. Selepas Kota Apel, menuju pantai Balekambang, dimana terdapat tanjakan pendek yang terjal, jantung pacu ber-type 1TR-FE, 2,0 liter, VVT-i, 16 katup DOHC, bertenaga 134 hp pada 5.600 rpm dan torsi 162 Nm di 4.000 rpm, memberikan respon yang terbilang baik.

Ritme perjalanan beralih dari pantai menuju lereng pengunungan. Jalur pendakian berkelok, licin, dan tikungan patah tak menyurutkan niat kami. Pindahkan gear dengan tepat, jaga posisi akselerator konstan dan kami jamin MPV ini akan memberikan handling terbaiknya.

Lalu, dari pegunungan, kembali menyusuri pantai. Dimensi dan ground clearance-nya menambah keyakinan kami untuk mengajaknya merambah Wanawisata Pantai Papuma. Jalur menanjak plus aspal berpasir dengan gampang ditaklukkannya. Tidak hanya itu, performa pengereman terbilang baik berkat sistem LSPV (load sensing proportioning valve) yang cukup membantu kinerja pengereman saat beban angkut maksimum.

Suspensi Innova terbilang memuaskan untuk MPV berplatform body on chassis. Saat melaju di jalur pendakian Jember-Bondowoso-Besuki, di tengah guyuran hujan lebat, toh suspensi depan independen double wishbone berikut per keong dan rigid axle multi link plus per keong, tetap kokoh menopang tubuh Innova.

Dan pengalaman selama perjalanan bersama Innova, tak akan pernah kami lupakan.

Release Date : Senin, 10 Mei 2010
Media : AutoCar, at page 59-61, size 2475 mmk
Journalist : Bayu Arya, Adji

source : TAM
Admin