Cara Memilih Pelek Agar Aman Digunakan

06/01/2017

Pelek Mobil (Foto: Velgmobil)Pelek (velg) menjadi salah satu bagian mobil yang dapat menaikkan citra atau penampilan sebuah mobil. Tak heran

Pelek Mobil (Foto: Velgmobil)

Pelek (velg) menjadi salah satu bagian mobil yang dapat menaikkan citra atau penampilan sebuah mobil. Tak heran jika banyak pemilik kendaraan kemudian mengganti pelek mobil mereka dengan yang lebih bagus atau lebih besar.

Nah, pemilik kendaraan perlu memperhatikan agar pelek mobil yang dipakai tidak hanya membuat mobil tampak lebih cantik tapi juga aman dan nyaman saat diajak berjalan.

Berikut ini beberapa tips bagi Anda yang ingin mengganti pelek mobil:



1. Menyamakan diameter luar ban

Diameter luar ban setelah diganti perlu disamakan dengan diameter sebelum diganti pelek baru. Ini agar ground clearance mobil sesuai dengan kondisi awalnya. Misalnya jika ukuran standar pelek dan ban 195/55/R15, maka pilih antara 195/45/R16, 205/40/R17, atau 225/35/R18. Jika ragu, kita bisa melakukan konsultasi dengan dealer velg.


2. Desain baut roda yang sesuai

Pelek baru yang akan digunakan harus memiliki lubang baut yang sesuai dengan desain baut pada roda mobil. Tujuannya agar pelek terpasang dengan aman dan tidak terlepas dari as roda.


3. Titik tengah pelek yang terhubung dengan baik

Pastikan agar titik tengah pelek (centrebore) terhubung dengan baik pada tonjolan as roda. Perlu juga memperhatikan ruang pelek dengan as roda, jika semakin luas maka semakin aman.


4. Kapasitas beban pelek

Setiap pelek memiliki kapasitas beban yang berbeda-beda. Jadi pastikan memilih pelek yang sesuai dengan beban mobil. Pelek yang lebih kecil atau terlalu besar kapasitas bebannya akan mengganggu atau bahkan membahayakan performa mobil.


5. Memilih offset dengan tepat

Pilihlah offset dengan tepat sehingga pelek akan memiliki ruang yang luas. Ruang yang cukup akan membuatnya tidak beradu dengan suspense, fender, atau caliper rem.

Admin